Sukses

Pesta Rakyat Prabowo Vs Jokowi

Liputan6.com, Jakarta - Oleh: Julian Edward, Hanz Jimenez Salim, Rahmat Hidayat, Rizky Aditya Saputra, Bima Firmansyah, Edhie Prayitno Ige, Andi Muttya Keteng , Tanti Yulianingsih

Kampanye akbar jelang debat calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) jilid 5 bertema 'Pangan, Energi, dan Lingkungan' yang digelar Sabtu malam, diadakan pesta rakyat dihibur para artis. Pasangan Joko Widodo dan Jusuf Kalla mengadakannya di Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat. Sementara. Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa menghelatnya di beberapa tempat di daerah.

'Bintang' artis pun bertaburan di kedua pesta rakyat tersebut. Mulai dari para penyanyi, seniman, hingga pemain film turut serta dalam konser yang digagas masing-masing calon kedua kubu capres-cawapres.

Pada konser gratis 'Salam 2 Jari' dari pasangan capres-cawapres kubu nomor urut 2 itu, ratusan musisi, seniman, dan artis Ibukota turut memeriahkan. Ada rocker, penyanyi dangdut, sutradara, penulis, hingga komedian tunggal.

Seniman lokal yang terlibat dalam konser ini yakni Ian Antono, /rif, Koil, Krisdayanti, Erwin Gutawa, Nia Dinata, Navicula, Barry Likumahuwa, Stereocase, Setiawan Djody, Superglad, Mira Lesmana, Butet Kartaredjasa, Once, Happy Salma, Cinta Laura, Ayu Utami, Inul Daratista.

Puluhan artis Nagaswara Record seperti Wali, Kerispatih, Zaskia Gotik, Siti Badriah, Fitri Carlina, Delon dan sebagainya juga akan bergabung.

Selain itu, ada pula sejumlah insan film seperti Nia Dinata, Mira Lesmana, Slamet Rahardjo, Joko Anwar, Jajang C Noer, Happy Salma, dan lain-lain juga akan bergabung dengan para artis lainnya.Jokowi pun datang dalam acara tersebut, meski tanpa kehadiran Jusuf Kalla.

Untuk menjaga suasana tetap kondusif, Slank yang menjadi motor penggerak konser juga menerjunkan ratusan Bidadari Penyelamat.

Slank yang menjadi motor utama dalam Konser 2 Jari itu sebelumnya juga mengundang para pendukung Prabowo Subianto untuk hadir.

Selain itu, Yuni Shara juga rela sumbang suara gratis demi pria yang akrab disapa Jokowi tersebut.

Massa yang hadir tampak menyemut baik di dalam maupun di luar stadion. Bus-bus yang mengantar mereka pun berbaris di sekitaran Senayan. Macet di kawasan Senayan pun tak terelakkan.

Sebelumnya pada 4 Juli, sudah digelar kampanye dukungan terhadap Jokowi-JK di Lapangan Dadaha, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat. Band yang turut serta dalam acara untuk menghibur massa simpatisan Jokowi asal Tasikmalaya dan Ciamis adalah Wali.

Setelah beberapa kota di Pulau Jawa, grup band Wali akhirnya menggelar Konser Salam 2 Jari di Lapangan Irekap, Depok, Jawa Barat. Di hadapan penonton, Faank (vokal), Apoy (gitar), Tomi (drum) dan Ovie (keyboard) membeberkan kriteria presiden idaman. "Kami kasih pesan ke masyarakat agar pilih pemimpin yang takut sama Allah. Lalu yang paling penting jangan golput," kata sang gitaris, Apoy.

Sedangkan Slank menggelar konser kampanyenya di lapangan Jurong, Kawasan Jababeka, Kecamatan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Juga di Bogor.

Sementara itu, kubu pasangan capres dan cawapres nomor urut 1 Prabowo Subianto-Hatta Rajasa pun tak mau kalah menggelar panggung bertabur artis di hari terakhir kampanye ini. Salah satunya digelar di Lapangan Simpanglima, Semarang, Jawa Tengah.

Artis yang turut serta adalah Anang dan duet penyanyi The Virgin. Mereka juga mengimbau warga Semarang untuk memilih Prabowo-Hatta yang dinilai memiliki jiwa kepemimpinan.

Pasangan Prabowo-Hatta juga berkesempatan menonton seniman asal Tripoli Maher Zain di Istora Senayan. Penyanyi asal Tripoli itu juga sukses membuat pasangan cawapres Hatta itu bergoyang.

Bahkan Prabowo juga disebut-sebut bergoyang telunjuk, diiringi lantunan suara merdu Maher Zain.

Usai kampanye terakhir itu, debat terakhir capres dan cawapres jilid 5 pamungkas digelar di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan. Debat yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) ini dimulai sekitar pukul 20.30 WIB. Adapun tema debat capres kali ini yaitu Energi, Pangan dan Lingkungan Hidup. Dengan moderator Rektor Universitas Diponegoro (Undip) Sudharto P Hadi.

Acara debat selesai sekitar pukul 23. 15 WIB. Setelah debat, mulai 6 hingga 8 Juli, tahapan Pilpres 2014 akan memasuki masa tenang. Pada masa itu, semua pihak dilarang berkampanye. (Ans)

Loading
Artikel Selanjutnya
Panas Dingin Bursa Ketua Umum Beringin
Artikel Selanjutnya
Misteri Kematian Hakim PN Medan yang Tewas di Jurang