Sukses

Arti Kata Tabarakallah, Begini Waktu yang Tepat untuk Mengucapkannya

Arti kata tabarakallah biasanya digunakan ketika seseorang melihat sesuatu yang menakjubkan atau luar biasa, seperti keberhasilan seseorang, keindahan alam, atau kejadian yang menggugah hati.

Liputan6.com, Jakarta Ungkapan tabarakallah merupakan salah satu ungkapan yang sering digunakan dalam percakapan sehari-hari oleh umat Islam. Arti kata tabarakallah sering dikaitkan dengan penyebutan "Masyaallah" sebagai bentuk pujian terhadap kebesaran Allah SWT. Arti kata tabarakallah biasanya digunakan ketika seseorang melihat sesuatu yang menakjubkan atau luar biasa, seperti keberhasilan seseorang, keindahan alam, atau kejadian yang menggugah hati.

Dalam ajaran Islam, mengucapkan kata-kata yang baik merupakan bagian dari perintah Allah SWT. seperti yang dijelaskan dalam Al-Qur'an surah Al-Baqarah ayat 83, 

... وَ قُوْلُوْا لِلنَّاسِ حُسْنًا ... 

Artinya: "...serta ucapkanlah kata-kata yang baik kepada manusia..."

Arti kata tabarakallah dapat dianggap sebagai salah satu bentuk pengungkapan yang baik. Tabarakallah menjadi salah satu cara untuk menyampaikan apresiasi terhadap kebesaran Allah SWT dan juga sebagai doa untuk kebaikan bagi sesama. 

Oleh karena itu, penggunaan ungkapan ini sebaiknya diiringi dengan pemahaman yang mendalam tentang maknanya agar dapat menguatkan nilai-nilai kebaikan dan spiritualitas dalam kehidupan sehari-hari umat Islam. Berikut ulasan lebih lanjut tentang arti kata tabarakallah yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (7/4/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Arti Kata Tabarakallah

Arti kata tabarakallah (تبارك الله) secara harfiah adalah "Maha Suci Allah" dalam bahasa Arab. Ungkapan ini digunakan oleh umat Islam sebagai bentuk pengagungan dan penghormatan terhadap kebesaran Allah SWT. Ketika seseorang mengucapkan "tabarakallah," mereka menyatakan kekaguman mereka terhadap ciptaan Allah atau kejadian yang menakjubkan.

Penyebutan kata Tabarakallah sering kali disandingkan dengan ungkapan "Masyaallah," yang juga merupakan bentuk pujian terhadap kebesaran Allah SWT. Kedua ungkapan ini sering digunakan bersamaan untuk mengungkapkan rasa kagum dan syukur atas segala karunia yang diberikan oleh Allah.

Kata Tabarakallah Dalam Al-Quran

1. Surat Al A’raf ayat 54

…تَبٰرَكَ اللّٰهُ رَبُّ الْعٰلَمِيْنَ

Tabārakallāhu rabbul-‘ālamīn

Artinya: Terbekatilah Allah, Tuhan semesta alam.

2. Surat Al Furqan ayat 1

تَبَارَكَ ٱلَّذِى نَزَّلَ ٱلْفُرْقَانَ عَلَىٰ عَبْدِهِۦ لِيَكُونَ لِلْعَٰلَمِينَ نَذِيرًا

Tabārakallażī nazzalal-furqāna ‘alā ‘abdihī liyakụna lil-‘ālamīna nażīrā

Artinya: berbahagialah Dia yang menurunkan pembeda pada hamba-hamba Nya, agar dia menjadi pemberi peringatan untuk semesta alam.

3. Surat Ar Rahman ayat 78

تَبٰرَكَاسْمُ رَبِّكَ ذِى الْجَلٰلِ وَالْاِكْرَامِ

Tabaraarak asmu rabbika zil jalaali wal ikraam

Artinya: Maha Suci nama Tuhan kamu, pemilik keagungan serta kehormatan.

4. Surat Al Mu’min ayat 14

فَتَبَارَكَ اللّٰهُ اَحْسَنُ الْخَالِقِيْنَۗ …

Fa tabārakallāhu aḥsanul-khāliqīn

Artinya: Maha suci Allah, pencipta yang paling baik.

5. Surat Al Mulk ayat 1

تَبَٰرَكَ ٱلَّذِى بِيَدِهِ ٱلْمُلْكُ وَهُوَ عَلَىٰ كُلِّ شَىْءٍ قَدِيرٌ

Tabārakallażī biyadihil-mulku wa huwa ‘alā kulli syai`ing qadīr

Artinya: Maha Suci Allah Yang di tangan-Nya lah segala kerajaan ada, dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatunya.

3 dari 4 halaman

Waktu yang Tepat Mengucapkan Tabarakallah

Waktu yang tepat untuk mengucapkan kata Tabarakallah adalah ketika umat Islam mengagumi keindahan, mensyukuri nikmat, atau melihat keberkahan pada saudara muslim lainnya. Ungkapan ini juga dapat diucapkan sebagai alternatif doa untuk menghindarkan rasa iri dan dengki serta sebagai perlindungan dari 'ain (mata jahat).

Ketika seseorang melihat sesuatu yang memukau atau mengagumkan, seperti pemandangan alam yang indah, keberhasilan seseorang, atau kebaikan pada saudara muslim, dia dapat mengucapkan Tabarakallah sebagai ungkapan syukur atas rahmat dan nikmat dari Allah SWT. Penggunaan kata Tabarakallah juga diimbangi dengan mengucapkan doa agar keberkahan tetap terjaga dan untuk menghindari kemungkinan terkena 'ain.

Dalam ajaran Islam, 'ain atau mata jahat adalah penyakit yang berasal dari jiwa yang dengki, yang bisa ditransmisikan melalui pandangan mata. Oleh karena itu, Rasulullah SAW menganjurkan umatnya untuk memohon perlindungan kepada Allah dari 'ain dan untuk berdoa agar saudara muslim terhindar dari gangguan tersebut. 

Rasulullah SAW bersabda,

إذا رأى أحدكم من نفسه و أخيه ما يعجبه فليدع بالبركة فإن العين حق

Artinya: Jika salah satu dari kalian melihat pada diri saudaranya sesuatu hal yang menakjubkan, maka doakanlah keberkahan untuknya, karena mata 'ain itu nyata, (HR Al Hakim).

4 dari 4 halaman

Jawaban Ungkapan Tabarakallah

Menjawab ungkapan Tabarakallah dengan kata-kata yang baik merupakan tindakan yang dianjurkan dalam ajaran Islam. Hal ini menggambarkan sikap penghargaan dan doa yang baik sebagai respon terhadap kebaikan dan keberkahan yang diucapkan oleh orang lain.

Salah satu jawaban yang dapat diberikan atas ungkapan Tabarakallah adalah dengan mengucapkan "Jazakallah khair," yang artinya semoga Allah SWT membalasmu dengan kebaikan. Dengan kata-kata ini, seseorang menunjukkan bahwa mereka menghargai ungkapan yang telah diucapkan dan memohon kepada Allah SWT untuk memberikan kebaikan kepada orang yang mengucapkan Tabarakallah.

Selain itu, jawabantabarakallah juga dapat berupa "Barakallahu fikum," yang artinya semoga Allah SWT merahmatimu. Ungkapan ini juga mengandung makna yang serupa dengan Masyaallah Tabarakallah, yakni doa untuk mendapatkan berkah dan rahmat dari Allah SWT.

Ketika seseorang menjawab dengan kata-kata yang baik seperti ini, mereka tidak hanya mengungkapkan rasa terima kasih, tetapi juga menyampaikan doa dan harapan yang baik bagi orang yang telah mengucapkan Tabarakallah. Dengan demikian, menjawab ungkapan Tabarakallah dengan kata-kata yang baik adalah bentuk sikap yang penuh dengan nilai-nilai kebaikan dan penghormatan dalam kehidupan sehari-hari umat Islam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.