Sukses

Potret Nindy Priscilia, Kakak Ipar Mahalini Temani Jalani Prosesi Adat Jelang Pernikahan

Dampingi Mahalini di setiap rangkaian prosesi adat, Nindy Priscilia tampil menawan mengenakan kebaya Bali warna nude dan kain songket bernada ungu.

Liputan6.com, Jakarta - Jelang menikah, Mahalini dan Rizky Febian melangsungkan upacara adat Dharma Suaka dan Mepamit di Kediaman Mahalini. Acara Mepamit merupakan salah satu rangkaian pernikahahan tradisi Hindu di Bali.

Keluarga Mahalini mengadakan upacara adat secara agama Hindu Bali berupa prosesi mepamit di rumahnya di kawasan Tibubeneng, Kuta Utara, Badung, Bali. Upacara itu hanya diikuti Mahalini, disaksikan keluarga sebagai simbol untuk penyucian diri sekaligus memohon restu kepada leluhur sebelum menikah. 

Pada proses Mepamit ayah Mahalini I Gede Suraharja sempat terlihat menahan isak tangis. Momen itu terjadi saat Mahalini sungkem dengan ayahnya.

Di acara adat tersebut Mahalini juga tampak didampingi oleh kakak iparnya, Nindy Priscilia. Lewat akun instagramnya, Nindy banyak membagikan potret saat jadi pendamping Mahalini di acara adat Bali dan Hindu.

Jika menilik laman Instagram pribadinya, ternyata Nindy berprofesi sebagai dokter gigi. Dampingi Mahalini di setiap rangkaian prosesi adat, Nindy Priscilla tampil menawan mengenakan kebaya Bali warna nude dan kain songket bernada ungu.

Hiasan di pinggang warna cokelat keemasan dan elemen bunga menambah sisi femininnya. Dengan tatanan rambut cokelat keemasannya, ia disanggul dan riasan makeup natural penampilan Nindy terlihat ayu. 

Nindy dan Mahalini memang cukup dekat dengan banyak unggahan foto di akun Instagram pribadinya. Diketahui mereka sempat liburan ke luar negeri bersama-sama dengan mengajak pasangan masing-masing. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Menuntun Mahalini ke Acara

Dalam sebuah video Insta Story yang diunggah salah seorang kerabat, tampak Nindy menggandeng tangan Mahalini untuk mengantarkannya ke tempat acara. Sekilas dandanannya tak kalah cantik dari Mahalini yang merupakan calon pengantin. 

Diketahui ternyata Nindy merupakan brand ambassador Bali Aesthetic Centre (BAC), sebuah klinik kecantikan yang berbasis di Bali. Ia juga menyematkan beberapa akun lainnya, seperti klinik gigi Gemini Dental Care, guest house di Bali yang tidak diketahui apakah merupakan miliknya. 

3 dari 4 halaman

Ikut Kebersamaan Saat Acara Adat

Dalam beberapa potret terlihat pula ia terlihat menenteng tas tangan putih, serta alas kaki berhak tinggi. Ia berpose dengan kerabat yang lain di rangkaian upacara adat Mahalini.

Keikutsertaan Nindy juga terlihat saat mereka merekam video dengan anggota keluarga lainnya sedang memeluk Mahalini dan Rizky. Kompaknya anggota keluarga Mahalini masih berlangsung hingga acara adat usai.

Untuk diketahui, setelah prosesi adat di Bali, Mahalini akan menjalani prosesi pernikahan dengan cara Islam. Sebelum akad nikah, Mahalini terlebih dulu mengikuti proses mualaf serta pengajian. Selanjutkan akad nikah Rizky dan Mahalini akan digelar pada hari Jumat, 10 Mei 2024 bertempat di Raffles Hotel Jakarta. 

4 dari 4 halaman

Tentang Tradisi Mepamit

Mengutip dari laman Regional Liputan6.com, 6 Mei 2024, Mepamit adalah tradisi yang menjadi simbol pamitnya calon mempelai wanita kepada para leluhurnya saat akan menikah. Mepamit juga sering disebut mejauman penamaannya, yang  berasal dari bahasa Bali yang berarti pamit atau berpamitan.

Prosesi mepamit dilaksanakan di rumah pengantin wanita. Sementara itu, calon pengantin pria akan membawa banten atau seserahan bersama pihak keluarga.

Seserahan yang dibawa biasanya berupa ketupat bantal, sumping, cerocot, apem, wajik, serta aneka penganan tradisional berwarna putih dan merah. Mereka juga akan menghadiri dan menyaksikan upacara ini.

Sementara itu, dharma suaka atau medharma suaka merupakan rangkaian dalam tradisi pernikahan Hindu Bali yang diartikan sebagai bentuk ramah tamah. Dalam pelaksanaannya, dua keluarga calon pengantin duduk bersama di bale dangin rumah mempelai wanita dan disaksikan oleh keluarga, tetua adat, dan tokoh masyarakat.

Di momen ini, calon mempelai pria meminta izin kepada keluarga mempelai wanita untuk meminangnya dan melanjutkan ke jenjang pernikahan. Prosesi ini sekaligus menjadi momen bagi keluarga calon mempelai wanita menyerahkan putri mereka kepada kepala keluarga calon mempelai laki-laki.

Kemudian para tetua adat di lingkungan rumah mempelai wanita akan memberikan petuah kehidupan kepada kedua mempelai. Hal ini sebagai bentuk bekal menuju kehidupan yang baru.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.