Sukses

Cari Rekan Koalisi, Prabowo Terus Berkomunikasi dengan SBY

Komunikasi yang dijalin masih sebatas pembicaraan via telepon. Belum ada pertemuan langsung 2 petinggi partai itu dalam waktu dekat.

Liputan6.com, Jakarta - Partai Gerindra sejauh ini belum mendapatkan mitra koalisi. Namun, Wakil Ketua Umum Gerindra Fadli Zon menegaskan Ketua Dewan Pembina Gerindra, Prabowo Subianto tengah intens melakukan komunikasi dengan sejumlah petinggi parpol, salah satunya dengan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono.

"Melalui telepon sudah. Tetap kita terus berkomunikasi karena SBY baru menyelesaikan konvensi," ujar Fadli Zon usai pengukuhan Jenderal (Purn.) AM Hendropriyono sebagai Guru Besar Bidang Intelijen di Balai Kartini, Jakarta, Rabu (7/5/2014).

Fadli mengaku komunikasi yang dijalin masih sebatas pembicaraan via telepon. Belum ada pertemuan langsung antara 2 petinggi partai itu dalam waktu dekat.

Tak jauh beda dengan Gerindra, Partai Demokrat hingga kini juga belum menentukan arah koalisinya dalam Pilpres 2014. Ketua Umum Partai Demokrat SBY mengungkapkan 2 tantangan kenapa partainya belum juga mengambil keputusan untuk berkoalisi atau menjadi oposisi.

"Ada tantangan, meski dukungan rakyat tinggi, suara Demokrat dalam pemilu tidak terlalu tinggi, hanya sekitar 10 persen. Maka Demokrat tidak bisa mencalonkan," kata SBY dikutip dari akun Youtube Suara Demokrat.

Tantangan kedua, sambung SBY, partainya sudah melakukan konvensi, "Dan manakala hasil survei nanti tidak ada peserta konvensi yang elektabilitasnya tinggi dan tidak bisa bersaing dengan capres papan atas, dan jika kami miliki calon yang baik, suatu saat Demokrat membangun koalisi dengan partai lain. Itu bisa."

Menurut SBY, ada sejumlah opsi yang bisa diambil Partai Demokrat untuk dapat bertarung dalam pilpres. "Bisa calonkan sendiri, dukung calon lain, dan nanti ada opsi lain, kita tunggu satu, dua minggu mendatang," pungkas SBY. (Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini