Sukses

4 Alasan Utama Mengapa Umat Islam Berpuasa Saat Ramadhan

Liputan6.com, Jakarta Ramadhan adalah bulan kesembilan dari kalender Islam, dan dianggap sebagai bulan paling suci dalam agama Islam. Selama bulan ini, umat Islam di seluruh dunia menjalankan puasa dari fajar hingga senja sebagai salah satu dari Lima Rukun Islam. Tindakan puasa adalah praktik penting dalam Islam, dan memiliki beberapa alasan dan manfaat di baliknya.

Salah satu alasan utama mengapa umat Islam berpuasa selama Ramadhan adalah untuk menunjukkan ketaatan kepada Allah. Puasa adalah tindakan ibadah yang diperintahkan oleh Allah dalam Al-Qur'an, dan umat Islam percaya bahwa itu adalah cara untuk menyenangkan Allah dan mendapatkan berkat-Nya. Dengan menjauhkan diri dari makanan, minuman, dan kesenangan duniawi lainnya, umat Islam menunjukkan pengabdian mereka kepada Allah.

Terdapat banyak alasan lain untuk berpuasa selama Ramadhan. Selain manfaat spiritual, puasa di bulan Ramadhan juga diyakini memiliki manfaat kesehatan. Penelitian telah menunjukkan bahwa puasa intermiten, seperti jenis puasa yang diamati selama Ramadhan, dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dengan mendorong penurunan berat badan, mengurangi peradangan, dan meningkatkan sensitivitas insulin.

Lantas apa saja manfaat dan alasan umat muslim berpuasa saat Ramadhan? Lebih lengkapnya, berikut ini telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber tentang alasan-alasan mengapa umat Islam berpuasa selama Ramadhan, Rabu (29/3/2023).

2 dari 3 halaman

Alasan Mengapa Umat Islam Berpuasa Ramadhan

Puasa di bulan Ramadhan merupakan amalan penting dalam Islam yang memiliki beberapa alasan dan manfaat. Puasa Ramadhan adalah tindakan ibadah yang menunjukkan ketaatan kepada Allah, mengembangkan disiplin diri, dan mendorong kasih sayang dan kemurahan hati. Puasa juga diyakini memiliki manfaat kesehatan dan meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan.

Berikut ini adalah beberapa alasan-alasan utama umat muslim berpuasa pada bulan Ramadhan:

1. Perintah Allah

Seorang Muslim secara definisi adalah orang yang telah menemukan kedamaian dengan menyerahkan diri di hadapan Allah. Al-Qur'an, kitab suci yang dipuja oleh umat Islam sebagai firman Allah secara verbatim, dalam Surat Al Baqarah ayat 186 memerintahkan umat Islam untuk berpuasa selama bulan ini. 

Seorang Muslim mengikuti semua berbagai petunjuk yang ditemukan dalam Islam karena melalui penyerahan dalam perkataan dan perbuatan ini, Islam menjanjikan bahwa orang beriman akan menemukan keselamatan; salah satu yang menemukan manifestasinya pertama di dunia ini dan selanjutnya di akhirat. Sebagaimana Al-Qur'an menyatakan dalam Surat Ar Rahman ayat 47, 'Tetapi bagi orang yang takut berdiri di hadapan Tuhannya ada dua langit '. 

Yang pertama dari surga ini mengacu pada kehidupan kemurnian dan kepuasan batin yang diberikan kepada seorang mukmin yang dengan tulus mengikuti jalan Islam karena cinta kepada Penciptanya.

 

2. Sarana untuk menjadi orang yang saleh

Setiap perintah dalam Al-Qur'an disertai dengan penjelasan mengapa itu telah diundangkan. Allah bukanlah tiran yang secara membabi buta menurunkan perintah dari atas, Instruksinya dalam Al-Qur'an dirancang untuk memberi manfaat bagi manusia dalam berbagai cara. Berkenaan dengan puasa, Allah menyatakan dalam Surat Al Baqarah 184 bahwa tujuannya adalah 'agar kamu menjadi orang yang saleh'.

Puasa memiliki efek tempering pada tubuh, itu mendinginkan nafsu dan mempertajam pikiran. Muslim juga menghabiskan lebih banyak waktu untuk shalat wajib dan sunnah, membaca dan mempelajari Al-Qur'an, serta lebih beramal. Puasa mengundang rasa syukur kepada Allah atas segala nikmat-Nya atas kita. Semua perbuatan ini terpuji dengan sendirinya, tetapi ketika dilakukan selama bulan Ramadhan, perbuatan itu secara khusus diterima oleh Allah. Nabi Muhammad SAW pernah menyatakan, 

“Barangsiapa mendekatkan diri kepada Allah di bulan Ramadhan dengan kebaikan yang biasa, maka ia seperti orang yang menunaikan kewajiban di bulan lain, dan orang yang menunaikan kewajiban di bulan itu seperti orang yang menunaikan tujuh puluh kewajiban. di bulan lain.' (Sahih Khuzaima)

3 dari 3 halaman

3. Belajar menahan diri

Berapa banyak dari kita yang pernah merasa bahwa kita kekurangan kemauan atau disiplin diri untuk mencapai tujuan kita? Perasaan itu universal. Menariknya, salah satu cara untuk menafsirkan Surat Al Baqarah 184 yang disebutkan sebelumnya adalah dengan menerjemahkannya sebagai 'diwajibkan atas kamu berpuasa, sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu, agar kamu belajar menahan diri'. 

Ini adalah contoh yang bagus tentang bagaimana teks Arab Al-Qur'an secara ajaib memungkinkan banyak nuansa berbeda dari makna yang saling mendukung. Dalam hal ini, puasa tidak hanya mengajarkan kesalehan, tetapi juga pengendalian diri. Puasa Islam melarang makan, minum dan hubungan suami istri pada siang hari. 

Mendahulukan apa yang biasanya diizinkan membangun kemauan kita dan memungkinkan kita menggunakannya untuk membersihkan diri dari berbagai kebiasaan buruk dan sifat buruk kita. Tidak hanya itu, kemampuan untuk menunda kepuasan dalam hidup adalah indikator yang baik tentang seberapa sukses kita dalam berbagai aktivitas. 

Dalam 'Marshmallow Test' Walter Mischel yang terkenal pada tahun 1972, di Stanford, seorang anak akan diberikan marshmallow dan diberi tahu bahwa ia mungkin memiliki satu marshmallow sekarang, atau mungkin menunggu lima belas menit dan memiliki dua marshmallow. Data tindak lanjut menunjukkan bahwa anak-anak yang mampu menunda kepuasan mereka dan bertahan untuk dua marshmallow biasanya lebih baik dalam bidang aktivitas dan metrik kesehatan yang luas. 

 

4. Puasa Baik untuk Tubuh

Pernyataan menyeluruh ini berasal dari Al-Qur'an. Allah menyatakan dalam Surat Al Baqarah ayat 185  '…Dan puasa itu baik bagimu, jika kamu mengetahui.' Kami telah menyentuh manfaat spiritual dan sosial, tetapi ada banyak manfaat fisik bagi tubuh juga. Selain itu, dilansir dari Healthline, puasa sangat bermanfaat dalam:

  1. Promosi kontrol gula darah dengan mengurangi resistensi insulin
  2. Mengurangi peradangan pada tubuh
  3. Meningkatkan tekanan darah, trigliserida dan kadar kolesterol
  4. Mencegah gangguan neurodegeneratif
  5. Membantu penurunan berat badan dengan membatasi asupan kalori dan meningkatkan metabolisme
  6. Meningkatkan sekresi hormon pertumbuhan, yang penting untuk pertumbuhan, metabolisme, penurunan berat badan, dan kekuatan otot
  7. Membantu dalam menunda penuaan
  8. Membantu dalam terapi kanker dan efektivitas kemoterapi

Ramadhan adalah masa yang penuh berkah bagi umat Islam di mana pun, salah satu yang mereka nantikan dengan cemas dan sedih melihatnya pergi. Jadi, jika anda masih mengalami keraguan untuk melakukan ibadah puasa Ramadhan, anda bisa lebih yakin setelah mengetahui alasan-alasan baik dibalik perintah puasa Ramadhan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.