Sukses

Kenapa Ada Tahun Kabisat? Pahami Sejarah dan Manfaatnya

Alasan kenapa kita memerlukan tahun kabisat dan kenapa ini jatuh di bulan februari.

Liputan6.com, Jakarta Apakah pernah terbersit pertanyaan di benak Anda mengenai keberadaan tahun kabisat? Mengapa kita harus "melompat" satu hari ekstra setiap empat tahun? Ternyata, tahun kabisat memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga ketepatan kalender kita dengan perjalanan Bumi mengelilingi matahari. Nyatanya tahun kabisat menjaga keseimbangan antara kalender Gregorian yang umum digunakan dengan waktu nyata yang diperlukan Bumi untuk menyelesaikan satu putaran mengelilingi matahari.

Dalam pandangan pertama, mungkin terlihat sebagai suatu konsep yang kurang relevan atau bahkan aneh. Namun, ketika kita memahami bahwa satu tahun kalender tidak sepenuhnya sesuai dengan durasi satu tahun surya, kita dapat mengapresiasi pentingnya tahun kabisat. Penting untuk mengetahui mengapa tahun kabisat diperlukan untuk mencegah pergeseran musim dan mengapa kita perlu menambahkan satu hari ekstra setiap empat tahun.

Selain itu, kita juga akan menjelajahi sejarah menarik di balik penentuan hari kabisat jatuh pada bulan Februari, yang berasal dari keputusan sejarah Romawi. Dengan pemahaman mendalam mengenai konsep tahun kabisat, pembaca akan dapat mengapresiasi bagaimana upaya mengakomodasi perbedaan waktu ini telah menjadi bagian integral dari kalender yang kita gunakan sehari-hari.

Untuk pembahasan lebih lengkapnya, berikut ini telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber alasan kenapa kita memerlukan tahun kabisat, pada Kamis (29/2).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apa Itu tahun Kabisat?

Tahun kabisat atau leap year diciptakan untuk menyesuaikan perbedaan antara kalender Gregorian yang memiliki 365 hari dengan waktu yang dibutuhkan Bumi untuk mengelilingi matahari sedikit lebih dari satu tahun. Bumi memerlukan waktu 365 hari, 5 jam, 48 menit, dan 46 detik untuk mengelilingi matahari, menurut NASA. Meskipun waktu ini dibulatkan menjadi 365 hari yang kita kenal sebagai satu tahun, enam jam lebih tersebut tidak menghilang begitu saja.

Tahun kabisat ditambahkan untuk mengakomodasi perbedaan tersebut. Hari ekstra ini menjaga agar kalender dan musim tidak perlahan-lahan menjadi tidak sejalan dan memengaruhi siklus panen, penanaman, dan siklus lainnya yang bergantung pada musim. Tanpa Hari Kabisat, dalam 100 tahun, kalender akan terpisah 24 hari, seperti yang dilaporkan oleh CBS Minnesota, dan dalam 700 tahun, musim panas di Belahan Bumi Utara akan dimulai pada bulan Desember.

"Misalnya, katakanlah bahwa bulan Juli adalah bulan musim panas yang hangat di tempat Anda tinggal. Jika kita tidak pernah memiliki tahun kabisat, semua jam yang hilang itu akan menjadi hari, minggu, dan bahkan bulan," kata NASA secara online. "Akhirnya, dalam beberapa ratus tahun, bulan Juli akan benar-benar terjadi pada bulan-bulan musim dingin yang dingin!"

3 dari 4 halaman

Mengapa Hari Kabisat jatuh pada bulan Februari? 

Hal ini karena sejarah Romawi kuno bahwa Hari Kabisat jatuh pada bulan Februari.

"Secara umum, Romawi tidak terlalu suka bulan Februari," kata Ben Gold, seorang profesor astronomi dan fisika di Universitas Hamline di Saint Paul. "Pada saat itu, pada abad ke-8 SM, kalender hanya terdiri dari 10 bulan, dengan Romawi menganggap musim dingin sebagai satu periode yang tidak dibagi menjadi bulan. Akhirnya, Romawi mendirikan bulan Januari dan Februari. Februari, bulan terakhir, memiliki jumlah hari paling sedikit.

Yulius Caesar kemudian menyesuaikan kalender untuk menyelaraskannya dengan matahari, menambahkan Hari Kabisat melalui dekrit. Namun, hal tersebut belum sepenuhnya memperhitungkan perbedaan waktu. Itu baru diperbaiki ratusan tahun kemudian.

Pada tahun 1582, Paus Gregorius XIII mengadopsi kalender Gregorian, yang sekarang kita gunakan, dan menetapkan bahwa semua tahun yang dapat dibagi dengan empat adalah tahun kabisat, dengan pengecualian tahun abad, yang harus dapat dibagi dengan 400 untuk dianggap sebagai tahun kabisat. Jadi, sementara tahun 2000 adalah tahun kabisat, tahun 2100 dan 2200 tidak akan menjadi tahun kabisat.

Pada abad ke-18, hukum Inggris menetapkan 29 Februari sebagai Hari Kabisat.

4 dari 4 halaman

Jadi kenapa kita butuh tahun kabisat?

Tahun kabisat atau leap year memiliki peran penting meskipun pada pandangan awal mungkin terlihat sebagai ide yang aneh. Namun, tahun kabisat sangat penting, dan tanpanya, tahun-tahun kita akan akhirnya terlihat sangat berbeda.

Tahun kabisat ada karena satu tahun dalam kalender Gregorian sedikit lebih pendek dari satu tahun surya, atau tahun tropis, waktu yang dibutuhkan Bumi untuk mengelilingi matahari sekali penuh. Satu tahun kalender memiliki panjang tepat 365 hari, tetapi satu tahun surya sekitar 365,24 hari, atau 365 hari, 5 jam, 48 menit, dan 56 detik.

Jika kita tidak memperhitungkan perbedaan ini, setiap tahun yang berlalu akan meningkatkan kesenjangan antara awal tahun kalender dan tahun surya sebesar 5 jam, 48 menit, dan 56 detik. Seiring waktu, ini akan menggeser waktu musim. Sebagai contoh, jika kita tidak menggunakan tahun kabisat, maka dalam sekitar 700 tahun, musim panas di Belahan Bumi Utara akan dimulai pada bulan Desember bukan Juni, menurut National Air and Space Museum.

Dibutuhkan sekitar 365,24 hari bagi Bumi untuk mengelilingi matahari, yang sedikit lebih lama dari satu tahun kalender standar. Menambahkan hari kabisat setiap empat tahun secara besar-besaran mengatasi masalah ini karena satu hari ekstra memiliki panjang yang sekitar sama dengan perbedaan yang terakumulasi selama periode ini.

Namun, sistem ini tidak sempurna: Kita mendapatkan sekitar 44 menit ekstra setiap empat tahun, atau satu hari setiap 129 tahun. Untuk mengatasi masalah ini, kita melewatkan tahun kabisat setiap seratus tahun kecuali yang dapat dibagi dengan 400, seperti 1600 dan 2000. Namun demikian, masih ada perbedaan kecil antara tahun kalender dan tahun surya, itulah mengapa IBWM telah bereksperimen dengan detik kabisat.

Secara keseluruhan, tahun kabisat memastikan bahwa kalender Gregorian tetap selaras dengan perjalanan kita mengelilingi matahari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.