Sukses

Kenalkan Bripda Denny, Sudah Ganteng Jago Ngaji Pula

Polisi yang pintar dan hebat mengaji sebenarnya banyak. Namun, jarang terekspos karena tak berkaitan langsung dengan tugasnya.

Liputan6.com, Wonogiri - Jagad maya sempat heboh dengan viralnya video polisi ganteng sedang mengaji. Suaranya memang merdu dan bacaan ngajinya sangat fasih. Ini menjadi ujung tombak polisi mendorong pengajian #dirumahsaja selama Ramadan dan pandemi Corona.

Adalah Bripda Denny Zubaidi Kurniawan, polisi yang bertugas di Polres Wonogiri. Ia asli warga Pandeyan RT 003/RW 003, Jetis, Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Sukoharjo. Bripda Denny mengaku terbiasa mengaji sejak kecil. Bripda Denny adalah anak ketiga dari lima bersaudara pasangan Triyono dan Suswanti.

"Sejak kecil didik harus mengaji. Biasanya setelah Magrib," kata Bripda Denny.

Ia lalu bercerita bahwa bapak dan ibunya mewajibkannya mengaji bersama semua saudaranya. Pengenalan huruf hijaiyah sudah dilakukan sejak dini. Apalagi jika bulan Ramadan.

"Kami harus mengikuti taman pendidikan Alquran (TPQ). Pulang TPQ masih diajari membaca Alquran sampai fasih," katanya.

Beban bacaannya juga tak berat. Hanya diwajibkan membaca minimal satu ruku’ setiap mengaji. Namun, pada praktiknya Denny selalu membaca lebih banyak, bahkan hingga satu juz.

Kebiasaan mengaji itu akhirnya terbawa bukan saja saat bersekolah, melainkan hingga sekarang ketika sudah bertugas sebagai polisi. Meski demikian, Bripda Denny mengaku istiqamah dan tumanina saja ketika mengaji.

“Setahun ya antara empat sampai lima kali khatam. Kalau Ramadan, semangat berlimpah,” katanya.

 

 

Simak video pilihan berikut

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Juara MTQ

Selain mendidik disiplin, ibunya juga mendidik dengan keteladanan, yakni mengajari membaca Al-Quran dengan menggunakan nada. Sampai akhirnya dia menjadi qari atau orang yang mahir dalam seni membaca Al-Quran.

"Dari kecil dididik ibu. Sekeluarga harus bisa qiro dan tilawah Al-Quran. Setiap hari minimal harus membaca satu ruku’,” jelas Denny.

Bripda Denny memang tampan bin ganteng. Tongkrongannya semakin komplet karena berprestasi di tingkat kabupaten. Dia kerap menjadi juara Musaabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) tingkat kabupaten maupun eks-Karesidenan Surakarta pada 2016.

Alumni SMKN 2 Sukoharjo itu berulang kali melafalkan ayat suci Alquran di hadapan para pejabat polisi dan teman-temannya di Jawa Tengah.

"Bapak Kapolda kan sering ada agenda khataman Al-Quran untuk para anggota Polri di Masjid Polda Jateng. Saya pernah diberi kesempatan membaca Al-Quran dalam event tersebut,” kata Bripda Denny.

Sibuk bertugas sebagai polisi, tetap tak membuatnya meninggalkan kebiasaan mengaji. Bripda Denny bertugas di Sub Bagian Humas Polres Wonogiri. Saat Ramadan di tengah pandemi Corona, kemampuannya itu sangat dibutuhkan.

“Selama Ramadan, mengaji minimal satu juz. Harapannya bisa khatam Al-Quran saat akhir Ramadan,” katanya.

Lalu, apa sih enaknya mengaji?

Seperti kata filsuf-filsuf, sesuatu yang nikmat sangat sulit untuk digambarkan secara verbal. Terlalu abstrak.

“Yang jelas kalau enggak mengaji rasanya ada yang kurang,” katanya.

Video Denny mengaji yang diunggah akun Instagram @polres_wonogiri spontan menjadi viral. Warganet merespons dengan sangat baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.