Sukses

14 Cara Mengatasi Radang Tenggorokan tanpa Obat, Perbanyak Istirahat

Selain pengobatan medis, beberapa cara mengatasi radang tenggorokan yang dapat dilakukan.

Liputan6.com, Jakarta Radang tenggorokan atau tonsilofaringitis adalah kondisi yang umum terjadi dan dapat menyebabkan ketidaknyamanan yang signifikan pada individu yang mengalaminya. Meskipun tidak dianggap sebagai penyakit serius, radang tenggorokan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari karena gejalanya yang mengganggu seperti rasa sakit saat menelan. Oleh sebab itu, cara mengatasi radang tenggorokan perlu diketahui.

Penyebab utama radang tenggorokan adalah infeksi virus, namun dalam beberapa kasus juga dapat disebabkan oleh bakteri seperti Streptococcus beta hemolyticus, Streptococcus viridans, dan Streptococcus pyogenes. Selain itu, infeksi jamur juga dapat menjadi penyebab radang tenggorokan. Hal ini menyebabkan gejala yang berbeda-beda tergantung pada penyebabnya.

Penting untuk mengidentifikasi penyebab radang tenggorokan agar pengobatan yang tepat dapat diberikan. Infeksi virus biasanya akan sembuh dengan sendirinya tanpa perlu pengobatan khusus, namun jika disebabkan oleh bakteri, dokter mungkin akan meresepkan antibiotik untuk mengatasi infeksi tersebut. Selain pengobatan medis, beberapa cara mengatasi radang tenggorokan yang dapat dilakukan.

Berikut cara mengatasi radang tenggorokan tanpa obat yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (27/3/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Istirahat yang Cukup

Memberikan tubuh istirahat yang cukup merupakan langkah pentingpada cara mengatasi radang tenggorokan. Dengan tidur yang cukup, tubuh memiliki kesempatan untuk memperbaiki sistem kekebalan tubuh dan memulihkan diri dari peradangan atau infeksi.

2. Konsumsi Air Putih yang Banyak

Penting untuk memastikan tubuh tetap terhidrasi dengan baik, terutama saat mengalami radang tenggorokan. Minum air putih dalam jumlah yang cukup membantu menjaga kelembapan tenggorokan, mencegah rasa kering, dan meredakan ketidaknyamanan akibat radang.

3. Kumur dengan Air Garam

Berkumur menggunakan larutan air garam merupakan cara tradisional yang efektif untuk meredakan rasa sakit saat menelan akibat radang tenggorokan. Air garam membantu melapisi dan melembapkan selaput tenggorokan, sehingga mengurangi nyeri saat menelan.

4. Mengonsumsi Madu

Madu memiliki sifat antibakteri dan antivirus alami yang dapat membantu cara mengatasi radang tenggorokan. Mengonsumsi madu secara langsung atau dicampurkan dalam minuman seperti air putih atau teh dapat meredakan gejala radang tenggorokan, mengurangi produksi lendir, dan meredakan batuk.

3 dari 4 halaman

5. Mandi Air Hangat

Mandi dengan air hangat atau menghirup uap air hangat dapat membantu melembabkan pita suara dan meredakan radang tenggorokan. Penggunaan minyak esensial atau aromaterapi juga dapat memberikan efek relaksasi tambahan.

6. Gunakan Humidifier

Menggunakan humidifier atau alat untuk melembapkan udara di rumah sangat berguna, terutama saat tidur di malam hari. Udara yang lembap membantu menjaga kelembapan tenggorokan dan mengurangi iritasi yang dapat memperburuk radang tenggorokan.

7. Hindari Asap Rokok dan Berhenti Merokok

Jika memungkinkan, hindari paparan asap rokok karena dapat memperparah kondisi radang tenggorokan. Jika kamu merokok, pertimbangkan untuk berhenti karena rokok dapat menyebabkan iritasi yang lebih lanjut pada tenggorokan.

8. Pakai Masker

Penggunaan masker saat beraktivitas di luar ruangan atau di area berdebu dapat membantu mengurangi paparan iritan yang dapat memperburuk radang tenggorokan.

9. Hindari Banyak Berbicara

Berlalu banyak berbicara atau bersuara dapat menambah beban pada pita suara dan memperparah radang tenggorokan. Istirahatkan tenggorokan dengan mengurangi aktivitas bicara yang berlebihan.

4 dari 4 halaman

10. Singkirkan Makanan Pedas dan Bersuhu Ekstream

Hindari makanan pedas karena dapat memicu batuk, sakit menelan, dan memperparah kondisi radang tenggorokan. Selain itu Jangan mengonsumsi makanan atau minuman dengan suhu ekstrem, baik terlalu panas maupun terlalu dingin. Pilihlah makanan dengan suhu hangat atau suhu ruangan untuk mencegah memperburuk peradangan di tenggorokan

11. Batasi Waktu di Ruangan Ber-AC

Terlalu lama berada di ruangan ber-AC dengan kelembapan udara rendah dapat memperparah radang tenggorokan. Batasi waktu kamu di ruangan ber-AC untuk mengurangi risiko iritasi pada tenggorokan.

12. Minum Air Lemon

Lemon mengandung vitamin C yang dapat membantu proses penyembuhan radang tenggorokan. Minum air lemon dalam keadaan hangat tidak hanya memberikan efek melembutkan tenggorokan tapi juga memberikan kelembapan yang dibutuhkan untuk meredakan rasa sakit.

13. Minum Air Jahe

Air jahe memiliki sifat yang mirip dengan lemon dalam hal meredakan radang tenggorokan. Jahe mengandung zat antibakteri, antiseptik, dan anti-inflamasi yang dapat membantu cara mengatasi radang tenggorokan serta menghangatkan tubuh secara keseluruhan.

14. Pertimbangkan Konsultasi dengan Dokter

Jika gejala radang tenggorokan tidak kunjung membaik atau semakin parah, segera konsultasikan dengan dokter. Diskusi dengan dokter dapat memberikan panduan lebih lanjut mengenai penanganan yang tepat, terutama jika radang tenggorokan disebabkan oleh bakteri yang memerlukan pengobatan lebih lanjut.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.