Sukses

Kisah Akong, Warga Taiwan Fans Berat Gus Iqdam, Akhirnya Mualaf

Kisah pengagum Gus Iqdam asal Taiwan meski lanjut usia dan duduk di kursi roda, tetap memburu Gus Iqdam untuk kedua kalinya. Betapa bahagianya Akong bisa bertemu gus idolanya

Liputan6.com, Jakarta - Kisah luar biasa datang dari Taiwan sosok kakek yang akrab dipanggil Akong sangat ngefans berat sampai tergila-gila kepada Gus Iqdam.

Dalam kekerabatan Tionghoa 'Akong' merupakan panggilan untuk seorang kakek. Semula dia adalah penganut agama Buddha.

Akong dalam menjalankan aktivitas hariannya selalu di atas kursi roda. Meski demikian kecintaannya kepada Gus Iqdam sangat besar, bersama perempuan Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Taiwan.

Dia memburunya berdua dengan jarak tempuh yang tergolong jauh. Kali ini Gus Iqdam pengajian di Changhua.

Butuh waktu berjam-jam agar bisa bertemu Gus Iqdam. Naik kendaraan umum, hingga kereta berjam-jam.

Kisah Akong ini selalu dibagikan oleh akun TikTok @PMI Mandiri. Perempuan pemilik akun ini selalu mengabadikan momen Akong, yang kemungkinan orang tua dari majikannya.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Akong Bertemu Gus Iqdam, Bahkan Memeluk Islam

Momen yang ia abadikan terutama yang terkait dengan Gus Iqdam. Dan ternyata saat 2023 lalu Gus Iqdam ke Taichung, Akong dan perempuan ini sudah menemui Gus Iqdam.

Kala itu pakaiannya santai dan casual, bertopi. Namun kali ini sungguh berbeda, menggunakan sarung batik, serban hijau, baju koko, peci hitam komplit.

Kali ini Gus Iqdam ngaji di Changhua Taiwan, atas undangan Pimpinan Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU) Ranting Changhua, dalam gelaran Chanhua Bersholawat.

Perempuan dengan akun @PMI Mandiri atau Mae Tika ini berkisah melalui unggahannya, sejak izin kepada majikannya perihal dirinya dan Akong yang akan ikut acara pengajian.

Dan betapa bahaganya karena selain  dapat izin, bahkan majikannya tidak keberatan memeluk agama Islam, sebelumnya beragama Budha.

 

3 dari 3 halaman

Pertemuan dengan Gus Iqdam Mengharukan

Dalam unggahan lainnya, perempuan ini berbagi saat dirinya dan Akong berada di kereta tercepat di Taiwan menuju Taichung, yang kemudian di lanjut ke Changhua lokasi pengajian. Selain dapat izin majikan, ia juga berkisah jika dirinya mendapatkan sangu yang cukup serta dibookingkan kamar hotel untuk dua hari.

Dengan perjuangan yang luar biasa, akhirnya Akong bisa bertemu untuk kedua kalinya dengan Gus Iqdam. Dulu di Taipei kini di Changhua.

Ternyata, setelah bertemu Gus Iqdam pertama kalinya, laki-laki ini dikisahkan tak bisa melupakan Gus Iqdam, hampir setiap hari memegang foto Gus Iqdam, dan diajak bicara foto tersebut.

Setelah pertemuan tersebut, Akong tampak bahagia, wajahnya berseri dihiasi senyuman manisnya.

Penulis: Nugroho Purbo/Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.