Sukses

Polri Persiapkan Pengamanan Arus Mudik yang Diprediksi Melonjak

Arus mudik 2023 diprediksi meningkat 14,2 persen dibanging tahun sebelumnya.

Liputan6.com, Jakarta Polri memprediksi arus mudik jelang Hari Raya Idul Fitri 2023 mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya. Peningkatan ini terjadi seiring longgarnya aturan terkait Covid-19.

Untuk itu, Kabid Humas Polda Kaltara Kombes Pol Budi Rachmat bersama perwakilan Biro Ops, Dit Lantas Polda Kaltara, Ditkrimsus Polda Kaltara, Dinkes dan Dishub Provinsi Kaltara turut hadir dalam dialog penguatan interal Polri kedua melalui sarana Vidcon Di Command Center Polda Kaltara, Selasa (28/03/2023).

Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dr Dedi Prasetyo menjelaskan, berdasarkan data dari Kemenhub, diprediksi ada 123,8 juta orang yang akan melaksanakan mudik di 2023 ini.

“Dan hal tersebut bila dibandingkan tahun 2022 meningkat 14,2 persen,” kata Dedi Prasetyo.

Kalimat tersebut diucapkan saat dialog publik dengan tema ‘Keterjangkauan Pangan, Kesiapan Sarana dan Prasarana Transportasi Publik Jelang mudik Lebaran 2023’ di Hotel Grand Kemang. Sejumlah larangan terkait Covid-19 yang telah dicabut, menjadi faktor yang sangat mempengaruhi jumlah pemudik.

Dia memastikan, Polri kini tengah mematangkan sejumlah persiapan guna mengawal masyarakat yang akan melaksanakan mudik lebaran tahun ini.

“Sejumlah persiapan dilakukan pemerintah dalam rangka memenuhi kenyamanan dan keamanan layanan masyarakat yang berkaitan dengan persiapan sarana prasarana transportasi publik maupun ketersediaan distribusi pangan,” tutup Kadiv Humas.

Simak juga video pilihan berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.