Sukses

Quraish Shihab: Memohon Surga dan Minta Perlindungan Allah di Bulan Ramadan

Apa yang dimaksud dengan memohon surga?

Liputan6.com, Jakarta - Dalam Mutiara Hati kali ini, cendekiawan muslim sekaligus pendiri Pusat Studi Alquran, Quraish Shihab membahas tentang memohon surga.

Quraish Shihab memaparkan khotbah Rasulullah saat menyambut bulan Ramadan:

"Hendaklah kalian melakukan empat hal di bulan ini. Dua di antaranya menjadikan Allah ridho kepada kamu. Yaitu sering mengucapkan syahadat dan memohon selalu mendapat makfirah, pengampunan Allah."

Dua lainnya kata Rasulullah:

"Jangan tidak kalian hendaknya berusaha untuk mendapatkannya. Dua hal itu adalah memohon surga dan perlindungan Allah dari neraka."

Apa yang dimaksud dengan memohon surga?

Ada satu hal yang menurut Quraish Shihab perlu digarisbawahi. Memohon kepada Allah, lanjutnya berbeda dengan memohon kepada manusia.

Sebagai contoh saat kita meminta seseorang untuk mengambilkan segelas air minum. Kita tidak akan dituntut untuk meninggalkan tempat dan pergi untuk mengambil gelas yang dibawakan. Yang perlu dilakukan hanya cukup duduk. 

Lain halnya jika kita memohon kepada Allah. Pada saat kita bermohon kepada-Nya, maka kita dituntut untuk berusaha.

Lalu apa yang tidak kita mampu untuk lakukan? Di saat itulah kita berharap Allah memberinya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.