Sukses

Anda Sering Lupa? Coba Baca dan Hafalkan Doa Ini

Liputan6.com, Jakarta - Kita pastinya sering mendengar ungkapan bahwa manusia adalah tempatnya lupa. Memang lupa merupakan sifat alamiah manusia. Namun, terus menerus lupa tentunya akan merugikan baik bagi diri kita maupun orang sekitar.

Oleh karena itu coba baca beberapa doa berikut yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW agar kita terhindar dari sifat pelupa. 

Dilansir dari laman nu.or.id dari kompilasi kalam Habib Ahmad bin Hasan Al-Athas, menceritakan seorang laki yang datang dan mengeluh kepada Nabi Muhammad SAW.

Ia mengatakan, 

“Ya Rasulullah, sungguh, saya ini adalah orang yang pelupa. Tolong ajari kami sesuatu.” 

Kemudian beliau menjawab, “Baca kalimat ini setiap hari ya!"

 اَللَّهُمَّ اجْعَلْ نَفْسِيْ مُطْمَئِنَّةً، تُؤْمِنُ بِلِقَائِكَ، وَتَرْضَى بِقَضَائِكَ 

Allâhumma ij’al nafsî muthmainnatan, tu’minu bi liqâika wa tardlâ bi qadlâika. 

Artinya: “Ya Allah, jadikan jiwa kami menjadi tenang, beriman akan adanya pertemuan dengan-Mu, dan rela atas garis yang Engkau tentukan.” 

Doa tersebut ia amalkan sebanyak tiga kali sehari. Dan pemuda tersebut mengaku bahwa ia tidak pernah lupa lagi tentang apapun itu. 

“Setelah saya membaca itu, saya tidak pernah lupa tentang apapun.”

 

Saksikan Video Pilihan ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Tips Agar Tidak Mudah Lupa atau Pikun

Selain itu, kita juga dapat membiasakan perilaku hidup sehat saat muda agar terhindar dari penyakit lupa bahkan pikun di masa tua. Berikut beberapa tipsnya mengutip dari laman halosehat.com:

1. Senam otak

Latihan ini diperlukan agar kita tidak cepat pikun, karena dengan membiasakan senam otak akan membiasakan otak untuk selalu bekerja.

Ada beberapa variasi untuk melakukan senam otak, seperti latihan konsentrasi (tangan kanan kelingking, tangan kiri jempol, kemudian dipindah bergantian dari lambat semakin cepat, dan semakin cepat, kemudian melambat lagi). Senam otak ini juga dapat melatih konsentrasi.

2. Mengonsumsi makanan-makanan penyuplai gizi untuk otak

Mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak gizi, akan membuat jaringan pada otak terus terjaga dengan baik. Beberapa jaringan akan tetap kuat dan bekerja dengan baik sehingga ketika tua pun otak tetap terjaga dan tidak mudah lupa.

3. Minum air putih yang cukup

Air putih ini bermanfaat untuk menjaga dan mencukupi cairan yang ada di otak, sehingga otak selalu terjaga dan cairan yang dibutuhkan otak akan tercukupi.

4. Istirahatkan otak

Jangan paksa otak terlalu keras untuk bekerja. Beri waktu istirahat beberapa saat agar otak memiliki kesempatan untuk merilekskan sistem jaringan otak tersebut. Sistem jaringan otak yang tidak terus-menerus bekerja membuat otak menjadi tetap sehat. 

5. Biarkan otak memiliki waktu rileks

Waktu-waktu yang bagus untuk merilekskan otak adalah pada malam hari ketika akan tidur dan di pagi hari. Merilekskan otak juga dapat dilakukan dengan menghirup udara segar di pagi hari.

Menghirup udara segar di pagi hari membuat otak dapat menerima oksigen yang masih bersih karena belum tercemar seperti pada waktu siang hari. Otak yang mendapatkan suplai oksigen dengan baik akan merasa rileks dan dapat mengurangi dampak kepikunan di masa tua.

Penulis : Putry Damayanty

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS