Sukses

Tiga Aplikasi Alquran Ini Mudahkan Tadarus Ramadhan di Mana Saja

Untuk mempermudah kegiatan tdarus Alquran di mana pun, kini tersedia banyak aplikasi Alquran yang bisa diunduh di smartphone. Berikut 3 di antaranya:

 

Liputan6.com, Jakarta - Kegiatan mengkaji dan tadarus Alquran lekat dengan Ramadhan karena dianggap sebagai salah satu aktivitas yang mengumpulkan pahala.

Untuk mempermudah kegiatan tdarus Alquran di mana pun, kini tersedia banyak aplikasi Alquran yang bisa diunduh di smartphone. Berikut 3 di antaranya.

1. Al-Quran Indonesia

Aplikasi Al-Quran Indonesia memiliki ukuran file yang cukup ringan, hanya 22MB. Dengan begitu, aplikasi ini bisa diunduh meski memori smartphone dalam kondisi terbatas.

Meski aplikasi ini ringan, terdapat sejumlah fitur terpisah yang bisa didapatkan ketika memakai aplikasi ini.

Dari segi tampilan, aplikasi ini tidak terlalu banyak paduan warna dan terkesan clean serta sederhana. Latar apikasi ini sebagian besar berwarna hijau dipadu dengan pulih sehingga cukup nyaman ketika dibaca berlama-lama.

Ukuran font tulisan Arab dari ayat Alquran pun cukup jelas. Pengguna juga bisa menjalankan aplikasi ini dalam mode gelap sehingga nyaman untuk dilihat dalam waktu lama.

Fitur yang ada di dalamnya mulai dari terjemahan per ayat dan kata sehingga pengguna bisa memahami artinya dengan lebih baik.

Fitur lain yang ditawarkan audio dengan berbagai pilihan qori yang bisa diunduh secara terpisah. Aplikasi Al-Quran Indonesia ini tersedia di Google Play Store dan telah diunduh lebih dari 10 juta kali.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Alquran Tajwid – Dream Quran

Aplikasi Alquran lainnya yang bisa diunduh adalah Dream Quran yang dilengkapi dengan fitur tajwid sehingga memudahkan tadarus sesuai hukum bacaan.

Aplikasi ini juga hadir dalam tampilan sederhana dan tidak banyak warna, hanya paduan warna biru muda dan putih.

Bagian tanda baca atau tajwid ditandai dengan berbagai warna sesuai kategorinya.

Ada dua pilihan mode dalam mengakes aplikasi ini. Pertama mode mushaf yang secara menyeluruh menyediakan ayat Alquran. Mode lainnya adalah mode terjemahan yang hanya menampilkan artinya.

Untuk mendukung tadarus yang kamu lakukan di bulan Ramadhan, Dream Quran juga menyediakan grafik target tilawah harian yang memudahkan penggunanya untuk melihat peningkatan tiap membaca Alquran.

Aplikasi ini telah diunduh lebih dari 100 ribu kali di Google Pay Store.

 

3 dari 3 halaman

3. Al Quran (Tafsir&by Word)

Sesuai dengan namanya, aplikasi dengan Alquran dengan besar file 16MB ini memuat terjemahan kata per kata.

Ada dua mode terpisah yang bisa kamu gunakan, yakni mode mushaf yang menyediakan ayat tanpa terjemahan serta mode terjemahan yang dipenggal per kata. Hal ini bisa membantu pengguna memahami bacaan Alquran mereka.

Fitur lainnya, aplikasi ini menawarkan ‘Quran Planer’ yang memungkinkan penggunanya menjadwalkan tadarus agar mencapai target yang sudah ditentukan.

Selain itu, dalam penulisannya, aplikasi ini juga menyediakan fitur tajwid yang ditandai dengan berbagai warna berbeda sesuai dengan tajwidnya.

Ada juga fitur audio yang bisa diunduh oleh pengguna secara terpisah. Aplikasi ini sendiri telah diunduh lebih dari 1 juta kali di Google Play Store.

(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.