Sukses

Kiswah Penutup Kabah Akan Diganti pada 1 Muharram

Kain penutup ka'bah atau kiswah diganti setiap tahun. Bila biasanya kiswah diganti setiap 9 Zulhijah, maka mulai tahun ini berbeda.

Liputan6.com, Jakarta Kain penutup ka'bah atau kiswah diganti setiap tahun. Bila biasanya kiswah diganti setiap 9 Zulhijah, maka mulai tahun ini berbeda. Penggantian kiswah dilakukan pada 1 Muharram 1444 Hijriah.

"Tahun ini, penggantian Kiswah dilakukan 1 Muharram 1444 H," kata Asisten Wakil Sekretaris Majma' Malik Abdul Aziz li Kiswatil Ka'bah Al-Musyarrafah Ir Faris Al Mathrafi, di Makkah, Rabu (27/7/2022).

Dia menerangkan, perubahan waktu penggantian kiswah tersebut berdasarkan perintah dari Raja Salman.

" Pertama kali, tahun ini dilakukan 1 Muharram, atas perintah Raja Salman. Selanjutnya penggantian akan terus dilakukan pada 1 Muharram," sambung Faris.

Untuk pencucian Kabah, lanjut dia, akan dilakukan pada 15 Muharram.

Faris mengatakan, sebagai tempat pembuatan Kiswah Kabah, Majma' Malik Abdul Aziz li Kiswatil Ka'bah Al-Mustarrafah adalah salah satu pusat peradaban di Makkah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

220 Orang Buat Kiswah

Di dalamnya, ada sekitar 220 teknisi hingga seniman dari Arab Saudi yang bekerja untuk membuat kiswah.

"Di sini adalah produksi dengan bahan yang paling mahal di dunia. Setiap tahun biayanya sekitar 25juta Riyal Saudi," terang Faris.

Bahan pembuatan kiswah, kata dia, terdiri dari 760 kg sutra, 120 kg emas, dan 100 kg perak. "Kalau emas dan perak dari Jerman, Sutra dari Italia," kata Faris.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.