Sukses

Waduh.. Gus Iqdam Diprotes Keras Ukhti-ukhti Asal Kalimantan, Kenapa?

Apajadinya kalau Gus Iqdam diperotes jemaah perempuan asal Kalimantan? Apa yang terjadi?

Liputan6.com, Jakarta - Pendakwah muda NU, Muhammad Iqdam Kholid atau Gus Iqdam, diprotes keras oleh jemaahnya sendiri. Tak main-main, jemaah ini datang langsung dari Banjarmasin Kalimantan.

Usut punya usut, sosok yang berani protes di antara ribuan jemaah Sabilu Taubah (ST) ini seorang perempuan, alias ukhti-ukhti.

Namanya Auliani Putri, asal Banjarmasin Kalimantan Selatan. Ia datang jauh-jauh sendiri dari tempat asalnya, menumpang kapal laut.

Perempuan itu berbadan mungil, bersuara lembut mengenakan jilbab warna hijau lumut. Meski begitu, perempuan bersuara lembut ia tak segan melontarkan protes cara ceramah yang dilakukan oleh Gus Iqdam selama ini.

Protes dilakukan di markas Majelis Ta'lim Sabilu Taubah, yang juga populer disebut ST Pusat.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Protes Ukhti Mungil Jemaah Gus Iqdam

Ia hanya ingin menyampaikan protes ke Gus Iqdam. Tak tanggung-tanggung protesnya dilakukan di markas ST Pusat, di tempat biasa Gus Iqdam melakukan rutinan bersama jemaahnya.

Aulia mengatakan sengaja ke markas ST Pusat, hanya ingi menyampaikan pesan protes dari teman-temannya.

"Cuma mau bilangin, kata temen-temen kalau ceramah jangan terlalu banyak bahasa Jawanya," kata Aulia, yang disambut ger-geran para garangan ST ini, seperti yang ada di akun TikTok @garanganst_.

3 dari 4 halaman

Ini Jawaban Gus Iqdam

Jawaban Gus Iqdam bagaikan bemo di Jakarta, ngeles, pintar berkilah. Namu,  ia juga berjanji akan menggunakan bahasa Indonesia, mulai pengajian Selasa mendatang.

"Hiyaa, awake dhewe, ya bisa, bisa, bisalah, gampang, itu gampang. Oke malam selasa kita pakai bahasa Indonesia, tapi masalahnya yang dikhawatirkan anak anak tolol ini tau gak?. Oh di Banjarmasin banyak yang mengikuti kita?," sebut Gus Iqdam.

"Injih," jawab Aulia.

Obrolan terus meluncur asyik. Meski diprotes, Ggus Iqdam tidk menunjukkan sikap yang berlebihan, santai dan penuh guyonan.

4 dari 4 halaman

Gus Iqdam Diprotes, Dibalas dengan Doa-doa Baik

"Aulia, baiklah, terima kasih, sehari dua hari ini saya latihan bahasa Indonesia. Sampaikan salam ke saudara-saudara di Banjarmasin, sampaikan permohonan maaf saya juga. Kapan-kapan saya datang ke Banjarmasin," ujar Gus Iqdam.

Tak hanya titip salam, dan minta maaf, Gus Iqdam juga memberikan hadiah uang tunai kepada Aulia, serta mendoakan agar Aulia mendapatkan kerja yang barokah.

Gus Iqdam juga kembali menegaskan siap belajar bahasa Indonesia saat ceramah. Karena kedepan banyak daerah di Indonesia yang hendak didatangi.

Saat pengajian tersebut didapat informasi, Gus Iqdam juga akan diundang ke Papua Barat.

"Weh kalian kalau suatu saat melihat saya pakai bahasa Indonesia jangan ditertawakan ya," ujar Gus Iqdam kepada para garangan.

Penulis: Nugroho Purbo/Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.