Sukses

Gempa Bumi dan Gunung Meletus Termasuk Kiamat Sugra, Ini Contoh Lainnya

Liputan6.com, Bogor - Belakangan ini banyak terjadi bencana alam yang melanda Indonesia seperti gempa bumi, banjir, hingga gunung meletus. Peristiwa bencana ini tidak akan sebanding dengan kehancuran alam semesta yang sesungguhnya, yakni pada hari kiamat.

Gambaran mengenai dahsyatnya hari kiamat telah diterangkan dalam Al-Qur’an. Di antaranya dijelaskan dalam Al-Qur’an surah Al-Qariah ayat 1-5.

ٱلْقَارِعَةُ. مَا ٱلْقَارِعَةُ. وَمَآ أَدْرَىٰكَ مَا ٱلْقَارِعَةُ. يَوْمَ يَكُونُ ٱلنَّاسُ كَٱلْفَرَاشِ ٱلْمَبْثُوثِ. وَتَكُونُ ٱلْجِبَالُ كَٱلْعِهْنِ ٱلْمَنفُوشِ.

Arab-latin: Al-qāri’ah mal-qāri’ah wa mā adrāka mal-qāri’ah yauma yakụnun-nāsu kal-farāsyil-mabṡụṡ wa takụnul-jibālu kal-‘ihnil-manfụsy.

Artinya: "Hari Kiamat, apakah hari Kiamat itu? Tahukah kamu apakah hari Kiamat itu? Pada hari itu manusia seperti anai-anai yang bertebaran, dan gunung-gunung seperti bulu yang dihambur-hamburkan." (Surah Al-Qur’an terkait dapat dilihat di sini)

Meski kejadian bencana alam seperti gempa bumi, banjir, dan gunung meletus adalah sebagian kecil dari hari kiamat, namun bencana-bencana itu dikategorikan sebagai kiamat sugra.

Mengutip buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VI SD, kiamat sugra atau kiamat kecil adalah kehancuran sebagian kecil dari alam semesta. Ini berbeda dengan kiamat kubra atau kiamat besar yang merupakan kiamat sebenarnya.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Contoh Kiamat Sugra

Dalam buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VI SD yang dikutip dari cendikia.kemenag.go.id, berikut contoh-contoh kiamat sugra.

1. Gempa bumi merupakan hari kehancuran sebagian orang dan tempat tertentu

yang terkena gempa tersebut.

2. Tanah longsor merupakan peristiwa alam yang terjadi dan dialami oleh sebagian

orang yang tinggal di daerah longsor.

3. Kematian merupakan hari berakhirnya kehidupan di dunia bagi seseorang.

4. Peristiwa kebakaran merupakan hari kehancuran bagi seseorang yang terkena musibah.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS