Sukses

10 Cara Melihat Sandi WiFi di HP Android dan iPhone, Praktis dan Mudah

Cara melihat sandi WiFi di HP merupakan hal yang sangat penting dalam era digital saat ini. Semua orang pasti ingin terhubung dengan jaringan internet di mana pun mereka berada, terutama saat menggunakan ponsel.

Liputan6.com, Jakarta Cara melihat sandi WiFi di HP merupakan hal yang sangat penting dalam era digital saat ini. Semua orang pasti ingin terhubung dengan jaringan internet di mana pun mereka berada, terutama saat menggunakan ponsel. Dengan mengetahui sandi WiFi, kita dapat terhubung ke jaringan tersebut dan mengoperasikan ponsel untuk berbagai keperluan, seperti membuka aplikasi yang membutuhkan akses internet, browsing, mengirim pesan, melakukan panggilan video, dan masih banyak lagi.

Bagi pemilik ponsel Android, terdapat beberapa cara praktis untuk melihat sandi WiFi di HP. Salah satunya adalah dengan menggunakan fitur "sambungkan secara otomatis" yang ada pada ponsel. Fitur ini akan secara otomatis menyimpan sandi WiFi saat kita menghubungkan ponsel dengan jaringan tersebut. Kita bisa langsung melihatnya dengan membuka pengaturan WiFi pada ponsel.

Hanya saja, tidak setiap sandi WiFi terutama yang dapat kita temukan di ruang publik diberikan secara terbuka untuk semua orang. Meski demikian, ada sejumlah cara melihat sandi WiFi dengan HP. Berikut adalah sejumlah cara melihat sandi WiFi di HP, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (13/6/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Cara Melihat Sandi WiFi di HP Android

Untuk melihat sandi WiFi di HP Android, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Masuk ke menu Settings di HP Anda.

2. Klik Network & Internet.

3. Pilih Internet.

4. Cari jaringan WiFi yang ingin Anda ketahui passwordnya.

5. Di sebelah jaringan WiFi tersebut, Anda akan melihat ikon gear yang merupakan tanda pengaturan.

6. Pilih tombol Share yang berbentuk ikon kode QR.

7. Anda akan diminta untuk mengonfirmasi kode buka kunci.

8. Setelah mengonfirmasi, Anda dapat memindai kode QR yang muncul atau menyalin dan menempelkan password WiFi di bawahnya.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat dengan mudah melihat password WiFi yang tersimpan di ponsel Android Anda. Penting untuk menggunakan informasi ini dengan bijak dan memastikan Anda memiliki hak akses yang sah untuk menggunakan jaringan WiFi yang dimaksud. Selalu ingat untuk menjaga keamanan dan privasi Anda saat menggunakan jaringan WiFi.

Cara Melihat Sandi WiFi di HP Android 6 hingga 9

Melihat sandi WiFi yang tersimpan di HP Android 6 hingga 9 dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi WiFi Password Recovery yang bisa diunduh dan diinstal melalui Google Play Store. Namun, perlu diperhatikan bahwa aplikasi ini membutuhkan akses 'root' untuk dapat berfungsi dengan baik. Berikut adalah langkah-langkah untuk melihat sandi WiFi di HP Android 6 hingga 9:

1. Unduh dan instal aplikasi WiFi Password Recovery dari Google Play Store.

2. Setelah berhasil diinstal, jalankan aplikasi dengan menekan tombol "Grant" untuk memberikan izin akses 'root'.

3. Setelah itu, aplikasi akan menampilkan informasi tentang jaringan WiFi yang pernah terhubung dengan HP Android Anda.

4. Cari nama WiFi yang ingin Anda lihat sandinya dalam daftar yang ditampilkan.

5. Di kolom "PASS", Anda akan melihat sandi dari jaringan WiFi yang dipilih.

Namun, penting untuk diingat bahwa fitur ini hanya berfungsi pada smartphone Android versi 6 hingga 9. Android 9 ke bawah tidak dapat menghasilkan kode QR dari sandi WiFi yang telah disimpan sebelumnya. Selain itu, akses 'root' sulit dilakukan pada smartphone Android terbaru mulai dari Android 5, karena peningkatan keamanan yang dilakukan oleh Google pada sistem operasi Android. Hal ini dikarenakan smartphone tidak hanya digunakan untuk berkomunikasi, tetapi juga untuk transaksi yang memerlukan verifikasi data penting. Dengan demikian, pengguna perlu mempertimbangkan keamanan dan risiko sebelum menggunakan aplikasi ini.

 

3 dari 6 halaman

Cara Melihat Sandi WiFi di HP Samsung

Cara Melihat Sandi WiFi di HP Samsung adalah cukup mudah dan dapat dilakukan dengan beberapa langkah berikut:

1. Sambungkan HP Samsung Galaxy Anda ke WiFi yang ingin Anda periksa sandinya. Buka menu "Pengaturan" dari layar utama, pilih "Koneksi" dan klik "WiFi".

2. Alternatif lain yang lebih cepat adalah dengan mengusap layar dari atas ke bawah di halaman utama HP Samsung Galaxy Anda. Kemudian pilih ikon WiFi dan tahan beberapa detik.

3. Setelah terhubung ke WiFi, buka kembali menu "Pengaturan" dan pilih "Koneksi". Selanjutnya, klik "WiFi" untuk melihat daftar jaringan WiFi yang tersedia.

4. Di bagian bawah daftar jaringan WiFi yang terhubung, Anda akan melihat ikon bergambar seperti kode QR. Klik ikon ini.

5. Setelah itu, akan muncul kode QR yang menampilkan perintah "Pindai kode QR ini di perangkat lain untuk terhubung ke 'nama WiFi' tanpa memasukkan kata sandi".

6. Selain itu, pada sistem One UI ada opsi lain yaitu menyimpan kode QR sebagai gambar atau membagikannya melalui aplikasi perpesanan atau media sosial yang kompatibel.

7. Kedua opsi tersebut akan muncul di bawah kode QR. Anda bisa memilih salah satu yang paling memudahkan bagi Anda.

Dengan menggunakan langkah-langkah ini, Anda dapat dengan mudah melihat sandi WiFi yang sedang terhubung pada perangkat HP Samsung Galaxy Anda. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi khawatir lupa dengan sandi WiFi yang Anda gunakan.

Cara Melihat Sandi WiFi di iPhone

Untuk melihat password WiFi di iPhone, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka Pengaturan pada iPhone dan pilih "iCloud".

2. Pada menu iCloud, pastikan untuk mengaktifkan fitur "Keychain".

3. Buka aplikasi "Keychain Access" pada Mac Anda.

4. Pada jendela "Keychain Access", temukan kolom pencarian dan ketikkan nama WiFi yang ingin Anda cari.

5. Pastikan bahwa Anda berada dalam kategori "passwords".

6. Klik nama WiFi yang ingin Anda lihat passwordnya.

7. Akan muncul jendela baru, yang meminta Anda untuk memasukkan username dan password Mac.

8. Setelah Anda memasukkan informasi yang diperlukan, Anda akan dapat melihat password WiFi yang diinginkan.

9. Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat melihat password WiFi yang pernah digunakan sebelumnya di iPhone Anda.

Dengan cara ini, Anda dapat dengan mudah melihat dan mengingat kembali password WiFi yang mungkin telah terlupakan. Pastikan untuk menjaga kerahasiaan password WiFi Anda agar tidak jatuh ke tangan yang salah. Selamat mencoba!

4 dari 6 halaman

Cara Melihat Sandi WiFi di HP Melalui Kode QR

Apakah Anda lupa password WiFi di HP Anda? Jangan khawatir, ada beberapa cara untuk melihatnya melalui kode QR. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda ikuti:

1. Pinjam perangkat lain yang sudah terhubung ke WiFi. Permintaan ijin terlebih dahulu kepada pemilik perangkat tersebut.

2. Buka pengaturan di perangkat Anda dan cari opsi "WiFi & Jaringan".

3. Di halaman pengaturan WiFi, temukan jaringan WiFi yang ingin Anda lihat passwordnya. Biasanya jaringan yang sedang terhubung akan memiliki tanda centang atau ikon kunci di sampingnya.

4. Klik ikon roda gigi atau ikon pengaturan yang berada di sebelah jaringan WiFi terhubung.

5. Di dalam pengaturan jaringan WiFi tersebut, Anda akan menemukan opsi "Lihat Kode QR". Tap opsi ini untuk menampilkan kode QR dari jaringan WiFi tersebut.

6. Selanjutnya, Anda perlu membuka aplikasi pemindai barcode / QR code di perangkat Anda.

7. Pindai kode QR yang muncul di perangkat Anda menggunakan aplikasi QR code scanner.

8. Setelah pemindai QR code berhasil membaca kode QR, kata sandi WiFi akan langsung ditampilkan di perangkat Anda.

9. Terakhir, tekan tombol "Hubungkan ke jaringan" untuk terhubung ke jaringan tersebut menggunakan password yang sudah Anda dapatkan.

10. Jika semua langkah di atas berhasil dilakukan, maka Anda telah berhasil terhubung ke jaringan WiFi dan dapat menggunakan internet tanpa masalah.

Jadi, dengan menggunakan langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah melihat password WiFi di HP Anda melalui kode QR.

Cara Melihat Sandi WiFi di HP dengan Aplikasi WiFi Password Viewer

Untuk melihat sandi WiFi yang tersimpan di perangkat HP, Anda dapat menggunakan aplikasi bernama WiFi Password Viewer. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Unduh dan pasang aplikasi WiFi Password Viewer melalui Play Store.

2. Setelah aplikasi terpasang, buka aplikasi tersebut. Namun, sebelum dapat melihat password WiFi, ada beberapa izin yang perlu Anda berikan kepada aplikasi ini, seperti akses root. Akses root memungkinkan aplikasi untuk mengakses file sistem yang menyimpan password WiFi yang tersimpan di perangkat.

3. Setelah memberikan izin akses root, Anda akan diarahkan ke halaman utama aplikasi WiFi Password Viewer. Di sini, Anda akan melihat daftar semua jaringan WiFi yang tersimpan di perangkat HP.

4. Pilihlah jaringan WiFi yang ingin Anda lihat passwordnya. Setelah memilih jaringan tersebut, aplikasi akan menampilkan informasi SSID (nama jaringan) beserta password WiFi yang terkait.

5. Terakhir, Anda dapat menggunakan password yang ditampilkan untuk menghubungkan perangkat Anda dengan jaringan WiFi tersebut. Masukkan password dengan hati-hati dan pastikan tidak ada kesalahan.

Dengan aplikasi WiFi Password Viewer, Anda dapat dengan mudah melihat dan menggunakan password WiFi yang tersimpan di perangkat HP Anda. Hal ini akan memudahkan Anda dalam mengakses jaringan WiFi tanpa perlu mencatat password di tempat lain atau meminta kembali password kepada pemilik jaringan WiFi.

 

5 dari 6 halaman

Cara Melihat Sandi WiFi di HP dengan Aplikasi WiFi Master

Saat ini, ada banyak cara untuk melihat sandi WiFi di perangkat HP Anda. Salah satu cara yang bisa Anda coba adalah dengan menggunakan aplikasi WiFi Master. Berikut adalah langkah-langkah lengkapnya:

1. Download & install aplikasi WiFi Master: Pertama-tama, buka Google Play Store di perangkat HP Anda dan cari aplikasi WiFi Master. Setelah menemukannya, unduh dan pasang aplikasi tersebut di perangkat Anda.

2. Berikan izin aplikasi untuk pop up permission: Setelah berhasil menginstal aplikasi, buka WiFi Master dan berikan izin aplikasi untuk mengakses pop up permission. Izinkan akses ini agar aplikasi dapat bekerja dengan baik.

3. Pilih "Sambungkan" & analisis kata sandi: Setelah izin diberikan, Anda akan melihat tampilan "Sambungkan". Tap pada opsi tersebut dan biarkan aplikasi melakukan analisis kata sandi WiFi yang tersedia di sekitar Anda.

4. Tunggu informasi sandi WiFi yang tersimpan muncul: Setelah analisis selesai, WiFi Master akan menampilkan daftar WiFi yang pernah terhubung di perangkat Anda beserta password-nya. Cari jaringan WiFi yang ingin Anda lihat password-nya dan lihat password-nya yang tertera di sebelahnya.

5. Hubungkan perangkat dengan WiFi menggunakan password tersebut: Terakhir, gunakan password yang ditampilkan oleh WiFi Master untuk menghubungkan perangkat Anda ke jaringan WiFi tersebut. Ketikkan password ini dengan benar pada kolom yang disediakan.

Dengan menggunakan aplikasi WiFi Master, Anda dapat dengan mudah melihat sandi WiFi yang telah tersimpan di perangkat HP Anda. Ingatlah untuk menggunakan aplikasi ini dengan bijak dan hanya mengakses jaringan WiFi yang memang diizinkan untuk Anda gunakan.

Cara Melihat Sandi WiFi di HP dengan Aplikasi WiFi Test

Saat ini, WiFi merupakan kebutuhan penting bagi pengguna ponsel pintar. Namun kadang-kadang kita lupa password WiFi yang telah digunakan. Ada beberapa cara mudah untuk melihat password WiFi di HP menggunakan aplikasi WiFi Test. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Download dan instal aplikasi WiFi Test dari Play Store. Aplikasi ini membantu kita melihat password WiFi yang tersimpan di HP.

2. Setelah diinstal, buka aplikasi WiFi Test tersebut.

3. Pindah ke jaringan WiFi yang ingin dilihat passwordnya. Pastikan kita terhubung ke jaringan tersebut.

4. Setelah terhubung, buka aplikasi WiFi Test dan pilih WiFi yang ingin dilihat passwordnya.

5. Klik "Ok" dan tunggu sampai muncul pesan "The setup can take up two minutes to complete". Proses ini hanya memakan waktu beberapa detik.

6. Setelah proses selesai, WiFi Test akan menampilkan informasi lengkap tentang jaringan WiFi yang dipilih, termasuk passwordnya. Password WiFi dapat dilihat di bagian "Password".

Dengan langkah-langkah di atas, kita dapat melihat password WiFi dengan mudah di HP. Sangat berguna saat kita lupa password WiFi yang digunakan atau ingin berbagi dengan orang lain. Jadi, tidak perlu khawatir lagi jika lupa password WiFi, karena WiFi Test dapat membantu melihatnya dengan mudah.

6 dari 6 halaman

Cara Melihat Sandi WiFi di HP dengan ES File Explorer

Jika Anda ingin mengetahui password WiFi yang pernah terhubung di perangkat HP Anda, Anda dapat menggunakan aplikasi ES File Explorer. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda dapat dengan mudah melihat password WiFi yang pernah terhubung di perangkat Anda. Berikut adalah langkah-langkah untuk melihat password WiFi menggunakan ES File Explorer:

1. Download dan install aplikasi ES File Explorer melalui Play Store.

2. Setelah menginstal aplikasi, buka aplikasi ES File Explorer di perangkat Anda.

3. Di halaman awal aplikasi, pilih menu "Kategori" dan temukan kategori "Sistem".

4. Di kategori "Sistem", cari dan masuk ke direktori "Data/Misc/WiFi".

5. Setelah masuk ke direktori tersebut, Anda akan menemukan file bernama "WPA_Supplicant.conf". File ini berisi informasi tentang jaringan WiFi yang pernah terhubung di perangkat Anda.

6. Pilih file "WPA_Supplicant.conf" dan buka menggunakan HTML Viewer atau Text Viewer yang terdapat di ES File Explorer.

7. Anda akan melihat daftar semua jaringan WiFi yang pernah terhubung di perangkat Anda, beserta passwordnya.

8. Untuk menghubungkan perangkat dengan jaringan WiFi menggunakan password tersebut, Anda dapat memasukkan password tersebut saat melakukan koneksi ke jaringan WiFi.

Dengan menggunakan ES File Explorer, Anda dapat dengan mudah melihat password WiFi yang pernah terhubung di perangkat HP Anda. Selamat mencoba!

Cara Melihat Sandi WiFi di HP Melalui Web Admin Router

Untuk melihat sandi WiFi di HP melalui web admin router, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Jika cara pertama tidak berhasil karena password WiFi sudah diganti sebelumnya, alternatifnya adalah menggunakan cara kedua.

2. Buka pengaturan di HP dan pilih menu WiFi & Jaringan.

3. Salin IP Address WiFi yang terhubung.

4. Buka browser di HP dan masukkan IP Address yang telah disalin sebelumnya.

5. Masuk ke halaman web admin router dengan memasukkan username dan password yang benar. Biasanya, informasi ini terdapat pada stiker di belakang router atau dikonfigurasi saat pertama kali mengatur router.

6. Setelah berhasil masuk ke halaman web admin router, pilih menu Network, lalu pilih WLAN dan Security.

7. Kemudian, cari opsi WPA passphrase atau Encryption algorithm.

8. Dalam opsi tersebut, akan terdapat sandi WiFi dengan jelas terlihat.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu dapat dengan mudah melihat password WiFi di HP melalui web admin router. Jadi, jika kamu lupa password WiFi atau ingin terhubung ke jaringan WiFi yang sama dengan perangkat lain, tidak perlu khawatir karena kamu dapat melihatnya dengan cara ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.