Sukses

Download E-Book Panduan Mudik 2022 agar Lebaran Aman Tanpa Khawatir COVID-19

E-book ini memuat berbagai panduan bagi masyarakat dalam menjalankan berbagai kegiatan di bulan suci Ramadan, Idul Fitri serta pelaksanaan mudik yang aman bagi seluruh masyarakat dengan risiko penularan COVID-19 yang minimal.

Liputan6.com, Jakarta Satuan Tugas Penanganan COVID-19 bekerja sama dengan Kementerian Agama, Majelis Ulama Indonesia, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Perhubungan menyusun e-book Mudik Aman & Sehat sebagai acuan dalam melaksanakan ibadah serta tradisi yang aman dan sehat bagi masyarakat.

E-book ini memuat berbagai panduan bagi masyarakat dalam menjalankan berbagai kegiatan di bulan suci Ramadan, Idul Fitri serta pelaksanaan mudik yang aman bagi seluruh masyarakat dengan risiko penularan COVID-19 yang minimal.

Di dalam e-book tersebut ada beberapa pertanyaan yang terjawab. Seperti misalnya dijelaskan apa saja syarat agar bisa mudik lebaran.

Petugas nantinya akan memeriksa kelengkapan syarat-syaratnya pemudik saat melakukan perjalanan sesuai dengan SE Satgas Covid-19 No.16.2022 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam negeri diMasa Pandemi, yaitu:

a. Pemudik yang telah menerima vaksin dosis ketiga atau booster tidak perlu melakukan testing antigen atau PCR.

b. Pemudik yang telah menerima vaksin dosis kedua wajib menyerahkan bukti testing antigen 1x24 jam, atau PCR 3x24jam.

c. Pemudik yang baru menerima vaksin dosis pertama wajib menyerahkan bukti testing PCR 3x24 jam dan wajib menerapkan protokol kesehatan 3M secara ketat.

d. Pemudik usia 6-17 tahun dan telah menerima vaksin dosiskedua tidak wajib menunjukkan hasil negatif testing antigen atau PCR, tetapi wajib melampirkan kartu/sertifikat vaksin dosis kedua.

e. Pemudik anak-anak di bawah usia 6 tahun tidak perlu testing,namun harus didampingi pendamping yang memenuhi syaratperjalanan.

f. Pemudik yang tidak dapat vaksinasi karena kondisi Kesehatankhusus/penyakit komorbid, wajib menunjukkan hasil negatif tes.

Jika pemudik belum melakukan booster, maka pemudik disarankan suntik di sentra vaksinasi secara terbatas.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bagaimana dengan pemudik dari luar negeri?

Dalam e-book ini dijelaskan bahwa persyaratan pemudik dari luar negeri sama dengan pemudik domestik. Namun ada aturan yang diperketat dengan aturan lainnya mengenai karantina.

Syarat utamanya wajib vaksinasi dua dosis hingga booster, (sesuai aturan terbaru SE Kasatgas COVID-19 No 17/2022).

Lantas Syarat Bisa Mudik/MasukIndonesia?

- Wajib unduh aplikasi Peduli Lindungi

- Memiliki kartu/sertifikat vaksin dosis kedua/booster

- Test PCR 2x24 jam sebelum keberangkatan❖ Jika belum divaksinasi / baru vaksindosis pertama, wajib karantina selama 5x 24 jam.

- Bagi yang tidak bisa divaksinasi (karenakondisi tertentu), wajib negatif tes PCR +surat keterangan dari rumah sakit negara keberangkatan

- Jika positif COVID-19 dalam 30 hari terakhir, wajib tes PCR saat kedatangan dan menunjukkan surat/COVID-19 recovery certificate (surat sembuh) dariRS pemerintah negara keberangkatan

- Wajib entry test jika menunjukkan gejala mirip COVID-19

3 dari 4 halaman

Aturan satu arah bagi pemudik

Untuk mengantisipasi penumpukan kendaraan dan kemacetan, setiap pengendara Mobil Penumpang, Mobil Bus, dan Angkutan Barang dengan tanda nomor kendaraan bermotor bernomor ganjil dilarang melintasi pada tanggal genap, dan setiap pengendara Mobil Penumpang, Mobil Bus, dan Angkutan Barang dengan tanda nomor kendaraan bermotor bernomorgenap dilarang untuk melintasi pada tanggal ganjil.

Berikut ini rincian penerapan Ganjil Genap dan Sistem Satu Arah (One Way)

- Hari Kamis-Sabtu, 28-30 April 2022 mulai pukul 17.00 WIB sampai dengan 24.00 WIB mulai dari KM 47 (Tol Jakarta-Cikampek) sampai dengan KM 414 (Gerbang Tol Kalikangkung)

- Hari Minggu, 1 Mei 2022 mulai pukul 07.00 WIB sampai dengan12.00 WIB mulai dari KM 47 (Tol Jakarta-Cikampek) sampai dengan KM 414 (Gerbang Tol Kalikangkung)

ARUS BALIK

Jumat, 6 Mei 2022 mulai pukul 14.00 WIB sampai dengan 24.00WIB mulai dari KM 414 (Gerbang Tol Kalikangkung) sampaidengan KM 47 (Tol Jakarta-Cikampek)

Sabtu, 7 Mei 2022 mulai pukul 07.00 WIB sampai dengan 24.00WIB mulai dari KM 414 (Gerbang Tol Kalikangkung) sampai dengan KM 3 + 500 (Gerbang Tol Halim)

Minggu 8 Mei 2022 mulai pukul 07.00 WIB sampai dengan hari Senin, 9 Mei 2022 pukul 03.00 WIB mulai dari KM 414 (GerbangTol Kalikangkung) sampai dengan KM 3 + 500 (Gerbang TolHalim)

Kepolisian Negara Republik Indonesia dapat memberlakukan sistem satu arah (One Way) mulai KM 442 (Gerbang Tol Bawen) dengan mempertimbangkan kondisi volume lalu lintas yang terjadi di lapangan.

4 dari 4 halaman

Yang penting dipersiapkan saat Mudik

Yang tak kalah penting untuk persiapan mudik nanti juga dibahas dalam e-book ini, yakni:

- Pastikan dalam keadaan sehat, tetap menjaga kesehatan diridan kebugaran fisik.

- Jika mudik menggunakan kendaraan pribadi, periksa kendaraanmulai dari mesin, oli, rem, kipas, AC, kaca, tekanan ban, hinggacadangan ban dan komponen lainnya.

- Jika menggunakan kendaraan umum, upayakan telah siapdengan tiket mudik. Akan lebih baik jika telah membeli tiket balik.

- Pastikan syarat-syarat mudik telah dipenuhi sesuai denganstatus vaksinasi, seperti sertifikat vaksin, dan/atau hasil negatiftes antigen 1x24 jam atau PCR 3x24 jam, dan aplikasiPeduliLindungi.

Pastikan keamanan rumah yang akan ditinggal mudik. Cabutkabel saluran listrik, matikan kompor, cabut selang dari tabunggas, serta aliran air.❖ Persiapkan bekal yang cukup untuk perjalanan mudik.

- Buat daftar barang bawaan untuk mempermudah memastikantidak ada barang yang tertinggal.

- Kemas barang dengan teliti, rapi, dan pastikan membawabarang-barang yang diperlukan saja agar praktis di perjalanan.Pemilihan ukuran tas atau koper sesuai kebutuhan juga hal yangpenting agar efektif. Jangan lupa siapkan tas lipat atau tasbelanja (shopping bag) untuk berjaga-jaga.

- Siapkan biaya untuk kebutuhan perjalanan dan atur pengeluaran,termasuk alokasi dana angpao.

- Siapkan dana cadangan untuk keperluan tak terduga selama dikampung halaman.48

- Sediakan obat yang dibutuhkan dan kotak P3K.

- Pastikan membawa masker cadangan yang mencukupi, handsanitizer, sabun cuci tangan, dan disinfektan selama mudik.

- Disarankan membawa alat makan dan botol minum sendiri saatsinggah di restoran atau warung makan.

- Pastikan orang yang akan dikunjungi dalam keadaan sehat serta terlindungi dari potensi tertular atau menularkan Covid-19

- Memastikan untuk tetap menjaga kapasitas akomodasi ditempat tujuan agar tidak terlalu penuh. Jika kapasitas penuh,disarankan memilih hotel/penginapan yang memenuhi standar CHSE.

 

Selengkapnya, Anda bisa mengunduh panduan tersebut di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.