Sukses

Tata Cara, Niat dan Doa Sholat Istikharah Lengkap: Amalan Minta Pilihan Terbaik

Sholat istikharah dikerjakan untuk meminta petunjuk terbaik Allah SWT dalam menentukan pilihan. Berikut tata cara, niat, dan doanya.

Liputan6.com, Jakarta - Setiap orang pasti pernah dihadapkan dengan berbagai pilihan. Ada kalanya seseorang bingung dalam menentukan pilihan tersebut. 

Dalam Islam, seorang muslim disunnahkan melakukan sholat istikharah ketika dihadapkan dengan beberapa pilihan. Sholat istikharah dikerjakan untuk meminta petunjuk terbaik Allah SWT dalam menentukan pilihan.

Biasanya sholat istikharah dilakukan seorang muslim dalam menentukan jodoh, memilih tempat studi, memilih tempat pekerjaan, dan sebagainya. Harapannya, setelah sholat istikharah Allah SWT memberikan petunjuk mana pilihan yang harus diambil. 

Anjuran melaksanakan sholat istikharah terdapat dalam hadis riwayat al-Bukhari sebagaimana dikutip Imam Nawawi dalam al-Adzkar. Jabir bin Abdullah berkata,

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم يُعَلِّمُنَا الاسْتِخَارَةَ فِي الأُمُورِ كُلِّهَا كَمَا يُعَلِّمُنَا السُّورَةَ مِنْ الْقُرْآنِ يَقُولُ إذَا هَمَّ أَحَدُكُمْ بِالأَمْرِ فَلْيَرْكَعْ رَكْعَتَيْنِ مِنْ غَيْرِ الْفَرِيضَةِ    

Artinya: “Rasulullah SAW mengajari kami (para sahabat) untuk sholat istikharah ketika menghadapi setiap persoalan, sebagaimana beliau mengajari kami semua surat dari Al-Quran. Beliau bersabda, ‘Jika kalian ingin melakukan suatu urusan, maka kerjakanlah shalat sunnah dua rakaat ...”’ (HR Imam al-Bukhari). (An-Nawawi, al-Adzkar, 1997: 137) 

Sebagai panduan melaksanakan sholat istikharah, berikut tata cara, niat, dan doa sholat istikharah yang dapat diamalkan.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Niat dan Tata Cara Sholat Istikharah

Tata cara sholat istikharah sangat mudah, umumnya sama dengan sholat-sholat lainnya. Sholat istikharah dikerjakan sebanyak dua rakaat dengan diawali niat sebagai berikut.

أُصَلِّيْ سُنَّةَ الْاِسْتِخَارَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلّٰهِ تَعَالَى

Ushallî sunnatal istikhârati rak’ataini lillâhi ta’âlâ.    

Artinya: “Aku berniat sholat sunnah istikharah dua rakaat karena Allah ta’ala.” 

Setelah membaca surat al-Fatihah pada rakaat pertama, dianjurkan membaca surat al-Kafirun. Adapun pada rakaat kedua membaca surat al-Ikhlas setelah surat al-Fatihah. Anjuran ini sebagaimana dijelaskan dalam kitab Imam Al-Ghazali dalam Ihya 'Ulumiddin.

3 dari 3 halaman

Doa Sholat Istikharah

Setelah salam dilanjutkan membaca doa sholat istikharah sebagaimana dikutip dari NU Online.

اَللّٰهُمَّ إِنِّيْ أَسْتَخِيْرُكَ بِعِلْمِكَ، وَأَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ، وَأَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ، فَإِنَّكَ تَقْدِرُ وَلَا أَقْدِرُ، وَتَعْلَمُ وَلَا أَعْلَمُ، وَأَنْتَ عَلَّامُ الْغُيُوْبِ. اَللّٰهُمَّ إِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هٰذَا اْلأَمْرَ .... خَيْرٌ لِيْ فِيْ دِيْنِيْ وَمَعَاشِيْ وَعَاقِبَةِ أَمْرِيْ فَاقْدُرْهُ لِيْ وَيَسِّرْهُ لِيْ ثُمَّ بَارِكْ لِيْ فِيْهِ، وَإِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هٰذَا اْلأَمْرَ شَرٌّ لِيْ فِيْ دِيْنِيْ وَمَعَاشِيْ وَعَاقِبَةِ أَمْرِيْ فَاصْرِفْهُ عَنِّيْ وَاصْرِفْنِيْ عَنْهُ وَاقْدُرْ لِيَ الْخَيْرَ حَيْثُ كَانَ ثُمَّ أَرْضِنِيْ بِهِ  

Artinya:

"Ya Allah, sesungguhnya aku meminta pilihan yang tepat kepada-Mu dengan ilmu pengetahuan-Mu dan aku mohon kekuasaan-Mu (untuk mengatasi persoalanku) dengan kemahakuasaan-Mu. Aku mohon kepada-Mu sesuatu dari anugerah-Mu Yang Maha Agung, sesungguhnya Engkau Mahakuasa, sedang aku tidak kuasa, Engkau mengetahui, sedang aku tidak mengetahuinya dan Engkau adalah Maha Mengetahui hal yang ghaib. 

Ya Allah, apabila Engkau mengetahui bahwa urusan ini (orang yang mempunyai hajat hendaknya menyebut persoalannya) lebih baik dalam agamaku, dan akibatnya terhadap diriku sukseskanlah untuk ku, mudahkan jalannya, kemudian berilah berkah. Akan tetapi apabila Engkau mengetahui bahwa persoalan ini lebih berbahaya bagiku dalam agama, perekonomian dan akibatnya kepada diriku, maka singkirkan persoalan tersebut, dan jauhkan aku daripadanya, takdirkan kebaikan untuk ku di mana saja kebaikan itu berada, kemudian berilah kerelaan-Mu kepadaku.”

Setelah sholat istikharah, biasanya di dalam hati timbul rasa tenang dan mantap terhadap salah satu alternatif yang ada. Bisa juga hasil istikharah diketahui lewat mimpi, dengan isyarat dan simbol-simbol tertentu. Kalau masih ragu, istikharah dapat diulang dua atau tiga kali. Wallahu a'lam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.