Sukses

Polres Metro Jakarta Pusat Sediakan Penitipan Motor Warga yang Mudik

Kantong parkir bagi warga yang ingin menitipkan motornya saat mudik Lebaran akan ditempatkan di Mapolres Metro Jakarta Pusat yang berada di Jalan Garuda, Kemayoran.

Liputan6.com, Jakarta Polres Metro Jakarta Pusat menyediakan tempat penitipan motor dengan kapasitas hingga ratusan unit untuk warga di wilayah tersebut yang mudik ke kampung halaman untuk merayakan Idul Fitri 1444 Hijriah.

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Komarudin mengatakan, kantong parkir tersebut ditempatkan di Mapolres Metro Jakarta Pusat yang berada di Jalan Garuda, Kemayoran.

"Kami menyiapkan fasilitas yang memang terbatas, namun kita akan maksimalkan dengan melibatkan jajaran. Sementara ini di Polres, karena Polsek sempit, kita punya kantong parkir di Polres," kata Komarudin saat dikonfirmasi di Jakarta, Sabtu (15/4/2023) dilansir Antara. 

Komarudin menjelaskan, kapasitas parkir di Mapolres Jakarta Pusat dapat menampung hingga 300-400 unit sepeda motor. Sedangkan untuk kendaraan roda empat belum tersedia karena lahan yang terbatas.

Untuk menitipkan kendaraannya, masyarakat dapat mendaftar dengan melapor ke Polisi RW. Nantinya, Polisi RW akan mendata dan melaporkan ke Polres Metro Jakarta Pusat.

"Polisi RW yang kita terjunkan saat ini sedang mendata. Jadi saudara kita yang akan mudik akan mendaftarkan diri ke ketua RT masing-masing, setelah itu dikumpulkan oleh RW nanti oleh Polisi RW akan dilaporkan ke kapolsek untuk diidentifikasikan," kata Komarudin.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Skema Pengamanan untuk Petakan Daerah yang Warganya Mudik

Adapun skema pengamanan di wilayah Polres Metro Jakarta Pusat mengandalkan Polisi RW. Hal ini dilakukan untuk memetakan daerah yang penghuninya banyak mudik.

"Pemetaan itu dilakukan dengan cara masyarakat diminta melapor bila ingin mudik. Sehingga kita bisa memetakan wilayah mana yang banyak mudik dan perlu mendapatkan pantauan khusus," katanya.

Program Polisi RW merupakan program menghadirkan polisi di tiap-tiap RW untuk membangun interaksi positif yang konsisten antara polisi dan masyarakat. Polisi RW bertugas sebagai petugas penghubung (liaison officer/LO) Polri di tiap RW.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.