Sukses

Momen Genting Tatkala Al-Qur'an Hilang, Tanda Kiamat Sudah Dekat

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu peristiwa yang terjadi pada hari akhir atau kiamat adalah Al-Qur'an hilang.

Al-Qur'an disebut akan diangkat. Hilangnya Al-Qur'an ini disebut merupakan tanda kiamat sudah dekat.

Soal diangkatnya Al-Qur'an ini, Rasulullah SAW bersabda, akan terjadi peristiwa ketika Al-Qur'an diangkat. Diangkat di sini bukan berarti lembaran-lembaran mushaf yang tercatat akan terbang ke langit.

Rasulullah menyebut, akan datang satu malam ketika pagi harinya orang-orang sudah melupakan Laa Ilaaha Illallah, tiada Tuhan selain Allah.

Dalam penjelasan 'Pustaka Ilmu Sunni Salafiyah' yang dilansir Laduni.id, dalam Sunan Addaarimi (juz II halaman 530, hadits nomor 3341, maktabah syamilah) :

حَدَّثَنَا جَعْفَرُ بْنُ عَوْنٍ ، حَدَّثَنَا مُوسَى بْنُ عُبَيْدَةَ ، عَنْ صَفْوَانَ بْنِ سُلَيْمٍ ، عَنْ نَاجِيَةَ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُتْبَةَ ، عَنْ أَبِيهِ ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ ، قَالَ : " أَكْثِرُوا تِلَاوَةَ الْقُرْآنِ قَبْلَ أَنْ يُرْفَعَ ، قَالُوا : هَذِهِ الْمَصَاحِفُ تُرْفَعُ ، فَكَيْفَ بِمَا فِي صُدُورِ الرِّجَالِ ؟ قَالَ : يُسْرَى عَلَيْهِ لَيْلًا فَيُصْبِحُونَ مِنْهُ فُقَرَاءَ ، وَيَنْسَوْنَ قَوْلَ : لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ ، وَيَقَعُونَ فِي قَوْلِ الْجَاهِلِيَّةِ وَأَشْعَارِهِمْ ، وَذَلِكَ حِينَ يَقَعُ عَلَيْهِمْ الْقَوْلُ

Telah menceritakan kepada kami [Ja'far bin 'Aun] telah menceritakan kepada kami [Musa bin Ubaid] dari [Shafwan bin Sulaim] dari [Najiyah bin Abdullah bin Utbah] dari [ayahnya] dari [Abdullah] ia berkata; Perbanyaklah membaca Al Qur'an sebelum ia akan diangkat. Mereka bertanya; Apakah lembaran-lembaran (mushaf) ini akan diangkat? Bagaimana dengan yang ada di dalam dada (dihafal) manusia? Ia menjawab; Akan berlalu satu malam lalu pada pagi harinya mereka menjadi fakir dan melupakan ucapan LA ILAAHA ILLALLAH. Mereka juga terjebak dalam perkataan jahiliyah dan syair-syair mereka. Hal ini terjadi ketika keputusan telah ditetapkan atas mereka.

Para mufassir berpendapat, hadis ini juga berarti pada saat itu nilai-nilai Al-Qur'an dari dada manusia. Manusia sudah dihinggapi angkara murka.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hilangnya Al-Qur'an dari Dada Manusia

Hadis di atas sekaligus juga pesan agar umat manusia membaca Al-Qur'an sebelum Al-Qur'an hilang.

Hadis lain yang menyebut hilangnya Al-Qur'an adalah dalam al Mu'jam al Kabir Liththabarani (juz VIII halaman 50, nomor hadits (atsar) 8618

حَدَّثَنَا إِسْحَاقُ بن إِبْرَاهِيمَ الدَّبَرِيُّ، عَنْ عَبْدِ الرَّزَّاقِ، عَنْ إِسْرَائِيلَ، عَنْ عَبْدِ الْعَزِيزِ بن رُفَيْعٍ، عَنْ شَدَّادِ بن مَعْقِلٍ، قَالَ: سَمِعْتُ ابْنَ مَسْعُودٍ، يَقُولُ:"إِنَّ أَوَّلَ مَا تَفْقِدُونَ مِنْ دِينِكُمُ الأَمَانةُ، وَآخَرَ مَا يَبْقَى مِنْ دِينِكُمُ الصَّلاةُ، وَلَيُصَلِّيَنَّ  قَوْمٌ لا دِينَ لَهُمْ، وَلَيُنْتَزَعَنَّ الْقُرْآَنُ مِنْ بَيْنِ أَظْهُرِكُمْ"، قَالُوا: يَا أَبَا عَبْدِ الرَّحْمَنِ، أَلَسْنَا نَقْرَأُ الْقُرْآَنَ وَقَدْ أَثْبَتْنَاهُ فِي مَصَاحِفِنَا؟ قَالَ:"يُسْرَى عَلَى الْقُرْآَنِ لَيْلا فَيُذْهَبُ بِهِ مِنْ أَجْوَافِ الرِّجَالِ فَلا يَبْقَى فِي الأَرْضِ مِنْهُ شَيْءٌ"

...Ibnu Mas'ud, beliau berkata : Sungguh al Quran akan dicabut dari antara tengah-tengah kamu sekalian. Mereka bertanya: Wahai Abu Abdirrahman, bukankah kami membaca Al Quran, dan al Quran kami tulis dalam mushaf-mushaf kami ? Beliau menjawab: Al Quran akan dihilangkan pada malam hari, selanjutnya al Quran dihilangkan dari dada-dada para laki-laki, maka tidak ada satupun al Quran di muka bumi". Wallaahu A'lam.

Tim Rembulan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.