Sukses

7 Keajaiban Puasa Ramadan Bagi Kesehatan Tubuh, Bisa Meningkatkan Metabolisme

Puasa Ramadan memang memberi sejuta manfaat bagi umat muslim yang menjalaninya.

Liputan6.com, Jakarta Keajaiban puasa Ramadan sudah tak terbantahkan lagi manfaatnya. Puasa Ramadan memang memberi sejuta manfaat bagi umat Muslim yang menjalaninya. Bulan Ramadan merupakan bulan paling istimewa bagi umat Muslim di seluruh dunia. Di bulan ini seluruh amalan baik akan dilipat gandakan pahalanya termasuk juga puasa.

Salah satu keajaiban puasa Ramadan yang dikenal luas adalah pahala melimpah yang didapatkan. Selain itu keajaiban puasa Ramadan juga dapat meliputi takwa kepada Allah, melatih kesabaran, penghapusan dosa, dan masih banyak lagi.

Namun, rupanya keajaiban puasa Ramadan tak hanya dapat dilihat dari sisi spiritualitas. Anda dapat medapatkan keajaiban puasa Ramadan bagi kesehatan tubuh.

Tidak makan dan minum dalam jangka waktu tertentu memberi reaksi kesehatan tersendiri bagi tubuh. Hal ini yang membuat Anda akan menikmati keajaiban puasa Ramadan bagi tubuh. Berikut keajaiban puasa Ramadan yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (3/5/2019):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Menurunkan gula darah

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa keajaiban puasa Ramadan dapat meningkatkan kontrol gula darah, yang bisa sangat berguna bagi mereka yang berisiko diabetes. Sementara itu, ulasan lain menemukan bahwa puasa intermiten dan puasa lainnya sama efektifnya dengan membatasi asupan kalori dalam mengurangi resistensi insulin.

Mengurangi resistensi insulin dapat meningkatkan sensitivitas tubuh Anda terhadap insulin, memungkinkannya untuk memindahkan glukosa dari aliran darah Anda ke sel-sel Anda lebih efisien. Ditambah dengan efek penurun gula darah potensial puasa, ini bisa membantu menjaga gula darah Anda stabil, mencegah lonjakan dan menabrak kadar gula darah Anda.

Menurut Dr. Razeen Mahroof dalam artikel Agustus 2010 untuk "Arab News,"Ketika Anda menghabiskan berjam-jam tanpa makan, gula darah Anda turun. Tubuh akan menggunakan glukosa yang disimpan untuk energi saat Anda berpuasa.

3 dari 7 halaman

Memerangi Peradangan

Sementara peradangan akut adalah proses kekebalan normal yang digunakan untuk membantu melawan infeksi, peradangan kronis dapat memiliki konsekuensi serius bagi kesehatan. Penelitian menunjukkan bahwa peradangan mungkin terlibat dalam perkembangan kondisi kronis, seperti penyakit jantung, kanker dan rheumatoid arthritis.

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa puasa dapat membantu mengurangi tingkat peradangan dan membantu meningkatkan kesehatan. Satu penelitian pada 50 orang dewasa yang sehat menunjukkan bahwa puasa selama satu bulan secara signifikan menurunkan tingkat penanda inflamasi.

Studi kecil lain menemukan efek yang sama ketika orang berpuasa selama 12 jam sehari selama satu bulan. Terlebih lagi, satu penelitian pada hewan menemukan bahwa mengikuti diet yang sangat rendah kalori untuk meniru efek puasa mengurangi tingkat peradangan dan bermanfaat dalam pengobatan multiple sclerosis, kondisi peradangan kronis.

4 dari 7 halaman

Meningkatkan Kesehatan Jantung dengan Menstabilkan Tekanan Darah, Trigliserida dan Tingkat Kolesterol

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa memasukkan puasa ke dalam rutinitas, sangat bermanfaat dalam hal kesehatan jantung. Satu studi kecil mengungkapkan bahwa puasa delapan minggu bergantian mengurangi kadar kolesterol jahat dan trigliserida "jahat" LDL masing-masing sebesar 25% dan 32%.

Studi lain pada 110 orang dewasa yang gemuk menunjukkan bahwa puasa selama tiga minggu di bawah pengawasan medis secara signifikan menurunkan tekanan darah, serta kadar trigliserida darah, kolesterol total dan kolesterol LDL "buruk".

Selain itu, satu penelitian pada 4.629 orang, menghubungkan puasa dengan risiko penyakit arteri koroner yang lebih rendah, serta risiko diabetes yang secara signifikan lebih rendah, yang merupakan faktor risiko utama penyakit jantung.

5 dari 7 halaman

Dapat Meningkatkan Fungsi Otak dan Mencegah Gangguan Neurodegeneratif

Meskipun penelitian sebagian besar terbatas pada penelitian pada hewan, beberapa penelitian telah menemukan bahwa puasa dapat memiliki efek yang kuat pada kesehatan otak.

Satu studi pada tikus menunjukkan bahwa mempraktikkan puasa intermiten selama 11 bulan meningkatkan fungsi otak dan struktur otak. Penelitian pada hewan lain telah melaporkan bahwa puasa dapat melindungi kesehatan otak dan meningkatkan pembentukan sel-sel saraf untuk membantu meningkatkan fungsi kognitif. Namun, studi lebih lanjut diperlukan untuk mengevaluasi efek puasa pada fungsi otak pada manusia.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan di AS menemukan bahwa fokus mental yang dicapai selama bulan Ramadhan meningkatkan tingkat faktor neurotropik yang diturunkan dari otak, yang menyebabkan tubuh memproduksi lebih banyak sel otak, sehingga meningkatkan fungsi otak.

Demikian juga, pengurangan yang jelas dalam jumlah hormon kortisol, yang diproduksi oleh kelenjar adrenal, berarti bahwa tingkat stres sangat berkurang baik selama dan setelah Ramadan.

6 dari 7 halaman

Membantu Penurunan Berat Badan dan Meningkatkan Metabolisme

Beberapa penelitian menemukan bahwa puasa jangka pendek dapat meningkatkan metabolisme dengan meningkatkan kadar neurotransmitter norepinefrin, yang dapat meningkatkan penurunan berat badan.

Bahkan, satu ulasan menunjukkan bahwa puasa sepanjang hari dapat mengurangi berat badan hingga 9% dan secara signifikan mengurangi lemak tubuh selama 12-24 minggu.

Selain itu, puasa ternyata lebih efektif daripada pembatasan kalori dalam meningkatkan kehilangan lemak sekaligus menjaga jaringan otot. Namun, untuk mendapatkan manfaat penurunan berat badan dari puasa Ramadan, diperlukan konsumsi makanan sehat selama puasa.

7 dari 7 halaman

Belajar Kebiasaan Sehat

Jika Anda terbiasa makan banyak makanan manis dalam kehidupan sehari-hari, Ramadhan juga bisa menjadi saat yang tepat untuk menghentikan kebiasaan itu. Saat matahari terbenam, Anda dapat memilih untuk memberi makan tubuh Anda dengan makanan yang diubah menjadi glukosa secara perlahan seperti biji-bijian dan makanan berserat tinggi lainnya.

Perubahan ini memiliki manfaat ganda. Yang paling jelas adalah bahwa Anda akan makan makanan sehat yang kaya nutrisi dan rendah kalori. Manfaat lainnya adalah Anda tidak akan terlalu lapar di siang hari, saat berpuasa. Makanan yang membutuhkan waktu untuk diubah menjadi glukosa akan membuat Anda tetap berenergi selama berjam-jam dan akan membantu mengendalikan rasa lapar di siang hari.

 

Keuntungan tambahan

Bergantung pada seperti apa pola makan "normal" Anda, Ramadhan bisa menjadi waktu untuk mengurangi lemak, yang dapat membantu menurunkan kolesterol Anda. Agar itu berhasil, Anda harus melewatkan makan makanan tinggi lemak di malam hari dan sebagai gantinya mencari protein tanpa lemak yang lebih sehat dan hidangan yang tidak digoreng.

Karena Anda berpuasa selama berjam-jam, Anda juga disarankan untuk makan lebih sedikit natrium, yang bisa membantu Anda mengurangi tekanan darah. Sebuah tinjauan dalam "Nutrition Journal" edisi 2010 menyatakan bahwa meskipun konsensus umum puasa selama Ramadan tidak memiliki konsekuensi kesehatan yang negatif, tampaknya ada asupan lemak trans yang lebih besar selama makan malam. Jika Anda merayakan Ramadhan, pilihlah potongan daging dengan kandungan lemak sehat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.