Sukses

6 Amalan untuk Meraih Jannatul Firdaus, Surga dengan Level Kenikmatan Tertinggi

Ini amalan untuk memperoleh surga Firdaus yang merupakan surga tertinggi.

Liputan6.com, Cilacap - Neraka Jahanam merupakan neraka tertinggi yang memilki azab paling pedih dibandingkan dengan neraka-neraka lainnya.

Demikian halnya dengan surga. Ada surga yang menyandang predikat surga tertinggi yakni surga Firdaus.

Surga Firdaus merupakan surga yang memiliki kenikmatan tertinggi. Surga ini merupakan surga terbaik dan menyimpan segudang kenikmatan dan kebahagiaan di dalamnya. Rasulullah SAW bersabda:

الْفِرْدَوْسُ رَبْوَةُ الْجَنَّةِ وَأَوْسَطُهَا وَأَفْضَلُهَا

Artinya, "Firdaus adalah surga yang paling tinggi, yang paling bagus, dan yang paling afdhal." (HR. Turmudzi).

Lalu amalan apa yang menyebabkan manusia bisa meraih surga Firdaus ini? Berikut ini ulasannya.

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Amalan untuk Meraih Surga Firdaus

Adapun amalan untuk mendapatkan surga Firdaus tertera dalam Al-Qur’an Surat al-Mu'minun ayat 1-11.

قَدْ اَفْلَحَ الْمُؤْمِنُوْنَ (١) الَّذِيْنَ هُمْ فِيْ صَلَاتِهِمْ خٰشِعُوْنَ (٢) وَالَّذِيْنَ هُمْ عَنِ اللَّغْوِ مُعْرِضُوْنَ (٣) وَالَّذِيْنَ هُمْ لِلزَّكٰوةِ فٰعِلُوْنَ (٤) وَالَّذِيْنَ هُمْ لِفُرُوْجِهِمْ حٰفِظُوْنَ (٥) اِلَّا عَلٰٓى اَزْوَاجِهِمْ اَوْ مَا مَلَكَتْ اَيْمَانُهُمْ فَاِنَّهُمْ غَيْرُ مَلُوْمِيْنَۚ (٦) فَمَنِ ابْتَغٰى وَرَاۤءَ ذٰلِكَ فَاُولٰۤىِٕكَ هُمُ الْعَادُوْنَ (٧) وَالَّذِيْنَ هُمْ لِاَمٰنٰتِهِمْ وَعَهْدِهِمْ رَاعُوْنَ (٨) وَالَّذِيْنَ هُمْ عَلٰى صَلَوٰتِهِمْ يُحَافِظُوْنَ (٩) اُولٰۤىِٕكَ هُمُ الْوٰرِثُوْنَ (١٠) الَّذِيْنَ يَرِثُوْنَ الْفِرْدَوْسَۗ هُمْ فِيْهَا خٰلِدُوْنَ (١١).

Artinya: “Sungguh, beruntunglah orang-orang mukmin. (Yaitu) orang-orang yang khusyu dalam sholatnya, orang-orang yang meninggalkan (perbuatan dan perkataan) yang tidak berguna.”

“Orang-orang yang menunaikan zakat, dan orang-orang yang menjaga kemaluannya kecuali terhadap istri-istri mereka atau hamba sahaya yang mereka miliki. Sesungguhnya mereka tidak tercela (karena menggaulinya).”

"Maka, siapa yang mencari (pelampiasan syahwat) selain itu, mereka itulah orang-orang yang melampaui batas. (Sungguh beruntung pula) orang-orang yang memelihara amanat dan janji mereka serta orang-orang yang memelihara sholat mereka."

"Mereka itulah orang-orang yang akan mewarisi. (Yaitu) orang-orang yang akan mewarisi (surga) Firdaus. Mereka kekal di dalamnya."

 

3 dari 3 halaman

6 Amalan dengan Ganjaran Surga Firdaus

Berdasarkan ayat-ayat di atas, maka amalan yang menyebkan manusia berhak masuk ke dalam surga Firdaus adalah sebagai berikut:

1.    Khusyu dalam sholatnya

2.    Meninggalkan (perbuatan dan perkataan) yang tidak berguna

3.    Menunaikan zakat

4.    Menjaga kemaluannya kecuali terhadap istri-istri mereka

5.    Memelihara amanat dan janji mereka

6.    Memelihara sholat mereka.

Demikian beberapa amalan yang bisa mengantarkan manusia untuk masuk ke dalam surga Firdaus. Surga yang memiliki level tertinggi dengan kenikmatan tertinggi pula.

Penulis: Khazim Mahrur / Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.