Sukses

Jemaah Haji Indonesia Laksanakan Wukuf di Arafah, Ini Rangkaian Kegiatannya

Hari ini, Selasa 9 Dzulhijjah 1444 H atau 27 Juni 2023, seluruh jemaah haji dari berbagai negara termasuk Indonesia tengah melaksanakan wukuf di padang Arafah.

Liputan6.com, Jakarta - Alhajju 'Arafah, haji adalah Arafah. Yang dimaksud Arafah dalam penggalan hadits tersebut adalah pelaksanaan ritual Wukuf di Arafah.

Wukuf merupakan rukun haji yang harus dilaksanakan oleh setiap jemaah. Jika tidak dilaksanakan, maka hajinya tidak sah.

Hari ini, Selasa 9 Dzulhijjah 1444 H atau 27 Juni 2023, seluruh jemaah haji dari berbagai negara termasuk Indonesia tengah melaksanakan wukuf di padang Arafah.

Sebanyak 209.782 jemaah haji reguler Indonesia telah menempati tendanya masing-masing yang tersebar di 72 maktab di Arafah. Mereka akan menjalankan ibadah wukuf dari tendanya masing-masing.

Sementara Amirul Hajj dan sejumlah Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi melaksanakan wukuf dari masjid tenda Misi Haji Indonesia.

Rangkaian ibadah wukuf ini telah digelar sejak pukul 04.00 Waktu Arab Saudi (WAS) dengan diawali sholat subuh berjamaah di tenda masing-masing, kemudian dilanjutkan kajian dan layanan konsultasi manasik, hingga ibadah mandiri.

Acara inti dibuka pada pukul 10.45 WAS dengan didahului membaca doa bersama. Nantinya akan ada sambutan dari Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas selaku Amirul Hajj yang akan disampaikan dari masjid tenda Misi Haji Indonesia.

Setelah sambutan-sambutan, akan ada penjelasan tentang tata cara wukuf. Baru setelah itu, khutbah wukuf dijadwalkan akan disampaikan pada pukul 12.30 WAS atau sekitar 16.30 WIB.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jemaah Diberangkatkan ke Muzdalifah Usai Sholat Jamak Qashar Maghrib dan Isya

Khutbah wukuf di Masjid Tenda Misi Haji Indonesia akan disampaikan oleh Habib Ali Hasan Al-Bahar. Sementara khutbah wukuf di tenda-tenda jemaah akan disampaikan oleh petugas bimbingan ibadah dengan materi yang sama.

Setelah khutbah wukuf, akan dilaksanakan sholat berjamaah jamak qashar di tenda masing-masing. Selanjutnya jemaah akan melaksanakan dzikir dan doa wukuf dari pukul 13.20 - 14.00 WAS. Kemudian jemaah bisa makan siang dan melaksanakan ibadah secara mandiri hingga pukul 19.00 WAS.

Setelah maghrib, para jemaah akan melaksanakan sholat berjamaah jamak qashar Maghrib dan Isya'. Selanjutnya secara bergelombang jemaah akan diberangkatkan untuk mabit di Muzdalifah.

Rangkaian kegiatan wukuf di Arafah ini bisa disiarkan secara daring atau online dari channel YouTube dan akun Instagram Kementerian Agama (Kemenag) RI.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.