Sukses

Jelang Lebaran, Pelindo I Bagikan 6.455 Paket Sembako

Pembagian sembako sebagai wujud kepedulian Pelindo 1 kepada masyarakat yang terkena dampak secara ekonomi dari pandemi Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - Jelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 1441 H, PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 membagikan 6.455 paket sembako kepada masyarakat.

Kegiatan ini mengambil tema Pelindo 1 Bantu Sesama, Berbagi Barokah Lawan Corona, dengan memberikan bantuan paket sembako yang berisi 5 kilogram beras, 1 liter minyak goreng, 1 kilogram gula pasir, dan 1 papan telur.

Selain menghadapi Bulan Ramadhan dan menyambut Idul Fitri 1441 H, pembagian sembako ini sekaligus wujud kepedulian Pelindo 1 kepada masyarakat yang terkena dampak secara ekonomi dari pandemi Covid-19.

“Pandemi Covid-19 ini memberi pengaruh yang cukup signifikan terhadap penurunan tingkat ekonomi global termasuk di Indonesia, sehingga seluruh lapisan ekonomi masyarakat juga terkena dampaknya. Paket sembako ini diberikan untuk meringankan beban masyarakat yang terdampak dari adanya Covid-19 sekaligus untuk menghadapi Bulan Ramadhan dan Idul Fitri 1441 H dan dilakukan secara serentak di seluruh wilayah kerja Pelindo 1," ujar Direktur Teknik Pelindo 1, Hosadi A Putra dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu (17/5/2020).

Agar pembagin tersebut tepat sasaran, Pelindo 1 berkoordinasi dengan RT/RW/Kelurahan setempat ataupun komunitas/yayasan yang dibantu.

Pembagian sembako ini dilakukan secara serentak pada Jumat (15/5/2020) kemarin, di seluruh cabang pelabuhan Pelindo 1 yang tersebar di 4 provinsi, yaitu Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Riau dan Kepulauan Riau serta 5 anak perusahaan Pelindo 1, yaitu PT Prima Multi Terminal, PT Prima Terminal Petikemas, PT Prima Husada Cipta Medan, PT Prima Indonesia Logistik dan PT Prima Pengembangan Kawasan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pelindo I Sebar Bantuan APD ke Rumah Sakit dan Puskesmas di Medan

PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 memberikan bantuan berupa alat pelindung diri (APD) pada 3 (tiga) rumah sakit rujukan Covid-19 di Sumatera Utara dan 8 (delapan) puskesmas yang ada di Wilayah Medan Utara.

Bantuan APD untuk tenaga medis ini diserahkan oleh Direktur Teknik Pelindo 1, Hosadi Apriza Putra kepada Tim Satgas Covid-19 Sumut, dr. Rudi Sambas dan Perwakilan Kepala Puskesmas dari masing-masing penerima bantuan, di Grha Pelindo Satu Belawan pada Rabu, 22 April 2020.

Bantuan APD yang diberikan terdiri dari 330 pcs Masker N95, 300 pcs Masker KN95, 100 box Vitamin C, 50 box Sarung Tangan, 150 pcs Safety Goggles, 500 pcs Face Shield, 800 pcs Masker Kain, 500 pcs Hazmat Suit, 8 pcs Thermal Gun, 500 bungkus Biskuit, 53 box susu dan 100 pcs Sabun yang disalurkan ke rumah sakit rujukan Covid-19 di Sumut.

RS tesebut yaitu RS GL Tobing, RS Martha Priska dan RS Bhayangkara, sementara untuk puskesmas meliputi Puskesmas Belawan, Puskesmas Sicanang, Puskesmas Pekan Labuhan, Puskesmas Martubung, Puskesmas Medan Deli, Puskesmas TitiPapan, Puskemas Terjun dan Puskesmas Rengas Pulau.

“Kami berharap, APD ini dapat membantu para tenaga medis yang berada di garda terdepan, sehingga mereka tetap aman dalam menangani para pasien Covid-19," kata Direktur Teknik, Hosadi Apriza Putra dalam keterangannya, Kamis (23/4/2020).

Kegiatan ini merupakan bentuk dukungan Pelindo 1 terhadap program pemerintah khususnya Kementerian BUMN, dimana bantuan tahap awal ini lebih difokuskan untuk ketersediaan APD dan Gizi bagi tenaga medis.

“Semoga bantuan ini dapat dimanfaatkan secara optimal oleh tenaga medis dalam menjalankan tugasnya, dan Pelindo 1 siap membantu kembali jika rumah sakit dan Puskesmas mengalami kesulitan APD,” ujar Hosadi.

Pelindo 1 terus melakukan berbagai upaya dalam membantu masyarakat dalam menghadapi pandemi ini, baik yang terkena dampak kesehatan, sosial maupun ekonomi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.