Sukses

Keutamaan Puasa Ramadhan 10 Hari Terakhir Serta Doanya

Ramadhan merupakan bulan penuh ampunan dimana pada bulan ini Allah melimpahkan rahmat-Nya

Liputan6.com, Jakarta Menjalankan ibadah puasa pada bulan Ramadan merupakan ibadah yang wajib dikerjakan oleh umat muslim di seluruh dunia termasuk Indonesia. 

Ibadah puasa sendiri termasuk dalam Rukun Islam yang ke-3. Diketahui, perintah menjalankan ibadah puasa telah tercantum dalam Al-Qur'an dan Hadist Nabi Muhammad SAW, berikut ini

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَۙ - ١٨

Artinya: "Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa," (QS. Al-Baqarah : 183

صُومُوا لِرُؤْيَتِهِ وَأَفْطِرُوا لِرُؤْيَتِهِ فَإِنْ غُبِّيَ عَلَيْكُمْ فَأَكْمِلُوا عِدَّةَ شَعْبَانَ ثَلَاثِينَ

Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda:

“Berpuasalah kalian karena melihatnya (hilal) dan berhari rayalah karena melihatnya, jika hilal hilang dari penglihatanmu maka sempurnakan bilangan Sya’ban sampai tiga puluh hari,” (HR Bukhari).

ومن صام رمضان إيمانا واحتسابا غفر له ما تقدم من ذنبه

Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda:

“Barangsiapa yang puasa Ramadhan karena iman dan ihtisab, maka akan diampuni dosa-dosanya yang lalu,” (HR Bukhari).

Selain itu, diriwayatkan oleh Al Bukhari dan Muslim dari Umar bin Khattab, ia berkata bahwa pernah mendengar Nabi SAW bersabda,

بني الإِسْلاَمُ عَلَى خَمْسٍ: شَهَادَةِ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللَّهِ وَإِقَامِ الصَّلاةِ وَإِيتَاءِ الزَّكَاةِ وَالْحَجِّ وَصَوْمِ رَمَضَانَ

Artinya: "Islam dibangun atas lima pilar; syahadat bahwa tidak ada tuhan yang berhak untuk disembah selain Allah dan bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah, mendirikan sholat, menunaikan zakat, haji, dan puasa di bulan Ramadhan.

Ramadhan merupakan bulan penuh ampunan dimana pada bulan ini Allah melimpahkan rahmat-Nya. Pada bulan Ramadhan pula Allah akan melipat gandakan pahala ibadah. 

Oleh karena itu, para ulama menganjurkan umat muslim untuk memperbanyak amal ibadah saat memasuki bulan Ramadhan agar mendapat rahmat dan ampunan-Nya. 

Namun, tahukah kamu jika setiap hari dalam bulan Ramadhan memiliki keutamaan tersendiri yang tidak pernah dimiliki bulan-bulan lainnya?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

10 Hari Terakhir

Bulan suci Ramadhan 1444 H telah sampai pada hari ke-20 atau masuk dalam 10 malam terakhir bulan Ramadhan. Hari ke-20 Ramadhan memiliki keistimewaan atau fadhilah tersendiri. 

Dalam kitab Fadhâil Al-Asyhur Ats-Tsalâtsah, tertulis keutamaan atau fadhillah berpuasa dalam kurun waktu 30 hari. Termasuk pada hari ke-20. Berikut keutamaan berpuasa dan tarawih pada hari ke-20 Ramadhan.

Keutamaan puasa hari ke-20 ramadhan, pada suatu hari Allah Azza wa Jalla mengutus kepada kalian tujuh puluh Malaikat untuk menjaga kalian dari setiap setan yang terkutuk; Allah Azza wa Jalla mencatat untuk kalian setiap hari kalian puasa seperti berpuasa seratus tahun; menjadikan parit antara kalian dan neraka; memberi kalian pahala orang yang termaktub dalam Taurat, Injil, Zabur dan Al-Qu’an; Allah Azza wa Jalla mencatat untuk kalian setiap pena Jibril (as) sebagai ibadah satu tahun; memberikan pada kalian pahala tasbih Arasy dan Kursi; dan memberi pasangan untuk kalian setiap ayat Al-Qur’an seribu bidadari.

Keutamaan Shalat Tarawih pada malam ke-20 bulan Ramadhan 

"Allah memberikannya pahala para Syuhada (orang-orang yang mati syahid) dan shalihin (orang-orang yang saleh).

Doa pada hari ke 20 Ramadhan 

"Ya Allah, bukalah bagiku di bulan ini pintu-pintu surga. Tutuplah untuku di bulan ini tutuplah pintu-pintu neraka, dan berikanlah taufik kepadaku untuk membaca Al-Qur'an, wahai penurun ketenangan di hati mukminin," Ujarnya.

Dalam sebuah hadis Rasulullah menganjurkan berdoa dengan bunyi : 

"Ya Allah, Sesungguhnya engkau maha pemaaf lagi maha mulia yang menyukai permintaan maaf, maafkanlah aku, "

Selain itu, 10 hari terakhir bulan Ramadhan juga memiliki keistimewaan tersendiri dan dekat kaitannya dengan malam Lailatul Qadr. Khususnya pada 10 Malam terakhir, Allah akan menjauhkan hamba-Nya dari api neraka.  

Adapun amalan yang bisa dikerjakan pada 10 malam terakhir bulan Ramadhan adalah sebagai berikut,  

1. Tadarus Al-Qur'an 

2. Qiyamul Lail

3. Memperbanyak doa untuk memohon ampun kepada Allah 

 

Penulis: Fatiyah Nurjanah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini