Sukses

Ramadan Tiba, Liga Inggris Semakin 'Ramah' untuk Pemain Muslim yang Berpuasa

Dua tahun lalu wasit Garaham Scott yang memimpin Leicester City vs Crystal Palace di Liga Inggris juga menghentikan laga demi memberi waktu pemain muslim berbuka di lapangan.

Liputan6.com, Jakarta Ramadan telah tiba. Umat muslim di seluruh dunia, termasuk pemain Liga Inggris kembali menyambut bulan suci tersebut dengan menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh lamanya. Nama-nama seperti N'Golo Kante (Chelsea), Mohamed Salah (Liverpool), hingga Ilkay Gundogan (Manchester City), harus menahan lapar dan haus sejak matahari terbit hingga tenggelam saat kompetisi berjalan normal.  

Tahun ini, ibadah puasa di sejumlah negara dimulai Rabu (22/3/2023) dan berakhir 21 April 2023. Artinya, selama masa itu, para pemain muslim yang berlaga di Liga Inggris akan tetap bertanding seperti biasa. 

Belum lama ini, Badan Perwasitan Profesional Inggris (PGMOL) menyampaikan usulan mereka ke pengelola liga (EFL) untuk meringankan beban para pemain yang puasa. Mereka meminta agar EFL mengizinkan para perangkat pertandingan untuk menghentikan laga demi memberi waktu bagi pemain untuk berbuka. 

Kabarnya, usulan ini sudah disetujuin. Wasit yang bertugas kini dibekali arahan agar para pemain muslim di Liga Inggris dapat kesempatan untuk menepi sejenak ke pinggir lapangan dan membatalkan puasanya dengan mengkonsumsi cairan, gel penambah energi, ataupun suplemen. Sebelum kick off wasit juga didorong untuk mengidentifikasi pemain yang berpuasa dan menyepakati perkiraan waktu jeda permainan.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sudah Mulai Digagas Beberapa Wasit

Pada tahun 2021 lalu, langkah bijak seperti ini pernah diambil oleh wasit Garaham Scott saat memimpin duel Leicester City vs Crystal Lapace. Dia sejenak menghentikan laga yang sudah berlangsung selama 30 menit agar pemain-pemain seperti Wesley Fofana dan Cheikhou Kouyate dapat berbuka puasa. 

Tidak hanya di Inggris, tahun lalu pertandingan Bundesliga untuk kali pertama juga dihentikan sementara demi memberi waktu bagi pemain berbuka di pinggir lapangan. Momen tersebut terjadi pada pertandingan Augsburg vs Mainz 05 yang berlangsung di WWK Arena, 6 April 2022.

Saat itu, wasit  Matthias Jollenbeck menghentikan pertandingan pada menit ke-65 untuk memberi waktu bagi bek Mainz, Moussa Niakhate, berbuka puasa dan minum. Setelah menghabiskan dua botol air, Niakhate tampak berlari ke arah Jollenbeck untiuk berterima kasih sebelum kembali melanjutkan laga.  

 

3 dari 4 halaman

Libur Sepekan

Memasuki bulan suci Ramadhan yang akan dimulai 23 Maret 2023, Liga Inggris akan libur selama satu pekan. Kompetisi berhenti sementara menyusul agenda FIFA Matchday. Meski begitu, tidak semua pemain benar-benar libur. Tidak sedikit yang justru tetap turun ke lapangan untuk memprkuat negaranya. 

Liga Inggris akan kembali bergejolak setelah FIFA Matchday dan dimulai 1 April mendatang.

 

4 dari 4 halaman

Posisi di Liga Inggris

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Ramadan adalah bulan suci umat Islam yang dirayakan dengan cara melaksanakan puasa selama satu bulan penuh.
    Ramadan adalah bulan suci umat Islam yang dirayakan dengan cara melaksanakan puasa selama satu bulan penuh.

    Ramadan

  • Ramadhan adalah bulan kesembilan dalam penanggalan Hijriyah (sistem penanggalan agama Islam).
    Ramadhan adalah bulan kesembilan dalam penanggalan Hijriyah (sistem penanggalan agama Islam).

    Ramadhan

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • Chelsea Football Club musti menunggu hampir 50 tahun untuk kembali merengkuh trofi Liga Primer Inggris keduanya setelah pada musim 2004-2005
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya tentang Chelsea FC yang memiliki julukan The Blues

    Chelsea

  • Menurut ahli bahasa Sansekerta, upawasa bermakna ritual untuk “masuk” ke Yang Ilahi.

    puasa