Sukses

Cara Maksimalkan Ibadah Selama Bulan Ramadhan

Selain berpuasa di bulan Ramadhan, umat Muslim juga disarankan banyak melakukan amalan, karena nilai kebaikannya akan menjadi puluhan kali lipat dibandingkan bulan lainnya.

Liputan6.com, Jakarta - Pada 1 Ramadhan 1443 H yang jatuh pada 3 April 2022, umat Muslim wajib untuk melaksanakan ibadah puasa.

Esensi ibadah puasa sendiri tidak hanya puasa makan dan minum saja, tapi juga puasa dari segala godaan hawa nafsu.

Selain berpuasa, umat Muslim juga disarankan banyak melakukan amalan, karena nilai kebaikannya akan menjadi puluhan kali lipat dibandingkan bulan lainnya.

Maka dari itu, banyak umat Muslim memanfaatkan bulan Ramadan ini untuk meningkatkan ibadahnya, mulai dari menjalani ibadah puasa dengan baik dan benar, ditambah melakukan amalan-amalan lain dan memperbanyak kebaikan.

Nah untuk menyambut bulan Ramadhan tahun ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar ibadah puasa berjalan lancar. Apa saja? Simak daftarnya berikut ini:

Menerapkan Pola Makan Sehat untuk Sahur dan Buka Puasa

Mengonsumsi makanan yang sehat dan kaya nutrisi merupakan kunci agar kamu tetap berenergi dan segar selama menjalankan ibadah puasa.

Saat sahur kamu dianjurkan mengonsumsi makanan dengan indeks glikemik rendah, tinggi protein, dan serat agar tak mudah lapar. Sementara saat berbuka puasa, dianjurkan mengonsumsi makanan dengan indeks glikemik tinggi untuk meningkatkan kadar gula dalam darah.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tetap Aktif Bergerak

Menghemat energi agar tidak haus saat berpuasa bukan alasan untuk malas bergerak. Terlebih, perilaku sedentary seperti tidur-tiduran dan terlalu banyak duduk dapat mengurangi kebugaran tubuh dan berpotensi membuat seseorang menderita obesitas.

Oleh sebab itu, kamu tetap perlu aktif bergerak selama puasa di bulan Ramadhan. Misalnya, berolahraga ringan sekitar 2 jam sebelum berbuka puasa.

3 dari 5 halaman

Persiapkan perlengkapan ibadah

Memiliki perlengkapan ibadah baru memang bisa membuat semangat dalam beribadah selama bulan Ramadan. Namun jika tidak memiliki budget lebih, kamu bisa menyiasatinya dengan menggunakan perlengkapan ibadah lama, tapi dicuci sehingga bersih dan wangi seperti baru.

Memanfaatkan Teknologi untuk Mempermudah Ibadah

Kamu juga bisa memanfaatkan teknologi untuk mempermudah ibadah selama bulan Ramadhan kali ini. Salah satunya adalah menggunakan aplikasi Muslim Pro, sebuah aplikasi gaya hidup untuk umat Muslim.

Lewat aplikasi ini, kamu bisa meningkatkan ibadah dengan sejumlah fitur, seperti pengingat waktu salat wajib lima waktu yang akurat disertai azan, pelacak arah kiblat, serta doa yang bisa dibaca untuk mengiringi berbagai kegiatan.

Untuk bulan Ramadhan, aplikasi Muslim Pro juga kehadiran fitur notifikasi imsak dan berbuka puasa yang akurat. Selain itu, ada fitur personal tracker yang membantu memastikan kamu telah melakukan ibadah salat wajib.

4 dari 5 halaman

Sisihkan Dana untuk Sedekah dan Zakat

Seperti diketahui, pada akhir bulan Ramadhan, umat Muslim juga harus membayar zakat fitrah. Untuk memudahkan, aplikasi Muslim Pro juga sudah dibekali dengan fitur kalkulator zakat yang bisa diakses dengan mudah.

Mengisi Hari dengan Kegiatan Bermanfaat

Pada bulan Ramadhan ini, kamu bisa melakukan sejumlah amalan, ketimbang melakukan kegiatan yang kurang bermanfaat. Salah satunya dilakukan lebih sering membaca Alquran.

Nah, di aplikasi Muslim Pro kamu bisa memanfaatkannya untuk membuat rencana dan target membaca Alquran sepanjang bulan Ramadhan.

(Isk/Dam)

5 dari 5 halaman

Infografis tradisi bersih-bersih sambut Ramadan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini