Sukses

5 Ide Fesyen Ramadhan untuk Hadiri Bukber dengan Busana Longgar yang Sopan

Ada kalanya silaturahmi sambil berbuka puasa bersama di momen Ramadhan juga harus dipersiapkan termasuk dari segi fesyen, apalagi jika akan bertemu dengan teman lama.

Liputan6.com, Jakarta - Ramadhan tak hanya memperbanyak ibadah secara veritikal kepada Allah yang disebut hablum minallah, tapi juga memperbanyak bersilatuhmi dengan sesama manusia dengan hablum minannas melalui berbagai cara. Salah satunya yang telah menjadi budaya dengan acara buka puasa bersama atau disingkat bukber.

Buka puasa bersama menjadi ajakan yang lumrah, baik dari teman kerja, teman sekolah, hingga keluarga besar. Ada kalanya silaturahmi sambil berbuka puasa bersama juga harus dipersiapkan termasuk dari segi penampilan, apalagi jika akan bertemu dengan teman lama. 

Berikut enam ide fesyen ramadhan untuk hadiri bukber yang dirangkum Liputan6.com dari akun TikTok @nrfnkamila pada Sabtu (18/3/2023).  

1. Kemeja Oversize

Gaya pertama untuk fesyen ramadhan adalah atasan kemeja oversize yang akan menyamarkan bentuk pinggang sehingga akan membuat pemakainya terlihat lebih sopan. Sebaiknya pilih warna kemeja dengan nada ceria agar membuat suasana pertemuan sekaligus buka puasa lebih memancarkan lagi aura hati menyenangkan bagi yang melihatnya. Bahkan jika berani bisa coba untuk memilih warna hijau neon atau pink 

"Jujur kalau kalian pakai warna-warna yang kayak gini tuh bisa bikin kalian kelihatan lebih seger gitu lho. Kalau dipakai di bulan puasa bikin kamu kelihatan lebih ceria," kata sang kreator konten memberi saran. 

Kerah kemeja oversize bisa tetap terlihat jika hijab yang dipakai dililitkan keleher. Adapun kancing kemeja bisa menjadi aksen menarik dan membuat tampilan tampak semi formal atau rapi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Tunik Bertekstur

Untuk tunik bertekstur, kesan oversize masih bisa didapatkan lantaran ukuran tunik yang dipilih haruslah ukuran longgar atau all size. Tunik bertekstur meskipun pilihannya warna netral seperti hitam akan tetap memberi efek yang berbeda. 

Uniknya, tunik bertekstur ini sangat cocok jika dipadankan dengan celana cargo yang sedikit lebar maupun celana pensil. Semua padu padannya bisa disesuaikan selera. Jangan lupa pakai asesoris kalung untuk lebih menjadi pusat perhatian.

Tunik ini bisa dipadukan dengan model hijab sampai ke dada atau hanya dililitkan ke leher. Sebagai pelengkap kenakan tas model selempang agar lebih praktis.

3. Long Outer

Long outer yang panjangnya hingga ke betis bisa dipadupadankan dengan berbagai outfit. Jika ingin gaya yang feminin, maka bisa menggunakan dress panjang dan saat ingin lebih kasual pilih saja celana jins. 

"Jadi meski memakai long outer ini tetap bisa nyaman ya," sebut sang pembuat konten menjekaskan pemakaian jins akan membuat lebih leluasa bergerak.

Jangan lupa jika memakai jins, maka gaya saat mengenakan kaus perlu dimasukan ke dalam agar tubuh terlihat lebih jenjang. Perhatikan warna dominan yang dipakai, untuk tampilan yang diberikan. Sebaiknya pilih warna netral seperti padu padan hitam dengan cokelat atau krem yang dikenakan bersama pasmina atau jilbab senada agar lebih serasi.

3 dari 4 halaman

4. Shimmer Blouse

Ide selanjutnya adalah shimmer blouse. Masih dengan konsep oversize, namun tampilan mengambil material yang shimmer agar lebih terlihat beda dari biasanya.

"Kalau di pakai malam ini akan menyala, tapi tenang aja karena menyalanya akan memberikan efek yang cantik banget," katanya lagi.

Shimmer blouse bisa dipadankan dengan jins jika ingin lebih kasual dan simpel. Namun dapat pula dipadu dengan rok model A-line. Pilih blouse yang memiliki aksen membentuk tubuh agar bisa terlihat lebih ramping. 

Namun uniknya, dari shimmer blouse yang dipilih kreator konten adalah detail seperti lengan bentuk puff yang mengembung membuat tampilan lebih sopan tidak terlalu ketat. Untuk mengimbangi jilbab atau pasmina yang dipakai bisa berupa bahan yang shimmer juga atau katun.

Jika tak terlalu percaya diri, agar efek shimmering tidak "lebay" maka padukan saja atasan blouse dengan bawahan celana hitam. Dengan cara ini tampilan akan lebih seimbang karena warnaya sedikit diredupkan palet hitam.

4 dari 4 halaman

5. Kasual Tunik

Jika sebelumnya sudah ada ide memakai tunik bertekstur, maka tampilan berikutnya masih menggunakan tunik namun berbahan katun maupun rayon. Jenis bahan ini tentu akan lebih terkesan kasual, untuk katun pastinya nyaman dipakai begitu juga rayon.

Celana kulot menjadi paduan pas untuk tunik jenis ini, karena kesannya yang santai. Celana kulot juga terkensan lebih sopan bagi pemakainya.

Selain itu ada pula tampilan tunik yang dipadukan dengan rok plisket untuk nuansa lebih feminin. "Aku pilih tunik yang warnanya seger gitu dan aku padu dengan plisket warna krem jadi kelihatan lebih kalem gitu," tips pembuat konten.

Untuk tas bisa dipilih jenis sling bag atau selempang maupun tas mungil di tangan yang akan membuat pemakainya terlihat lebih imut. Lebih jauh mengenai warna, bisa disesuaikan dengan karakter kepribadian maupun palet kesukaan pemakainya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.