Sukses

5 Kegiatan Seru Bersama Anak Selama Libur Lebaran

Berikut kegiatan yang dapat dilakukan bersama anak selama libur lebaran

Liputan6.com, Jakarta - Libur Lebaran adalah momen yang ditunggu-tunggu bagi banyak keluarga Muslim di seluruh dunia. Ini adalah waktu yang tepat untuk bersatu kembali dengan keluarga dan menjalin kenangan indah bersama anak-anak.

Untuk memastikan liburan Anda penuh keceriaan dan kebahagiaan, berikut adalah lima kegiatan seru yang dapat dilakukan bersama anak selama libur Lebaran:

1. Membuat Kue Lebaran Bersama

Setiap libur Lebaran pasti identik dengan aroma harum kue-kue tradisional yang menggoda. Ajak anak-anak Anda untuk ikut serta dalam proses pembuatan kue Lebaran seperti kue nastar, kastengel, atau ketupat. Mereka akan senang bermain-main dengan adonan dan melihat hasil akhir dari kreasi bersama mereka.

2. Bermain Permainan Tradisional

Manfaatkan waktu liburan untuk mengajarkan anak-anak Anda permainan tradisional Indonesia seperti congklak, gobak sodor, atau lompat tali. Ini tidak hanya akan menghibur mereka, tetapi juga membantu memperkenalkan warisan budaya Indonesia yang kaya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Piknik Keluarga

Nikmati udara segar dan alam dengan mengadakan piknik keluarga ke taman atau tempat rekreasi lokal. Ajak anak-anak untuk membawa mainan outdoor favorit mereka, seperti bola atau layang-layang, dan nikmati waktu berkualitas bersama di bawah sinar matahari.

4. Membuat Kerajinan Tangan

Libur Lebaran adalah waktu yang tepat untuk mengasah kreativitas anak-anak dengan membuat kerajinan tangan. Bisa jadi itu membuat kartu ucapan Lebaran, dekorasi rumah, atau bahkan hiasan dinding dari bahan-bahan sederhana. Proses kreatif ini tidak hanya akan menghibur mereka, tetapi juga meningkatkan kemampuan motorik halus dan imajinasi mereka.

3 dari 3 halaman

5. Menyumbang untuk yang Membutuhkan

Ajarkan anak-anak nilai-nilai empati dan kepedulian sosial dengan melibatkan mereka dalam kegiatan amal selama libur Lebaran. Bisa dengan menyumbang pakaian bekas, makanan untuk berbuka puasa, atau mengunjungi panti asuhan untuk berbagi kebahagiaan dengan anak-anak yang kurang beruntung.

Libur Lebaran adalah waktu yang berharga untuk menghabiskan waktu bersama keluarga tercinta. Dengan mengisi liburan dengan kegiatan-kegiatan yang bermakna dan menyenangkan bersama anak-anak, Anda tidak hanya menciptakan kenangan yang tak terlupakan, tetapi juga memperkuat ikatan keluarga yang erat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.