Sukses

Rieke: Secara de Facto, Jokowi Sudah Jadi Presiden Rakyat

Dia juga mengingatkan agar relawan tetap mengawal hasil pesta rakyat ini.

Liputan6.com, Jakarta - Hasil hitung cepat (quick count) yang dilakukan sejumlah lembaga survei ternama memperlihatkan pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla lebih unggul. Kubu pasangan Jokowi-JK ramai merayakan kemenangan sementara ini.  

Salah satu perayaan terlihat di markas relawan Jokowi, Cokro 100, yang berlokasi di kawasan Menteng, Jakarta Pusat. Timses Jokowi-JK, Rieke Diah Pitaloka mengambil waktu untuk berorasi di hadapan ratusan pendukung pasangan capres dan cawapres nomor urut 2 itu.

"Secara de facto Jokowi sudah jadi Presiden Rakyat. Tapi kita ingin Jokowi menang secara de jure dan sah secara hukum," kata Rieke di Markas Relawan Jokowi-JK, Cokro 100. Ia juga mengingatkan agar relawan tetap mengawal hasil pesta rakyat ini.

Selain artis yang dikenal sebagai 'Oneng' itu, terlihat juga beberapa artis pendukung Jokowi seperti Sys NS, Dedi 'Miing' Gumilar dan artis gaek Roy Marten.

Berdasarkan hasil quick count Litbang Kompas dengan suara masuk mencapai 91,70%, Prabowo-Hatta memperoleh 47,88%, sedangkan Jokowi-JK 52,12%.

Dalam pidatonya, capres Prabowo Subianto mengatakan akan menentukan posisi setelah mengetahui hasil penghitungan resmi KPU. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.