Sukses

Biaya Admin Tahapan Xpresi BCA, Pahami Syarat dan Limit Transaksinya

Keunikan Tahapan Xpresi BCA terletak pada fitur desain kustom pada kartu ATM-nya, yang memungkinkan nasabah untuk memilih tampilan kartu sesuai dengan preferensi pribadi mereka.

Liputan6.com, Jakarta Tahapan Xpresi BCA adalah produk tabungan yang ditawarkan oleh Bank Central Asia (BCA), salah satu bank swasta terbesar di Indonesia. Produk ini secara khusus dirancang untuk memenuhi kebutuhan kaum muda dalam menyimpan uang.

Keunikan Tahapan Xpresi BCA terletak pada fitur desain kustom pada kartu ATM-nya, yang memungkinkan nasabah untuk memilih tampilan kartu sesuai dengan preferensi pribadi mereka. Ini menjadi daya tarik tersendiri bagi target pasar yang berusia muda, yang cenderung mencari produk yang tidak hanya fungsional tetapi juga memiliki nilai estetika dan personalisasi.

Sebagai pengembangan dari produk tabungan Tahapan BCA, Tahapan Xpresi BCA mempertahankan fungsi dasar sebagai tempat penyimpanan uang namun dengan penekanan pada gaya dan fleksibilitas yang lebih modern. Hal ini membuat Tahapan Xpresi BCA tidak hanya berfungsi sebagai alat keuangan, tetapi juga sebagai bagian dari gaya hidup kaum muda masa kini. Berikut ulasan lebih lanjut tentang tahapan Xpresi BCA yang Liputan6.com, Selasa (18/6/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Syarat Membuka Rekening Tahapan Xpresi BCA

Untuk membuka rekening Tahapan Xpresi BCA, ada beberapa syarat yang perlu dipenuhi, berikut diantaranya.

  1. Calon nasabah perlu membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga sebagai bukti identitas saat melakukan pembukaan rekening.
  2. Diperlukan setoran awal minimal sebesar Rp 50.000, yang terdiri dari biaya pembuatan kartu ATM sebesar Rp 25.000 dan setoran awal sebesar Rp 25.000. Setoran ini merupakan modal awal yang akan masuk ke dalam rekening Tahapan Xpresi BCA.
  3. Calon nasabah juga perlu memiliki nomor telepon seluler yang aktif untuk digunakan dalam layanan BCA Mobile. Nomor telepon ini akan digunakan untuk melakukan berbagai transaksi perbankan melalui aplikasi BCA Mobile.

Setelah memenuhi syarat-syarat tersebut, nasabah dapat menikmati berbagai manfaat yang ditawarkan oleh Tahapan Xpresi BCA. Dengan syarat yang relatif mudah dipenuhi dan manfaat yang ditawarkan, Tahapan Xpresi BCA menjadi pilihan menarik bagi para pemula yang ingin memulai perjalanan perbankan mereka dengan salah satu bank terkemuka di Indonesia.

Biaya Admin dan Bunga Tahapan Xpresi BCA

Biaya dan bunga yang terkait dengan Tahapan Xpresi BCA per April 2024 adalah sebagai berikut.

Biaya Admin Bulanan

Setiap pemegang Tahapan Xpresi BCA akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp 10.000 per bulan. Biaya ini merupakan biaya rutin yang perlu diperhatikan oleh nasabah.

Pajak Bunga

Pajak bunga sebesar 20% akan dikenakan pada bunga yang diperoleh oleh nasabah dari saldo tabungan mereka. Hal ini merupakan kewajiban perpajakan yang harus dipenuhi oleh nasabah sesuai dengan peraturan perpajakan yang berlaku.

Suku Bunga

Suku bunga yang diberikan oleh Tahapan Xpresi BCA tergantung pada besaran saldo tabungan nasabah.

  • Saldo kurang dari Rp 1 juta: Tidak dikenakan suku bunga (0%).
  • Saldo lebih dari Rp 1 juta: Diberikan suku bunga sebesar 0,03%. Suku bunga ini merupakan imbalan yang diberikan oleh bank kepada nasabah atas simpanan yang mereka miliki.

Biaya Penutupan Rekening

Biaya penutupan rekening Tahapan Xpresi BCA adalah sebesar Rp 10.000. Biaya ini akan dikenakan jika nasabah memutuskan untuk menutup rekening mereka.

Biaya Kartu Baru atau Hilang

Biaya untuk penggantian kartu ATM baru atau yang hilang adalah sebesar Rp 25.000. Nasabah perlu memperhatikan keamanan kartu ATM mereka dan melaporkan segera jika kartu hilang atau dicuri.

