Sukses

Ustadz Adi Hidayat Jelaskan Tingkatan Tertinggi Kualitas Ibadah Nabi Muhammad di Bulan Ramadhan

Perintah melaksanakan ibadah puasa Ramadhan dan amal soleh tersebut tertera pada ayat Al-Qur'an dan Hadist Nabi Muhammad SAW

Liputan6.com, Jakarta Pada bulan Ramadhan, umat muslim diperintahkan untuk menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh. Umat muslim dituntut menahan diri dari segala hal yang membatalkan puasa mulai dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari.

Selain ibadah puasa, umat muslim juga dianjurkan menjalankan ibadah sunnah dan amal soleh lainnya seperti Shalat Tarawih. Infaq atau bersedekah dan menunaikan Zakat Fitrah pada akhir Ramadan.

Ibadah dan amal soleh yang dikerjakan selama bulan Ramadhan akan mendatangkan keberkahan dan pahala yang besar bagi hamba Allah yang senantiasa mengerjakannya dengan ikhlas.

Perintah melaksanakan ibadah puasa Ramadhan dan amal soleh tersebut tertera pada ayat Al-Qur'an dan Hadist Nabi Muhammad SAW seperti dalil berikut ini,

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَۙ - ١٨٣

Artinya: "Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa," (QS. Al-Baqarah : 183)

بني الإِسْلاَمُ عَلَى خَمْسٍ: شَهَادَةِ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللَّهِ وَإِقَامِ الصَّلاةِ وَإِيتَاءِ الزَّكَاةِ وَالْحَجِّ وَصَوْمِ رَمَضَانَ

Artinya: "Islam dibangun atas lima pilar; syahadat bahwa tidak ada tuhan yang berhak untuk disembah selain Allah dan bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah, mendirikan sholat, menunaikan zakat, haji, dan puasa di bulan Ramadhan," (HR. bukhori dan Muslim).

ومن صام رمضان إيمانا واحتسابا غفر له ما تقدم من ذنبه

Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda:

Memanfaatkan keutamaan bulan Ramadhan tersebut, maka Rasulullah SAW memerintahkan umat muslim untuk beribadah sebaik mungkin.

Keistimewaan bulan Ramadhan tidak dapat ditemui pada hari-hari biasa maka para ulama mengatakan bahwa sungguh sia sia bagi orang yang tidak bisa memanfaatkan moment Ramadhan dengan baik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Amalan Nabi Muhammad SAW

Namun, dibalik semua ibadah wajb dan sunnah pada bulan Ramadhan, Rasulullah memiliki rahasia ibadahnya yang disaksikan oleh para Malaikat.

Mengutip dari ceramah Ustadz Adi Hidayat melalui chanel Youtube pribadinya, menjelaskan tentang Rahasia Nabi Muhammad dan para malaikat saat Ramadhan.

"Pada saat Ramadhan kita diperintahkan untuk mengerjakan kebaikan, dan segala kebaikan manusia yang bisa dijadikan suri tauladan adalah Nabi Muhammad SAW, lantas bagaimana kebaikan yang dikerjakan Rasulullah saat Ramadhan?," Ujarnya

Adapun puncak amalan kebaikan Nabi yang paling baik saat bulan Ramadhan adalah ketika Malaikat Jibril mengunjungi beliau secara rutin.

"Sekarang kita akan melihat apa yang dikerjakan Rasulullah saat Jibril datang mengunjunginya"

Dalam kitab Kitabush Shaum, dijelaskan Malaikat Jibril mengunjungi Rasulullah secara rutin tiap malam pada bulan Ramadhan.

"Ini luar biasa sekali karena biasanya Malaikat Jibril hanya datang ketika ingin menyampaikan wahyu, namun pada bulam Ramadhan malaikat Jibril datang kunjungi Rasulullah tiap malam, dan saat itu yang dikerjakan Nabi adalah beribadah di malam hari,"

Pada malam saat Malaikat Jibril datang, Nabi SAW akan membaca Al-Qur'an untuk menunjukan bahwa didalamnya berisi kebenaran yang tidak berubah seiring berjalannya waktu.

"Yang dapat kita ambil pesannya adalah interaksi dengan Al-Qur'an, maka kualitas ibadah tertinggi saat Ramadhan adalah membaca Al-Qur'an, para ulama sering mengatakan bahwa Ramadhan adalah Bulannya Al-Qur'an," Ungkapnya

Sebagai penutup, Ustadz Adi Hidayat menanyakan bahwa sudah sampai mana interaksi kita dengan Al-Qur'an hingga hari ini.

Penulis: Fatiyah Nurjanah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini