Sukses

Viral Kopi dengan Topping Daun Bawang 'Scallion Latte', Berani Coba?

Sedang jadi tren, kopi yang dikombinasi dengan daun bawang.

Liputan6.com, Jakarta Tren baru minum kopi dengan topping apa saja sedang booming di China. Beberapa yang sempat viral antara lain: kopi tiram Guangdong, latte sup daging sapi Ningxia, nasi kopi Shanghai, latte kecap asin, hingga kopi telur. Kini, ada inovasi baru dan sedang ngetren di Negara Tirai Bambu tersebut.

Dilansir Liputan6.com dari Must Share News, Minggu (5/5/2024), tak sedikit masyarakat China yang saat ini sedang 'demam' dengan minuman khas berupa kopi yang diseduh dengan daun bawang.

Selain menjadi perbincangan di kedai kopi di sana, minuman bernama scallion latte itu juga menjadi salah satu topik hangat di platform media sosial lokal. Di antara yang menjadi perdebatan warganet adalah kesesuaian daun bawang yang menjadi bahan masakan untuk dipadukan dengan minuman kopi.

Mereka pun bertanya-tanya apakah rasa kopinya akan rusak atau sebaliknya dengan hadirnya bahan tersebut. Seperti yang terlihat di beberapa video viral, minuman itu dibuat dengan meletakkan daun bawang cincang di dasar gelas, lalu ditambahkan kopi dan susu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kopi dengan daun bawang cincang

Minuman ini dibuat dengan meletakkan daun bawang cincang di dasar gelas. Pembuatnya kemudian menambahkan es batu, menuangkan susu, menambahkan kopi, dan diakhiri dengan menaburkan daun bawang cincang di atasnya sebagai hiasan.

Kopi daun bawang mempunyai penggemar tersendiri di China. Menurut portal Must Share News, pedagang di China awalnya menciptakan minuman spesial ini sebagai konten media sosial saja. Namun di saat yang sama, mereka juga berharap minuman unik yang diciptakan bisa menjadi peluang bisnis jika masyarakat menyukainya.

Harapan mereka pun benar terjadi, ketika ada pelanggan yang menganggap kopi daun bawang sebagai minuman yang menarik. Bahkan, ada juga yang menyukai keunikan rasa kopinya.

Meski begitu, tak bisa dipungkiri ada juga yang menolak inovasi tersebut dan mengaku kehilangan nafsu makan saat melihat minuman tersebut.

3 dari 3 halaman

Tren kombinasi minuman aneh

Beberapa netizen merasa geli, mengatakan bahwa mereka tidak pernah berpikir bahwa suatu hari nanti mereka harus menentukan bahwa pesanan kopi mereka harus datang tanpa bawang, lapor NOW News.

"Bisakah semuanya diubah menjadi latte?" seorang netizen bertanya.

Menurut portal Enanyang, ada tren 'masakan gelap' yang sedang terjadi di China. Masakan gelap, atau hei an liao li, secara sederhana berarti makanan yang menguji kepekaan rasa seseorang. Biasanya, ini terdiri dari kombinasi makanan yang aneh dan menantang anggapan konvensional tentang makanan yang dianggap menarik.

Beberapa netizen berkomentar bahwa inti dari kopi spesial ini terletak pada mengubah kombinasi klasik "susu + kopi" menjadi mode "bebas kombinasi".

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.