Selain biaya dan bunga yang telah disebutkan, perlu diperhatikan bahwa mulai dari 5 Juli 2024, merchant akan mengenakan biaya administrasi sebesar 4.000 rupiah kepada nasabah atas transaksi tarik tunai yang dilakukan melalui Kartu Debit BCA di EDC BCA di lokasi tertentu. 

3 dari 4 halaman

Limit Transaksi Tahapan Xpresi BCA

Limit transaksi Tahapan Xpresi BCA mengacu pada batasan-batasan yang diberlakukan untuk berbagai jenis layanan perbankan yang tersedia. Berikut adalah ulasan mengenai limit transaksi Tahapan Xpresi BCA .

  1. Tarik Tunai lewat ATM BCA: Nasabah dapat melakukan tarik tunai maksimal sebesar Rp 10.000.000 melalui mesin ATM BCA.
  2. Setoran Tunai: Batas setoran tunai adalah sebesar Rp 30.000.000. Jumlah ini mencakup transaksi setoran langsung ke rekening Tahapan Xpresi BCA secara tunai.
  3. Transfer ke Sesama BCA di ATM: Nasabah dapat mentransfer dana maksimal Rp 50.000.000 ke rekening sesama BCA melalui mesin ATM BCA.
  4. Transfer Valuta Asing: Batas transfer valuta asing adalah Rp 50.000.000. Ini mencakup transaksi konversi mata uang asing ke dalam mata uang rupiah atau sebaliknya.
  5. Transfer Antar-Bank di ATM BCA: Nasabah dapat mentransfer dana maksimal Rp 20.000.000 ke rekening bank lain melalui mesin ATM BCA.
  6. Transaksi di EDC: Batas transaksi di Electronic Data Capture (EDC) adalah Rp 50.000.000. Ini termasuk transaksi pembayaran menggunakan Kartu Debit BCA di merchant atau pedagang yang memiliki mesin EDC.
  7. Debit Contactless tanpa PIN: Batas transaksi tanpa PIN menggunakan fitur Debit Contactless adalah Rp 1.000.000. Transaksi ini dilakukan dengan mendekatkan kartu ke mesin pembayaran yang mendukung teknologi contactless.
  8. Transfer Antar-Rekening BCA di Mobile Banking: Nasabah dapat mentransfer dana maksimal Rp 50.000.000 ke rekening BCA lainnya melalui layanan Mobile Banking BCA.
  9. Transfer Antar-Bank di Mobile Banking: Batas transfer antar-bank melalui Mobile Banking BCA adalah Rp 20.000.000. Ini mencakup transaksi transfer dana ke rekening bank lain yang bukan BCA.
  10. MyBCA ke Milik Sendiri: Transaksi antara akun MyBCA ke rekening yang dimiliki sendiri tidak dibatasi oleh limit tertentu.

Batasan-batasan ini bertujuan untuk mengontrol dan memastikan keamanan serta kenyamanan dalam melakukan transaksi perbankan bagi nasabah Tahapan Xpresi BCA. 

4 dari 4 halaman

Langkah Membuka Tahapan Xpresi BCA

Untuk membuka rekening Tahapan Xpresi BCA, berikut adalah langkah-langkah yang dapat diikuti.

  1. Langkah pertama adalah mengunjungi kantor cabang BCA yang terdekat dengan lokasi Anda.
  2. Setelah tiba di kantor cabang, cari loket nomor antrean pada bagian Customer Service dan antri hingga dipanggil oleh petugas.
  3. Ketika dipanggil, ungkapkan niat Anda untuk membuka rekening Tahapan Xpresi BCA kepada petugas Customer Service.
  4. Selanjutnya, Anda akan diminta untuk mengisi formulir pendaftaran yang diperlukan oleh bank. Formulir ini berisi informasi pribadi Anda dan detail rekening yang ingin dibuka.
  5. Sertakan dokumen syarat seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga sebagai bukti identitas kepada petugas.
  6. Lakukan setoran awal sebesar Rp 50.000 ke petugas sebagai modal awal untuk rekening Tahapan Xpresi BCA Anda.
  7. Tunggu proses pengajuan kartu ATM BCA Anda diproses oleh petugas. Kartu ATM ini akan menjadi akses utama Anda untuk melakukan berbagai transaksi perbankan.
  8. Setelah proses tersebut selesai, Anda akan memiliki rekening Tahapan Xpresi BCA yang siap digunakan. Penting untuk dicatat bahwa nasabah Tahapan Xpresi BCA tidak akan mendapatkan buku tabungan fisik. Cek mutasi dan transaksi perbankan lainnya dapat dilakukan melalui layanan BCA Mobile yang dapat diakses melalui perangkat ponsel Anda. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini