Sukses

Berenang Bisa Batalkan Puasa? Ini Kata Mufti Agung di Dubai

Potensi berenang batalkan puasa menurut Mufti Agung di Dubai.

Liputan6.com, Dubai - Kegiatan berenang ketika puasa bisa berpotensi membatalkan puasa. Itu karena adanya air yang bisa masuk ke kerongongan ketika sedang puasa.

"Cendekiawan-cendekiaran Muslim semua setuju bahwa apapun yang masuk ke dalam perut manusia membuat puasa batal, bahkan jika itu bagian dari prosedur perawatan," ujar Mufti Agung dari Dubai, Abdel Basset Ahmed Hamdallah, dikutip Gulf News, Rabu (6/4/2022).

Ia menyebut bahwa makan atau minum tidak sengaja tidak membatalkan puasa, karena sesuai ajaran Al Qur'an bahwa segala sesuatu berasal dari niat.

Meski demikian, Hamdallah mengingatkan bahwa ada aktivitas yang berpotensi membatalkan puasa seperti menelan air ketika gosok gigi karena kebanyakan memakai air dan berenang.

Berenang pada dasarnya tidak membatalkan puasa, tetapi jika airnya masuk ke tenggorokan atau hidung, maka bisa memicu batalnya puasa.

"Air apapun yang masuk tenggorokan akan membatalkan puasa," ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tetes Mata?

Hamdallah berkata bahwa bahwa tetes telinga pun bisa membatalkan puasa. Ia menyorot adanya pori-pori ketika airnya bisa mencapai perut.

Semprotan hidung juga dinilai berpotensi membatalkan.

"Semprotan hidung juga bisa membatalkan puasa jika mencapai hidup, jadi orang-orang harus waspada," jelasnya.

Terkait tetes mata, ada pandangan yang lebih variatif.

"Untuk tets mata, para cendekiawan berbeda-beda, jadi saya sarankan orang-orang menghindarinya kecuali mereka sangat memerlukannya selama jam puasa," kata Hamdallah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.