Sukses

Ramadhan, Momen yang Tepat untuk Lebih Peduli Lingkungan dengan Gaya Hidup Hijau

Bulan Ramadhan adalah kesempatan emas untuk mempertimbangkan melakukan perubahan menuju 'gaya hidup hijau' yang ramah lingkungan.

Liputan6.com, Jakarta - Ramadhan merupakan bulan istimewa bagi umat Muslim. Selain meningkatkan keimanan, momentum Ramadhan juga bisa dipergunakan untuk meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan.

Dietisien klinis Elissa AbiNakhoul mengatakan, Ramadhan juga membuka kesempatan bagi umat Muslim untuk lebih peduli lingkungan, dimulai dengan memperhatikan makanan yang akan dikonsumsi.

Hindari Menghasilkan Banyak Limbah Makanan

“Bulan Ramadhan adalah kesempatan emas untuk mempertimbangkan melakukan perubahan menuju 'gaya hidup hijau' yang ramah lingkungan, tidak berpolusi, tidak boros, dan bertujuan untuk menghemat sumber daya alam,” katanya kepada Al Arabiya English.

Gaya hidup hijau berarti meningkatkan kualitas hidup dan mencapai pembangunan berkelanjutan.”

Dia menyarankan umat Islam harus mengurangi dan menghilangkan asupan makanan cepat saji, menghindari jumlah makanan yang berlebihan untuk mengurangi limbah makanan setelah berbuka puasa dan mengurangi penggunaan botol plastik dan peralatan makan.

Ahli gizi mengatakan Muslim yang ingin mengikuti gaya hidup yang lebih hijau dapat meningkatkan asupan sayur dan buah – terutama yang musiman dan tersedia secara lokal – menambahkan lebih banyak kacang dan sup lentil saat berbuka daripada ayam dan daging tinggi lemak jenuh dan selalu berbuka puasa dengan sup. dan salad.

Dia merekomendasikan umat Islam menggunakan minyak nabati untuk memasak. Serta mengganti camilan berkalori tinggi dengan buah-buahan kering, kurma dan buah-buahan segar dan ganti gula putih dengan madu, sirup maple, sirup kurma, dan tetes tebu.

Meremajakan pikiran dan tubuh

Juliot Vinolia Rajarathinam, ahli diet klinis dan konsultan nutrisi di Medeor Hospital Dubai, mengatakan Ramadhan adalah waktu bagi umat Islam untuk merefleksikan pikiran dan tindakan mereka untuk meremajakan pikiran dan tubuh.

“Saat kita berkembang menjadi orang yang berfokus pada kehidupan berkelanjutan, inilah saatnya kita bertanggung jawab untuk makan dengan bijak,” katanya.

"Beberapa hormon dan enzim penyembuhan jaringan dan pencegah penyakit yang unik diproduksi hanya selama puasa."

Manfaat kesehatan ini hilang ketika orang terlalu banyak mengonsumsi makanan olahan, gula rafinasi, dan lemak trans.

Sustainable eating adalah memilih makanan yang sehat dan sedikit diproses dengan dampak lingkungan yang lebih rendah, meningkatkan ketahanan pangan untuk semua,” katanya.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Makanan ramah iklim

Rajarathinam merekomendasikan memasak “makanan besar” – atau memasak dalam beberapa kali – selama Ramadhan, karena sedikit perencanaan sebelumnya pada porsi dapat sangat mengurangi pemborosan makanan, biaya makanan, dan emisi gas rumah kaca.

Sementara itu, membeli makanan seperti beras, gandum, lentil, kacang-kacangan, bawang merah, bawang putih dan rempah-rempah dalam jumlah besar selama penjualan Ramadhan dapat sangat menghemat uang dan juga mengurangi sampah plastik.

“Pembelian massal sangat mengurangi jumlah bahan kemasan dibandingkan dengan membeli produk yang sama dalam kemasan yang lebih kecil lebih sering,” katanya.

 

 

3 dari 4 halaman

Pola Makan Plant-based Kurangi Peradangan

Dia menambahkan bahwa pola makan plant based terbukti mengurangi peradangan dan risiko penyakit kronis. Mereka menggandakan manfaat kesehatan dari puasa untuk mencegah penyakit menjadikannya sebagai "Ramadhan yang ramah lingkungan," katanya.

Umat ​​Islam juga harus mengurangi asupan daging merah dan produk hewani olahan. Ini tidak hanya dapat mengurangi risiko kanker, stroke, dan penyakit jantung, tetapi menurut penelitian luas, industri daging merah berkontribusi terhadap emisi gas rumah kaca dalam jumlah yang signifikan.

“Buah dan sayuran musiman segar dan hemat biaya,” tambahnya.

“Produk segar memiliki lebih banyak antioksidan daripada makanan awet yang diawetkan. Beberapa buah dan sayuran yang paling ramah lingkungan untuk dikonsumsi saat berpuasa adalah labu, brokoli, tomat, wortel, ubi jalar, bit, kacang polong, buncis, jamur, bayam, kol, apel, buah jeruk, melon, pepaya, dan pisang. Ini juga tidak memerlukan kemasan plastik.”

Rajarathinam mengatakan biji-bijian utuh yang ramah lingkungan, beras liar, oatmeal, dan millet, memiliki umur simpan yang baik dan dikemas dengan nutrisi penting yang membantu mempertahankan energi selama jam puasa, kaya serat untuk mencegah sembelit dan juga ramah anggaran.

4 dari 4 halaman

Evaluasi Kebiasaan Makan

Ramadhan memberikan kesempatan sempurna bagi umat Islam untuk mengevaluasi kembali hubungan mereka dengan makanan, menurut Pranita Anand Gavankar, ahli gizi klinis di Saudi German Hospital Dubai.

“Cobalah untuk memasukkan lebih banyak makanan nabati daripada daging,” katanya. “Industri daging banyak menuntut dari sumber daya alam.”

Seseorang dapat membuat perbedaan “dengan menghemat beberapa kilogram emisi karbon berbahaya hanya dengan melakukan pola makan nabati beberapa hari dalam seminggu, membantu menyelamatkan planet ini,” kata ahli gizi tersebut.

Dia menyarankan untuk memilih susu nabati seperti susu kedelai, susu beras, dan susu oat.

“Cobalah untuk pergi setidaknya dua hingga tiga hari 'buka puasa tanpa daging' dalam seminggu. Selanjutnya, pilihlah produk lokal. Produk lokal bukan hanya sumber antioksidan dan nutrisi yang baik, tetapi juga pilihan yang lebih berkelanjutan,” tambah Gavankar.

Gavankar juga mengingatkan mengenai kemasan makanan dan menghindari penggunaan peralatan makanan dari plastik, alumunium foil dan cling film. 

“Mulai gunakan peralatan, botol, dan opsi pengemasan yang dapat digunakan kembali. Ini adalah cara sederhana untuk memulai, ”katanya. “Setiap individu dapat berkontribusi dan membuat perbedaan bagi planet ini dengan menerapkan gaya hidup yang berkelanjutan dan ramah lingkungan.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini