Sukses

Bukan Kucing, Warga Thailand Ini Pilih Pakai Boneka Doraemon untuk Ritual Minta Hujan

Kucing yang dijadikan untuk ritual digantikan dengan boneka Doraemon.

Liputan6.com, Jakarta Dalam beberapa waktu terahir, gelombang panas tengah melanda Asia. Thailand menjadi salah satu negara Asia Tenggara yang dilanda oleh gelombang panas.

Bahkan, sedikitnya 30 orang meninggal dunia akibat gelombang panas di Thailand. Cuaca panas yang ekstrem ini pun menjadi sorotan banyak netizen. Terlebih, suhu udara bisa mencapai 45 derajat celcius dengan heat index mencapai 52 derajat Celcius.

Terlebih, curah hujan yang terjadi terbilang sangat rendah. Para warga hingga wisatawan juga disarankan untuk tinggal di dalam ruangan dalam waktu lebih lama. Karena hal ini pula diketahui jika sejumlah warga memilih untuk menggelar ritual tradisional untuk meminta hujan.

Dilansir Liputan6.com dari IMDb, Kamis (2/5/2024), para warga memilih menggelar upacara tradisional untuk meminta hujan. Upacara adat tersebut biasanya akan melibatkan kucing yang diarak keliling desa. Namun, kini warga memilih untuk mengganti kucing dengan boneka Doraemon untuk menjalani ritual tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bentuk belas kasihan terhadap hewan

Upacara adat meminta hujan sendiri digelar karena curah hujan yang begitu sedikit dalam beberapa bulan terakhir. Namun, dibandingkan membawa kucing keliling desa, warga memilih untuk menggunakan boneka doraemon.

Para warga Thailand sendiri meyakini jika kucing yang basah bisa menenangkan dewa hujan dan membawa curah hujan yang begitu dibutuhkan. Akan tetapi karena adanya belas kasihan terhadap kucing, pihak penyelenggara memilih menggunakan boneka Doraemon. Bahkan, ritual tersebut juga menjadi viral di media sosial.

“Di Thailand, di mana tidak turun hujan selama beberapa bulan, diadakan upacara pembuatan hujan. Awalnya, ini seharusnya melibatkan kucing, tapi karena kasihan, mereka menggunakan Doraemon sebagai gantinya. Mari kita berharap akan segera turun hujan.” ujar akun X @sighyam.

3 dari 3 halaman

Diabadikan sebagai simbol syukur

Rupanya penggunaan boneka Doraemon sebagai pengganti kucing dalam ritual minta hujan bukan yang pertama dilakukan. Sebelumnya, ritual serupa juga telah digelar. Bahkan, ritual tersebut dianggap berhasil. Hal ini pula yang membuat penduduk desa mengabadikan Doraemon dalam kuil sebagai simbol rasa syukur atas hujan yang turun.

Doraemon di Thailand rupanya lebih dari sekadar membuat hujan. Pasalnya, di pusat kota terdapat sebuah kuil yang menjadi 'surga' bagi pecinta Doraemon. Kuil ini menarik perhatian karena memiliki koleksi patung hingga merchendise Doraemon.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.