Sukses

7 Tips Khatam Al Quran Selama Ramadan, Lakukan Tiap Hari

Liputan6.com, Jakarta Khatam Al Quran selama Ramadan menjadi salah satu aktivitas pembawa berkah di bulan suci. Bulan Ramadan merupakan bulan di mana Al Quran diturunkan. Membacanya di bulan ini merupakan sebuah amalan besar dengan limpahan pahala.

Membaca Al Quran juga merupakan sunah Rasul yang dikerjaan saat Ramadan. Rasulullah bahkan selalu khatam Al Quran setiap tahunnya di bulan Ramadan. Membaca Al Quran di bulan Ramadhan dapat melipatgandakan pahala. Apalagi jika Al Quran dibaca dan dikhatamkan selama satu bulan Ramadan.

Cara untuk khatam Al Quran di bulan Ramadan juga tidak sesulit yang dibayangkan. Dengan adanya banyak waktu di rumah selama physical distancing, kamu bisa memanfaatkannya untuk mengkhatamkan Al Quran. Ada sejumlah tips untuk khatam Al Quran di bulan Ramadan.

Kamu bisa menerapkan tips ini setiap harinya untuk bisa khatam Al Quran dalam waktu bulan Ramadan. Berikut 7 tips khatam Al Quran yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (25/4/2020).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 8 halaman

Membangun niat

Membangun niat merupakan cara yang efektif untuk memacu kamu untuk membaca Al Quran dan menyelesaikannya dengan tepat waktu. Rasulullah bahkan mengajarkan umatnya melalui kata-kata dan tindakan tentang pentingnya memiliki niat atau tujuan.

Niatkan khatam Al Quran hanya untuk mencapai ridha Allah semata. Yakinlah bahwa kamu bisa khatam Al Quran selama Ramadan. Pastikan juga untuk selalu memperbarui niat. Sebab, niat bisa saja pudar, bahkan hilang sama sekali sehingga seseorang menjadi malas untuk memulainya lagi.

3 dari 8 halaman

Baca 1 Juz Setiap Harinya

Pastikan untuk membaca ayat Al Quran sebanyak satu juz setiap harinya. Jika kamu memiliki banyak waktu luang, coba membaca ayat Al Quran lebih dari satu juz setiap harinya. Membaca ayat Al Quran bisa dilakukan di tiap kesempatan, seperti usai salat wajib atau sunah.

Al Quran kebanyakan memiliki kurang lebih 600 halaman. Nah, jika kamu membaginya dengan 30 hari, maka kamu perlu membaca Al Quran sebanyak 20 halaman setiap harinya.

Kemudian bagi 20 halaman itu dengan 5, yaitu lima waktu sholat. Sehingga setiap selesai sholat kamu perlu membaca Al Quran cukup 4 halaman saja.

4 dari 8 halaman

Manfaatkan aplikasi Al Quran di ponsel

Jika kamu sedang dalam perjalanan atau tidak dapat menjangkau Al Quran, manfaatkanlah Al Quran saku atau aplikasi Al Quran di ponsel. Saat ini sudah banyak aplikasi Al Quran di ponsel yang bisa diunduh secara gratis. Jadi, tak ada lagi alasan untuk tidak membaca Al Quran di situasi apapun.

Kamu bisa menggunakan waktu luang untuk membaca ayat Aquran. Dengan rutin membaca Aquran lewat ponsel yang dapat dilakukan setiap saat, kamu bisa khatam Al Quran lebih cepat atau lebih awal dari perkiraan.

5 dari 8 halaman

Pahami Al Quran

Tak hanya sekadar membaca, kamu juga perlu memahami apa yang telah kamu baca. Memiliki pengetahuan dasar tentang tema, topik, pesan dan makna dari apa yang kamu baca bisa membuatmu lebih mengerti tentang hikmah membaca Al Quran.

Cobalah untuk membaca terjemahan tiap ayat ketika membaca Al Quran tiap harinya. Dengan membaca terjemahan Al Quran ini kamu juga akan memperoleh ilmu bermanfaat dari ayat-ayat Al Quran.

6 dari 8 halaman

Tetap konsisten

Selain niat kuat, kamu juga perlu konsisten terhadap misimu mengkhatamkan Al Quran. Banyak orang begitu semangat membaca al-quran dan menunaikan ibadah lain di awal puasa. Saat tiba akhir puasa, tidak sedikit orang yang semangatnya berkurang.

Kunci keberhasilan adalah konsistensi. Setelah kamu memetakan rencana, maka konsistenlah dengan rencana itu. Ingatkan diri tentang kebesaran bulan Ramadhan yang memberikan kesempatan bagi spiritual untuk meningkat, termasuk hubungan dengan Al Quran.

7 dari 8 halaman

Tadarus bersama

Cari teman-teman atau saudara yang punya keinginan yang sama untuk khatam Al Quran di Bulan Ramadhan. Mereka akan menjadi teman tadarus bersamamu. Melibatkan teman akan mempercepat langkah untuk khatam Al Quran. Minta mereka untuk mengingatkan janji dan tujuan khatam Al Quran.

Jika perlu, buat sebuah kompetisi membaca Al Quran kecil-kecilan. Ini akan memotivasi dan menginspirasimu untuk semakin semangat menyelesaikan bacaan Al Quran. Namun, pastikan untuk tetap pada tujuan awal mengkhatamkan Al Quran, yaitu hanya semata karena Allah.

8 dari 8 halaman

Cari Grup Pembaca Quran

Jika kamu sendiri dan tidak dapat tadarus bersama keluarga atau teman, kamu bisa mencari grup pembaca Al Quran secara online. Grup ini bisa ditemukan di media sosial atau jejaring lainnya.

Di grup ini kamu bisa berdiskusi dan saling mengingatkan untuk terus membaca Al Quran. Kamu bahkan bisa melakukan tadarus bersama secara online. Di sini kamu bisa bertukar ilmu tentang tafsir Al Quran.

Jika kamu tidak terbiasa memahami tafsir, dengan adanya grup para pembaca Quran, kamu akan merasa terbantu. Kamu juga bisa mencoba mendengarkan serial video tentang surah dan berbagi. Atau membagikan kisah tentang bagaimana suatu ayat sangat menginspirasi dirimu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.