Sukses

NWA adalah Grup Hip Hop Amerika, Tuai Kontroversi Karena Lirik Lagunya

N.W.A. (Niggaz Wit Attitudes) adalah kelompok hip hop yang dianggap sebagai salah satu pelopor gangsta rap.

Liputan6.com, Jakarta NWA atau Niggaz Wit Attitudes, adalah kelompok hip hop yang terkenal dan dianggap sebagai salah satu pelopor dari gerakan gangsta rap. Grup ini terbentuk pada tahun 1986 di Compton, California, oleh Dr. Dre, Eazy-E, Ice Cube, MC Ren, DJ Yella dan Arabian Prince.

NWA menjadi terkenal karena lirik dan lagu-lagunya yang berani, untuk mengekspos kehidupan di jalanan Compton yang penuh kekerasan. Meskipun NWA hanya merilis dua album studio, "Straight Outta Compton" pada tahun 1988 dan "Niggaz4Life" pada tahun 1991, namun dampak mereka terhadap dunia hip hop sangat besar. 

Lagu-lagu seperti "Straight Outta Compton", "Fuck tha Police" dan "Gangsta Gangsta" menjadi lagu-lagu ikonik yang menggambarkan kehidupan para gangster di Los Angeles pada waktu itu. NWA tidak hanya mempengaruhi dunia musik, tetapi juga kebudayaan populer secara keseluruhan. 

Meskipun tidak bertahan lama, N.W.A telah memengaruhi banyak kelompok hip hop dan artis lainnya, serta mewakili gerakan protes melawan ketidakadilan sosial dan ketidaksetaraan rasial di Amerika Serikat. Berikut ini kisah group musik NWA yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (22/5/2024).

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pionir Gangsta Rap N.W.A dan Pengaruhnya dalam Sejarah Musik

N.W.A kelompok yang dikenal sebagai pionir gangsta rap, terkenal karena liriknya yang kejam dan seksis serta menjadi salah satu grup paling ikonik dalam sejarah rap. Kelompok ini muncul pada akhir tahun 1980-an, di saat Public Enemy telah mengubah aturan rap hardcore dengan membuktikan bahwa rap bisa menjadi cerdas, revolusioner dan sadar sosial. Sementara Public Enemy mengedepankan pesan-pesan sosial dan politik, N.W.A mengambil pendekatan yang berbeda dengan menekankan kekerasan dan hedonisme dalam kehidupan kriminal, menggambarkannya dengan bahasa yang blak-blakan dan kasar.

Awalnya, serangan lirik yang tanpa henti dari N.W.A tampak sebagai komentar sosial yang serius dan penting. Lagu-lagu mereka, seperti "Fuck tha Police," menggambarkan realitas brutal kehidupan di jalanan dan bahkan memprovokasi reaksi dari FBI, yang mengirim surat peringatan kepada perusahaan rekaman N.W.A. Namun, setelah Ice Cube meninggalkan grup pada akhir tahun 1989, N.W.A mulai terlihat seperti parodi diri mereka sendiri. Eazy-E, dengan suaranya yang khas, menggambarkan mimpi buruk perkotaan yang lebih menyerupai fantasi buku komik, yang ironisnya memenuhi fantasi remaja kulit putih di pinggiran kota, menjadikan mereka audiens utama grup ini dan semakin meningkatkan popularitas N.W.A.

Meskipun demikian, bentrokan ego antar anggota menyebabkan kesulitan dalam merekam album ketiga mereka. Akhirnya, N.W.A bubar setelah Dr. Dre memutuskan untuk bersolo karir pada tahun 1992. Meski tidak lagi aktif, pengaruh N.W.A tetap terasa sepanjang tahun 1990-an, dengan irama funky dan lirik yang berlebihan menjadi inspirasi bagi banyak artis rap lainnya. Kisah mereka diabadikan dalam film tahun 2015 yang mendapat pujian kritis, "Straight Outta Compton."

3 dari 4 halaman

Asal-Usul dan Pembentukan N.W.A

Ironisnya dalam inkarnasi awalnya, N.W.A tidak begitu revolusioner. Eazy-E (Eric Wright), mantan pengedar narkoba, memulai Ruthless Records dengan uang hasil usahanya dan mencoba membangun kerajaan rap dengan mengontrak beberapa artis. Namun, keberhasilan besar baru diraih ketika Dr. Dre (Andre Young) dari World Class Wreckin' Cru dan Ice Cube (O'Shea Jackson) mulai menulis lagu untuk Ruthless. Salah satu lagu mereka, "Boyz-n-the Hood," awalnya ditujukan untuk grup HBO yang dikontrak oleh Ruthless, tetapi setelah mereka menolak, Eazy-E memutuskan untuk membentuk N.W.A, yang merupakan singkatan dari Niggaz With Attitude.

Bersama Dre dan Cube, Eazy menambahkan DJ Yella (Antoine Carraby), Arab Prince dan D.O.C. ke dalam grup. Album pertama mereka, "N.W.A. and the Posse," dirilis pada tahun 1987, tetapi kurang mendapat perhatian. Namun, pada tahun berikutnya, grup ini menambahkan MC Ren (Lorenzo Patterson) dan mengubah suaranya, mengadopsi inovasi sonik yang ekstrim dari Public Enemy serta sikap lirik yang penuh kekerasan dan berbahaya. Pada akhir tahun 1988, N.W.A merilis "Straight Outta Compton," sebuah album hardcore yang menjadi hit di kalangan underground tanpa dukungan dari radio, pers, atau MTV. Lirik-lirik mereka yang keras, terutama "Fuck tha Police," menarik perhatian FBI, yang mengirim surat peringatan kepada Ruthless dan perusahaan induknya, Priority Records, menyarankan agar N.W.A lebih berhati-hati. 

 

4 dari 4 halaman

Pembubaran N.W.A dan Karir Solo Dr. Dre

Meskipun N.W.A berada di puncak popularitasnya, Dr. Dre mulai berupaya keluar dari kelompok tersebut karena konflik ego dan apa yang dianggapnya sebagai kesepakatan rekaman yang tidak adil. Pada awal 1992, Dre meninggalkan N.W.A untuk membentuk Death Row Records bersama Suge Knight dan The D.O.C. Menurut legenda, Knight mengancam akan membunuh manajer N.W.A, Jerry Heller, jika ia menolak untuk melepaskan Dre dari kontraknya. Selama beberapa tahun berikutnya, Dre dan Eazy-E terlibat dalam perseteruan yang sangat dipublikasikan, dengan keduanya saling menyerang dalam album solo masing-masing.

Sementara itu, Ren dan DJ Yella merilis album solo yang sebagian besar diabaikan oleh publik, dan Eazy-E terus merekam album yang semakin memparodikannya sendiri hingga kematiannya yang tragis akibat AIDS pada Maret 1995. Sebelum kematiannya, Dre dan Cube sempat berdamai dengan Eazy. Dengan album solo pertamanya pada tahun 1992, The Chronic, Dr. Dre menetapkan dirinya sebagai produser hip-hop terkemuka di pertengahan 90-an, menetapkan standar baru untuk rap hardcore dengan bass yang elastis dan groove yang dalam dan bergulir. Gangsta rap pun mengukuhkan dirinya sebagai bentuk hip-hop paling populer selama tahun 90-an. Dengan kata lain, sikap amoral dan hedonistik N.W.A sementara waktu mengalahkan hip-hop yang sadar sosial ala Public Enemy, dan mengubah aturan hip-hop sepanjang dekade tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.