Sukses

VIDEO: 10 Persen Jemaah Haji Asal Sleman Berisiko Tinggi

Dari total 992 calon jemaah asal Sleman, 10 persennya tercatat sebagai jemaah berisiko tinggi.

Liputan6.com, Sleman - Calon jemaah haji kloter pertama embarkasi DKI Jakarta mulai dikarantina sejak Senin kemarin, 8 Agustus 2016. Rencananya hari Selasa ini 388 jemaah akan diberangkatkan ke Arab Saudi.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Selasa (9/8/2016), total ada 17.584 calon jemaah haji yang akan diberangkatkan dari embarkasi ini. Jumlah tersebut terbagi dalam 46 kloter. Pemberangkatan ini dimulai dari 8 Agustus hingga 5 September mendatang.

Di embarkasi Jakarta, para calon jemaah akan mendapat fasilitas memadai. Seperti tempat tidur nyaman, pendingin ruangan, kamar yang luas serta televisi di setiap kamar.

Selain mendapat perbekalan berupa uang 1.500 riyal dan obat-obatan, para jemaah haji juga mendapatkan bimbingan manasik haji terakhir di Asrama Pondok Gede ini.

Sementara di Sleman, Yogyakarta, puluhan calon jemaah haji lanjut usia tetap semangat untuk mengikuti setiap tahapan persiapan haji. Para lansia itu menghadiri acara Pamitan Haji di Rumah Dinas Bupati Sleman, Senin siang.

Tahun ini, dari total 992 calon jemaah asal Sleman, 10 persennya tercatat sebagai jemaah berisiko tinggi. Selain faktor usia, yaitu sudah di atas 60 tahun, mereka juga diketahui menderita sejumlah penyakit. Hal ini membuat para calon jemaah haji ini perlu obat-obatan dan penanganan khusus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.