Sukses

Cara Tanda Tangan di PDF yang Mudah Secara Online dan Offline

Tanda tangan di PDF secara online maupun offline memungkinkan kamuuntuk tanda tangan dokumen hanya dengan perangkat elektronik dan koneksi internet.

Liputan6.com, Jakarta Tanda tangan merupakan sesuatu yang penting dalam dunia bisnis dan administrasi. Namun, dengan semakin berkembangnya teknologi, proses tanda tangan pun semakin mengalami perubahan. Salah satunya adalah tanda tangan di file PDF yang kini dapat dilakukan secara online maupun offline. Dengan adanya berbagai platform dan aplikasi yang menyediakan fitur tanda tangan digital, proses ini menjadi lebih mudah dan efisien.

Tanda tangan di PDF secara online maupun offline memungkinkan seseorang untuk menandatangani dokumen hanya dengan menggunakan perangkat elektronik dan koneksi internet. Proses ini sangat memudahkan dalam hal efisiensi waktu dan biaya, terutama dalam situasi di mana pertemuan langsung tidak memungkinkan. Berbagai aplikasi juga menyediakan fitur tanda tangan digital secara offline untuk memenuhi kebutuhan pengguna yang lebih memilih cara ini.

Namun, meskipun mudah dilakukan, proses tanda tangan di PDF baik secara online maupun offline tetap memerlukan kehati-hatian dalam memastikan keamanan dan validitas dokumen. Oleh karena itu, penting untuk menggunakan platform atau aplikasi yang terpercaya dan memiliki fitur keamanan yang memadai. Dengan demikian, proses tanda tangan di PDF dapat dilakukan dengan mudah dan tanpa khawatir akan keamanan dokumen.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (15/2/2024) tentang cara tanda tangan di PDF.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cara Tanda Tangan di PDF Secara Online di Laptop atau Komputer

Cara tanda tangan di PDF secara online bisa dilakukan dengan membuka berbagai situs penyedia tanda tangan digital pada smartphone, tablet, laptop, hingga PC. Cara membuat tanda tangan di PDF ini juga mudah saja, kamu tinggal menggambar tanda tangan menggunakan mouse, pentab, atau touchscreen, lalu download tanda tangan PNG tersebut.

Beberapa situs yang bisa kamu gunakan adalah Online Signature, ApproveMe Online Signature, dan PrivyID. Cara membuat tanda tangan di PDF secara online yaitu:

  1. Buka salah satu situs tanda tangan online.
  2. Gambar dengan rapi tanda tangan di tempat yang telah disediakan.
  3. Setelah merasa tanda tangan bagus, klik save.
  4. Dengan begitu tanda tangan yang telah kamu buat akan disimpan dengan format PNG secara otomatis.

Setelah itu, kamu tinggal menyimpannya ke dalam file dan nantinya juga bisa digunakan untuk dimasukkan ke dalam dokumen.

3 dari 5 halaman

Cara Tanda Tangan di PDF Secara Online di HP

Cara tanda tangan di PDF secara online juga bisa dibuat melalui hp. Kamu bisa menerapkannya dengan dua cara, yaitu dengan cara yang sama dengan cara pertama, dan kedua kamu bisa menggunakan aplikasi seperti Digital Signature, E- Signature, serta Gambar Tanda Tangan Digital.

Berikut cara membuat tanda tangan di PDF menggunakan HP:

  1. Download salah satu aplikasi yang telah disebutkan di PlayStore atau Appstore. Lalu, buka aplikasi tersebut.
  2. Pilih Create Signature dan gambar tanda tangan yang kamu inginkan.
  3. Jika sudah, kamu tinggal mengklik save.
  4. Saat menyimpan, pilih format gambar PNG agar lebih mudah digunakan nantinya.
4 dari 5 halaman

Cara Tanda Tangan di PDF Offline

Cara tanda tangan di PDF juga bisa dilakukan secara offline, yaitu menggunakan software pengolah grafis seperti photoshop, illustrator atau CorelDraw. Nantinya, tanda tangan yang sudah kamu buat bisa dijadikan ke dalam format PNG sesuai dengan yang kamu inginkan. Berikut cara membuat tanda tangan di PDF menggunakan software pengolah grafis:

  1. Buka software yang ingin kamu gunakan (photoshop, illustrator, atau corel)
  2. Kemudian pilih brush dan sesuaikan ukuran dan brush yang digunakan
  3. Lalu gambar tanda tangan, bisa menggunakan mouse.
  4. Kemudian hilangkan background dengan menghapus layer.
  5. Langkah terakhir yaitu save as png.
5 dari 5 halaman

Cara Scan Tanda Tangan

Jika kamu belum mengerti cara tanda tangan di PDF, kamu bisa melakukan scan tanda tangan yang telah kamu punya saja melalui Google Drive dan CamScanner. Cara tanda tangan di PDF ini juga tak kalah mudah dipraktikkan.

Cara scan tanda tangan dengan Google Drive yaitu sebagai berikut:

1. Buka aplikasi Google Drive

2. Di kanan bawah, ketuk Tambah (Add)

3. Pilih opsi "Scan"

4. Ambil foto tanda tangan yang ingin dipindai.

Sesuaikan area pemindaian: Ketuk Pangkas (Crop).

Ambil foto lagi: Ketuk Re-scan halaman "Re-scan current page".

Pindai halaman lain: Ketuk Tambah (Add).

5. Untuk menyimpan dokumen yang sudah selesai, ketuk Selesai (Done).

 

Cara scan tanda tangan dengan iPhone

Rilis iOS 11 menambahkan fitur pemindaian baru ke Notes, jadi untuk menggunakan opsi ini, pertama-tama pastikan iPhone telah diperbarui ke iOS 11. Cara tanda tangan di PDF ini juga tak kalah mudah dilakukan. Berikut adalah langkah-langkah untuk memindai dokumen ke iPhone menggunakan fitur pemindaian di Notes:

1. Buka Notes.

2. Ketuk ikon kotak dengan pensil di dalamnya untuk membuat catatan baru.

3. Ketuk lingkaran dengan tanda + di dalamnya.

4. Menu muncul di atas keyboard. Di menu itu, ketuk lagi lingkaran dengan tanda + di dalamnya.

5. Pilih Scan Documents.

6. Posisikan kamera ponsel di atas dokumen yang akan dipindai. Notes akan secara otomatis fokus dan mengambil gambar dokumen atau kamu dapat mengontrolnya secara manual dengan mengetuk tombol rana sendiri.

7. Setelah memindai halaman, Notes akan menunjukkan pratinjau dan memberikan opsi untuk Keep Scan atau Retake.

8. Setelah selesai memindai semua halaman, kamu dapat meninjau daftar dokumen yang dipindai di Notes. Jika perlu melakukan koreksi, seperti memotong gambar atau memutar gambar, cukup ketuk gambar halaman yang ingin dikoreksi dan itu akan membuka halaman itu dengan opsi pengeditan ditampilkan.

10. Ketika selesai dengan koreksi apa pun, ketuk Selesai/Done di sudut kiri atas untuk menyimpan pemindaian yang disesuaikan secara otomatis.

11. Saat siap untuk mengunci pemindaian sebagai PDF atau jpg, ketuk ikon Unggah/Upload.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.