Sukses

Jemaah An-Nadzir di Sulsel ‎Mulai Puasa 6 Juni

Jemaah yang identik dengan rambut gondrong pirang ‎dan jubah hitam itu masih memanfaatkan alam untuk penentu jatuhnya awal puasa.

Liputan6.com, Makassar - Kelompok An-Nad‎zir yang bermukim di Kelurahan Mawang, Kecamatan Bonto Rannu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan mengisyaratkan mulai berpuasa, Senin 6 Juni 2016. Demikian diungkapkan Lukman selaku pimpinan jemaah An-Nadzir.

"Kemunginan kita berpuasa itu Senin 6 Juni 2016. Apakah paginya atau siang nanti," ucap Lukman saat dihubungi via telepon, Kamis 1 Juni 2016.

Kelompok An-Nadzir kerap berbeda penentuan 1 Ramadan dengan pemerintah. Mereka biasanya melaksanakan puasa lebih cepat. Namun, ada kemungkinan pelaksanaan puasa 2016 berbarengan dengan penetapan pemerintah.

Walaupun, pihaknya melihat ada tanda-tanda pergantian bulan di Sabtu dan Minggu.

"Tanda-tanda pergantian bulan kita melihatnya juga ada di hari Sabtu atau Minggu. Tapi kemungkinan besar itu Senin 6 Juni 2016 awal puasa. Lengkapnya nanti kami umumkan ya karena sampai saat ini kita masih memantau perkembangan alam," ujar Lukman.

Selama ini, jemaah yang identik dengan rambut gondrong pirang ‎dan berjubah hitam tersebut masih memanfaatkan alam untuk penentu jatuhnya awal puasa. Salah satu caranya dengan melihat adanya perubahan pada air pasang serta metode rukyat.

"Tradisi ini masih kami jaga sebagaimana telah dilakukan oleh para pendahulu di zaman nabi," kata Lukman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini