Sukses

Manfaat Sholat Dhuha Bagi Muslimah, Wajah Bercahaya dan Awet Muda

Liputan6.com, Jakarta - Sholat merupakan ibadah paling utama bagi seorang muslim. Setiap ucapan dan gerakan dalam sholat berisi kandungan zikir kepada Sang Maha Kuasa.

Solat memiliki pengertian sebagai suatu aktivitas ibadah yang terdiri dari perkataan dan perbuatan, diawali dengan takbir dan diakhiri salam dengan syarat dan rukun tertentu.

Sholat terdiri dari 2 jenis, yaitu sholat fardhu dan sholat sunnah. Sholat fardhu merupakan ibadah sholat yang wajib dilaksanakan sebanyak lima kali sehari semalam yaitu subuh, zuhur, asar, maghrib, dan isya.

Sementara itu, sholat yang bersifat sunnah, jika ditunaikan akan mendapatkan pahala dan ganjaran, namun jika ditinggalkan tidak berdosa.

Salah satu sholat sunnah yang memiliki banyak manfaat terlebih bagi muslimah adalah sholat dhuha. Berikut uraian lengkapnya mengutip dari laman merdeka.com.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Manfaat Sholat Dhuha bagi Muslimah

1. Mempermudah Jodoh

Manfaat sholat dhuha bagi wanita yang pertama adalah kelak dimudahkan Allah dalam urusan menemukan jodoh yang baik dan tepat. Hal ini juga tertulis dalam QS. Al-Isra ayat 78. Di mana dalam surat tersebut dijelaskan jika waktu sholat dhuha merupakan jam yang paling ijabah untuk memanjatkan doa.

Jika kamu menjalankan sholat sunah dhuha, maka saat itu juga para malaikat turun ke Bumi yang bertujuan untuk menyaksikan sholat kaum mukmin. Jadi, apabila kamu berdoa untuk dimudahkan jodoh yang tepat, maka sangat mungkin jika doa kamu dikabulkan oleh Allah SWT.

2. Terhindar dari Keburukan

Manfaat sholat dhuha bagi wanita berikutnya adalah terhindar dari keburukan. Apabila kamu melakukan dosa, kamu akan mengingat Allah SWT terlebih dahulu dan berpikir ulang untuk melakukan sesuatu. Orang-orang yang menjalankan sholat dhuha secara rutin akan dijanjikan pahala dan surga sesuai hadis yang berbunyi:

“Barangsiapa yang sholat dhuha dua rakaat, maka tidak ditulis sebagai orang yang lalai. Barangsiapa yang mengerjakan sebanyak empat rakaat, maka ditulis sebagai orang yang ahli ibadah. Barangsiapa yang mengerjakan sebanyak enam rakaat, maka diselamatkan di hari itu. Barang siapa yang mengerjakan sebanyak delapan rakaat, maka Allah tulis sebagai orang yang taat. Dan barangsiapa yang mengerjakan sebanyak dua belas rakaat, Allah akan membangun surga untuknya.”

 

3 dari 4 halaman

Manfaat Sholat Dhuha bagi Muslimah

3. Diampuni Segala Dosanya

Manfaat sholat dhuha bagi wanita selanjutnya adalah diampuni segala dosanya. Berikut sabda Rasulullah SAW.

"Siapa yang membiasakan (menjaga) sholat dhuha, dosanya akan diampuni meskipun sebanyak buih di lautan." (HR At-Tirmidzi dan Ibnu Majah)

4. Wajah Terlihat Lebih Bercahaya

Manfaat sholat dhuha bagi wanita juga dapat membuat wajah terlihat lebih bercahaya ketimbang biasanya terlebih jika rutin dikerjakan. Manfaat sholat lima kali bagi muslim yang selalu melakukannya, maka mukanya terlihat cerah, dikarenakan hampir tiap saat mencuci muka atau sedikitnya lima kali sehari.

Apalagi dengan ditambahnya pelaksanaan sholat dhuha, maka akan semakin cerah wajah seseorang, yang merupakan salah satu manfaat sholat dhuha untuk jodoh.

5. Terlihat Awet Muda

Tak hanya terlihat bercahaya, manfaat sholat dhuha bagi wanita juga dapat terlihat awet muda. Ketika kita mau melaksanakan sholat dhuha, otomatis kita berwudu terlebih dahulu. Dari wajah yang akan disapu dengan air yang segar maka kulit juga akan senantiasa terjaga kesegarannya.

Selain itu juga ketika kita berwudu dan juga mengusap muka secara tepat, pastinya kulit menjadi kencang, dengan begitu tidak gampang kendur dan memberikan manfaat supaya tetap terlihat muda.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini