Sukses

Kloter Pertama Haji dari Jakarta Terbang ke Arab Saudi Pagi Ini

Lukman menyampaikan, pelayanan untuk jemaah haji tahun ini lebih baik.

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 393 jemaah haji Embarkasi Jakarta dari Asrama Haji Pondok Gede diberangkatkan ke Arab Saudi. Kloter pertama jemaah haji dari Jakarta itu diberangkatkan melalui Bandara Halim Perdanakusuma pagi ini pukul 08.00 WIB.

Acara pemberangkatan kloter pertama jemaah haji dari Jakarta di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur Selasa (9/8/2016) ini dihadiri oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Menteri Kesehatan Nila F Moeloek, Direktur Maskapai Garuda Indonesia, serta Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kementerian Agama.

Lukman menyampaikan, pelayanan untuk calon jemaah haji tahun ini lebih baik. Kementerian Agama menyediakan menu makanan yang bergizi. Para jemaah akan diberi makanan sebanyak dua kali sehari selama berada di tanah suci.

"Untuk tahun ini diberlakukan pemberian makan selama jemaah berada di Mekah sebanyak 24 kali. Tahun-tahun sebelumnya tidak pernah. Baru tahun ini," ungkap Lukman.

Selain itu, transportasi jemaah selama di Arab Saudi juga meningkat. "Khususnya untuk melayani rute Madinah menuju Mekah dan sebaliknya. Masalah transportasi seperti AC bus yang tidak berfungsi dan sebagainya, insya Allah pada tahun ini itu semua sudah tidak ada," jelas Lukman.

Jemaah haji pada kelompok terbang (kloter) 1 mulai masuk asrama haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Senin, 8 Agustus.

Sembilan embarkasi akan memberangkatkan jemaah kloter pertama pada 9 Agustus 2016. Di antara yang akan berangkat pada kloter pertama adalah embarkasi Padang pukul 06.25 WIB, Jakarta-Pondok Gede pukul 08.15 WIB, Jakarta-Bekasi pukul 10.30 WIB, Batam pukul 09.30 WIB, Makassar pukul 09.40 Wita, Surabaya pukul 10.30 WIB, Medan pukul 12.30 WIB, Solo pada pukul 16.40 WIB, dan Banjarmasin pada pukul 23.30 Wita.

Sementara itu, tiga embarkasi baru akan memberangkatkan jemaah haji pada 10 Agustus, yaitu Balikpapan pada pukul 01.25 Wita, Palembang pada pukul 08.30 WIB, dan Aceh pada pukul 19.20 WIB. (Linus Sandi Satya)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini