Sukses

Kakek 93 Tahun Asal Ambon Berangkat Haji

Sementara calon haji termuda dari Kota Ambon berusia 29 tahun.

Liputan6.com, Jakarta - Jemaah haji tertua dari Kota Ambon, Maluku yang berangkat ke Tanah Suci tahun ini berusia 93 tahun. Dia adalah Mahani Niapele Binti Ahmad Niapele. Sementara calon haji termuda dari kota itu berusia 29 tahun.

"Calon haji termuda yakni Hapida Binti Daeng Surung berusia 29 tahun," kata Kepala Kantor Kementerian Agama kota Ambon, Hanafi Kasim di Ambon, Maluku, seperti dikutip dari Antara Selasa 16 Agustus 2016.

Ia mengatakan, jemaah calon haji (JCH) Kota Ambon yang akan berangkat sebanyak 238 orang. Ditambah lima petugas tim pendamping jemaah haji (TPHD) Maluku. Jumlah 238 tersebut berdasarkan jenis kelamin yakni laki-laki sebanyak 96 orang dan 142 lainnya perempuan.

Sedangkan jenjang pendidikan Sekolah Dasar (SD) 94 orang, Sekolah Menengah Pertama (SMP) 30 orang, SLTA 66 orang, Strata satu (S1) 40 orang, Strata dua (S2) enam orang dan Strata tiga (S3) dua orang.

"Dengan demikian jumlah JCH yang akan berangkat tahun 2016 sebanyak 243 termasuk petugas pendamping jamaah," ujar Hanafi.

Dia menyatakan, JCH terbagi menjadi enam rombongan dan 22 regu. Semuanya tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) 12 yang akan berangkat pada 23 Agustus 2016 menuju embarkasi Makassar.

JCH asal Kota Ambon ini akan menggunakan jasa penerbangan Garuda Indonesia menuju embarkasi Makassar pada pukul 06.45 WIT.

Selanjutnya rombongan akan bertolak dari embarkasi Makassar menuju Jeddah pada 25 Agustus 2016 dengan jasa penerbangan Garuda pukul 23.25 WITA. "JCH kota Ambon akan bergabung dengan JCH Seram Bagian Barat (SBB), Seram Bagian Timur (SBT), Maluku Tenggara, kota Tual, Kepulauan Aru, dan Maluku Tenggara Barat," ujar Hanafi.

Seluruh jemaah telah memiliki paspor dan disampaikan ke Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Wilayah Kementerian Agama Maluku.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.