Sukses

Marwan Jafar: PKB Solid Berkoalisi dengan PDIP

"PKB di bawah Ketum Muhaimin Iskandar solid, jelas, dukung koalisi dengan PDIP," tegas Marwan.

Liputan6.com, Surabaya - Dalam safari politik ke Jawa Timur, capres dari PDIP Jokowi didampingi 2 politisi PKB, Ketua DPP PKB Marwan Jafar dan Wasekjen PKB Fathan Subchi. PKB pun telah menyatakan berkoalisi dengan PDIP.

"Sebetulnya dengan kehadiran saya di sini, secara tidak langsung telah diputuskan bahwa memang kami berkoalisi dengan PDIP," ujar Marwan di Surabaya, Sabtu (3/5/2014).

Alasan PKB berlabuh ke pangkuan PDIP, ungkapnya, karena adanya persamaan visi-misi bangsa ke depan seperti apa. Persamaan itu sudah diskusikan bersama baik di internal PKB maupun PDIP.

"Soal nama cawapres kami serahkan kepada pemimpin koalisi dan kepada capres. Tentu nanti pemimpin koalisi dan capres akan mengonfirmasi kepada PKB siapa yang akan ditunjuk sebagai cawapres," kata dia.

Menurutnya, koalisi yang dijalin PKB dan PDIP tidak berbicara tentang politik bagi-bagi kekuasaan atau transaksional. "Kami lebih berkoalisi pada program berbasis visi dan berbasis orientasi ke depan lebih baik."

Secara teknis, menurutnya, kontrak politik antara PKB dan PDIP belum dilakukan. Namun, secara prinsip koalisi mendukung Jokowi sebagai capres telah sepakat.

"Secara formal tentu ada tanda tangan tertulis yang harus dilakukan. Ini yang semuanya belum ada. Tanda tangan tertulis nanti kan semua sama-sama ke KPU. Secara prinsip saya kira sudah (berkoalisi)," beber Marwan.

"PKB di bawah Ketum Muhaimin Iskandar solid, jelas, dukung koalisi dengan PDIP," tegas Marwan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini