Sukses

Coaster, Lebih dari Sekadar Pemanis Gelas Saat Menyajikan Minuman

Coaster terbuat dari berbagai bahan, termasuk kayu, keramik, kertas, dan bahan lainnya, serta hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran.

Liputan6.com, Jakarta Coaster atau tatakan gelas, adalah benda kecil yang diletakkan di bawah cangkir atau gelas untuk mencegah kerusakan pada permukaan meja akibat kelembapan, panas, atau tumpahan. Coaster terbuat dari berbagai bahan, termasuk kayu, keramik, kertas, dan bahan lainnya, serta hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran.

Saat ini coaster kayu dianggap memiliki kualitas terbaik karena kemampuannya menyerap kelembapan dengan baik dan daya tahannya yang tinggi. Selain fungsional, coaster kayu juga menambah keindahan estetika suatu tempat. Meskipun coaster keramik lebih populer di masa lalu, tren saat ini yang lebih peduli lingkungan membuat coaster kayu semakin diminati.

Awalnya coaster digunakan untuk melindungi permukaan meja bar atau pub. Coaster yang biasanya terbuat dari kertas sering dihiasi dengan merek dagang atau iklan minuman beralkohol, dan kadang-kadang digunakan untuk menulis. Coaster tidak sama dengan bar mats, yang lebih besar dan terbuat dari karet atau bahan penyerap lainnya untuk melindungi meja bar atau lantai dari tumpahan yang lebih besar.

Berikut ulasan lebih lanjut tentang coaster yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (28/5/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sejarah Penggunaan Coaster

Penggunaan coaster pertama kali dirancang untuk decanter atau botol anggur sehingga bisa digeser (atau "coasted") di sekitar meja makan setelah para pelayan pergi. Coaster mulai umum digunakan sekitar tahun 1760. Coaster awal berbentuk nampan atau piring dangkal yang terbuat dari kayu, papier-mâché, perak, atau perak berlapis.

Pada tahun 1880, sebuah perusahaan percetakan Jerman, Friedrich Horn, memperkenalkan coaster pertama yang terbuat dari karton. Kemudian, pada tahun 1892, Robert Sputh dari Dresden memproduksi coaster pertama yang terbuat dari pulp kayu. 

Watney Brewery memperkenalkan coaster ke Inggris pada tahun 1920 untuk mengiklankan pale ale mereka. Perusahaan pengemasan Quarmby Promotions, yang didirikan pada tahun 1872, mulai memproduksi coaster di Milnsbridge pada tahun 1931. Setelah diakuisisi oleh Katz Group, produksi dipindahkan ke Brighouse dan pada tahun 2006 ke Morley, West Yorkshire, sebelum akhirnya ditutup pada tahun 2009.

Dalam budaya Barat, piring kecil juga sudah lama digunakan untuk tujuan yang sama. Ketika minum teh, adalah kebiasaan untuk menggunakan set cangkir dan piring kecil. Pada pertengahan abad kedua puluh, coaster minuman yang terbuat dari berbagai bahan dan gaya mulai diproduksi untuk penggunaan domestik. Saat ini, coaster sudah umum sebagai perlengkapan rumah sehari-hari dan juga digunakan di restoran.

Coaster sering kali dibuat dari karton berkualitas tinggi tetapi juga bisa dibuat dari beberapa lapisan kertas tisu. Coaster minuman juga kadang-kadang dibuat dari soapstone, logam, kayu, dan silikon. Parameter penting untuk coaster adalah daya serap air, ketahanan gosokan basah, dan kemampuan cetak.

Beberapa coaster minuman dibuat untuk dapat didaur ulang. Coaster biasanya dihiasi dengan gambar yang disesuaikan, biasanya menyebutkan atau mengiklankan merek bir. Namun, mereka juga dapat mempromosikan tempat minum, waralaba olahraga, bisnis, atau acara khusus. 

Beberapa coaster bahkan menjadi barang koleksi. Tegestologi adalah istilah yang diciptakan dari bahasa Latin (teges "penutup" atau "alas", dan etis) yang didefinisikan sebagai praktik mengumpulkan coaster, dengan para praktisi dikenal sebagai tegestologis. 

3 dari 3 halaman

Tujuan Penggunaan Coaster

Coaster atau tatakan gelas, memiliki beberapa tujuan penting dalam melindungi permukaan meja atau counter dari kerusakan yang disebabkan oleh cincin air, tumpahan, dan tetesan. Dengan menyerap kelembapan, coaster dapat mencegah kerusakan air pada kayu dan material lainnya. Selain itu, coaster juga bisa menginsulasi minuman untuk menjaga suhu tetap panas atau dingin, beberapa coaster bahkan dirancang untuk mendinginkan minuman.

Perlindungan Terhadap Meja

Alasan paling jelas untuk menggunakan coaster adalah melindungi meja dari kerak air yang dihasilkan dari gelas yang basah. Tak ada yang ingin melihat meja kayu yang indah rusak oleh kerak airini. Coaster menyerap kelembapan dari bagian bawah gelas, mencegah pembentukan cincin air. 

Coaster juga melindungi meja dari panas minuman, yang sangat penting untuk minuman panas yang bisa dengan mudah merusak permukaan meja. Dengan menggunakan coaster, panas didistribusikan secara merata dan mencegah kerusakan pada meja.

Menyerap Tumpahan

Coaster sering digunakan untuk melindungi permukaan meja dari noda air. Menggunakan coaster dapat menjaga furnitur tetap terlihat baru. Coaster juga membantu menyerap tumpahan, yang dapat meninggalkan noda di furnitur, terutama yang  berwarna terang. Sebab, noda bekas tumpahan minuman seperti kopi bisa sulit dihilangkan. Dengan menggunakan coaster, kemungkonan tumpahan menjadi noda permanen dapat dihindari.

Pencegahan Selip

Salah satu alasan penting penggunaan coaster adalah untuk mencegah selip. Selip bisa sangat berbahaya, terutama untuk gelas berisi minuman panas. Coaster memberikan lapisan perlindungan antara minuman dan permukaan tempat minuman tersebut diletakkan. 

Pencegahan Goresan

Coaster digunakan untuk mencegah goresan pada permukaan meja. Dengan menggunakan coaster, furnitur dapat terlihat baru lebih lama. Selain itu, coaster juga dapat membantu menyerap kelembapan dan melindungi permukaan dari tumpahan.

Menambah Keindahan pada Meja

Ada banyak gaya coaster yang tersedia, mulai dari yang terbuat dari bahan penyerap hingga yang dekoratif. Coaster dalam berbagai warna, bentuk, dan ukuran dapat dengan mudah ditemukan. Harganya relatif murah juga memungkinkan untuk sering diganti untuk menciptakan tampilan baru pada meja. Coaster dapat digunakan untuk menambahkan sentuhan warna atau pola pada meja. Mereka juga bisa digunakan untuk menciptakan tema tertentu pada meja jamuan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.