Sukses

8 Penampakan Dahsyat Gunung Ruang Meletus Disambar Petir, Tinggi Lava 3 Km

Potret erupsi Gunung Ruang di Sulawesi Utara diiringi kilatan petir yang dahsyat.

Liputan6.com, Jakarta Fenomena Gunung Ruang meletus di Desa Tulusan, Kecamatan Tagulandang, Kabupaten Sitaro, Provinsi Sulawesi Utara sempat membuat heboh. Tak lain letusan Gunung Ruang pada Rabu (17/4/2024) terekam diiringi sambaran petir membuat penampakannya makin mencekam saat malam. 

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) merilis foto Gunung Ruang di Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara, yang mengalami letusan dahsyat. Foto tersebut menampilkan muntahan lahar panas dan abu vulkanik dari kawah gunung, dengan latar belakang sambaran petir.

Rekaman dan foto serangkai erupsi eksplosif yang disertai awan panas hingga lava yang tersebar di jagat maya membuat netizen yang melihatnya ketakutan. Letusan dahsyat Gunung Ruang terjadi setelah 22 tahun istirahat. Gunung berapi aktif tersebut kembali memuntahkan abu vulkanik hingga setinggi 3.000 meter (3 km) ke udara. 

Berikut Liputan6.com mengabadikan penampakan dahsyat gunung Ruang meletus melansir dari PVMBG dan Infomitigasi, Kamis (18/4/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

1. Fenomena meletusnya Gunung Ruang terbilang yang jarang terjadi, kilatan petir menyambar lava menyertai letusan tersebut, memperlihatkan kekuatan alam yang mencekam.

3 dari 9 halaman

2. Kolom abu vulkanik yang teramat tebal, berwarna kelabu hingga hitam, meliputi langit dengan intensitas terutama ke arah selatan.

4 dari 9 halaman

3. Saat meletus, suara gemuruh erupsi dan gempa turut memenuhi atmosfer, menciptakan suasana yang mencekam bagi penduduk sekitar.

5 dari 9 halaman

4. PVMBG (Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi) telah meningkatkan status Gunung Ruang dari Normal menjadi Waspada pada tanggal 16 April 2024, sejak pukul 10.00 WITA, mengingat potensi bahaya yang terkait dengan letusan gunung tersebut.

6 dari 9 halaman

5. Kepala PVMBG, Hendra Gunawan, juga mengingatkan akan adanya potensi tsunami yang dapat mempengaruhi warga di Pulau Tagulandang, khususnya yang berada di wilayah pantai.

7 dari 9 halaman

6. Hal ini disebabkan oleh runtuhan tubuh gunung ke dalam laut yang mengakibatkan gelombang besar di sekitar pulau tersebut.

8 dari 9 halaman

7. Gunung Ruang, dengan ketinggian 725 meter di atas permukaan laut, merupakan pemandangan yang menjulang tinggi di Kepulauan Sangihe.

9 dari 9 halaman

8. Meskipun tidak terlalu tinggi, kehadirannya menciptakan pulau tersendiri yang terpisah dari pulau lainnya, dapat terlihat bahkan dari pulau Tagulandang tempat melihat erupsi gunung Ruang diiringi kilatan petir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.