Sukses

6 Hal Ini Perlu Dilakukan Sebelum Tahun Baru Imlek, Simak Peruntungan Baiknya

Beberapa hal yang dapat dilakukan sebelum Tahun Baru Imlek. Jangan lupa untuk menyelesaikan semua agar peruntungan tahun depan bisa lebih baik.

Liputan6.com, Jakarta Tahun Baru Imlek adalah hari libur budaya paling penting dalam kalender lunar. Imlek 2024 ini merupakan perayaan Tahun Baru Imlek 2575 Kongzili, dengan Shio Naga Kayu. Sebelum hari itu datang, Anda bisa merinci banyak persiapan menjelang acara besar tersebut. 

Ada beberapa agenda yang kerap dilakukan oleh masyarakat Tiongkok, antara lain: harus membersihkan rumah, memotong rambut, membeli baju baru, mendekorasi rumah dengan pernak-pernik khas Imlek, membersihkan diri Anda secara menyeluruh, hingga membayar hutang.

Keenam hal yang perlu dilakukan itu mempunyai peruntungan tersendiri dalam menyambut tahun baru. Tentu yang akan datang adalah peruntungan baik. Setelah mengetahuinya, jangan lupa untuk menyelesaikan semua sebelum Tahun Baru Imlek yang jatuh pada tanggal 10 Februari 2024.

Simak penjelasan lengkapnya yang dilansir Liputan6.com dari Time Out, 6 hal yang perlu dilakukan sebelum tahun baru Imlek, Jumat (9/2/2024).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Membersihkan rumah

Selama berabad-abad, masyarakat Tiongkok secara simbolis telah menyingkirkan hal-hal lama dan memberi jalan bagi hal-hal baru, terutama selama Tahun Baru Imlek. Sebelum perayaan dimulai, orang-orang mulai membersihkan rumah mereka secara menyeluruh dari atas ke bawah.

Hal penting yang perlu diingat di sini adalah Anda tidak boleh melakukan pembersihan pada hari pertama Tahun Baru Imlek, karena ini sama dengan membersihkan rejeki. Selain itu, hal ini mungkin tidak dapat diterapkan pada penyedot debu saat ini, namun orang Tiongkok yang lebih tua akan meminta Anda untuk selalu menyapu lantai ke dalam dan jangan pernah menyapu lantai ke arah pintu. Hal ini untuk mencegah tersapunya keberuntungan dalam rumah tangga Anda.

3 dari 7 halaman

2. Memotong rambut

Benda tajam dianggap tabu saat Tahun Baru Imlek karena melambangkan putusnya hubungan, itulah sebabnya tidak ada orang yang memotong rambut tepat di hari perayaan.

Agar penampilan Anda tidak terlihat terlalu liar dan acak-acakan saat berkeliling mengunjungi teman dan kerabat, pastikan Anda membuat janji potong rambut sebelum Tahun Baru Imlek tiba.

4 dari 7 halaman

3. Membeli pakaian baru

Kita tidak benar-benar memerlukan alasan untuk pergi berbelanja, namun sangat menyenangkan jika tradisi Tiongkok menyediakan alasan tersebut untuk kita.

Pakaian baru melambangkan awal yang bersih dan awal yang baru, jadi simpanlah pakaian tersebut untuk tahun baru. Ngomong-ngomong, membeli pakaian dalam juga dianggap memiliki baju baru. Jika Anda menyukai warna-warna cerah, musim ini juga cocok untuk membeli pakaian berwarna merah, karena warna merah tua adalah warna keberuntungan untuk Tahun Baru Imlek.

5 dari 7 halaman

4. Mendekorasi rumah

Tahun Baru Imlek membutuhkan dekorasi tersendiri. Mendekorasi pintu rumah Anda adalah hal yang paling penting. Bait Tahun Baru yang memuat harapan baik dipasang di kedua sisi pintu, dan karakter keberuntungan ('fook'; 福) digantung terbalik di pintu itu sendiri. Karena 'terbalik' dan 'tiba' terdengar sama dalam bahasa Mandarin, ini melambangkan keberuntungan yang tiba di rumah Anda.

Di tempat lain di rumah, Anda dapat menggantung lebih banyak bait dan lentera merah sesuka Anda. Ada juga banyak tanaman, bunga, dan buah-buahan yang membawa makna keberuntungan.

6 dari 7 halaman

5. Bayar kembali hutang Anda

Menurut takhayul Tiongkok, jika Anda memulai tahun baru dengan berhutang, kemungkinan besar Anda juga akan mengakhiri tahun dengan berhutang. Inilah sebabnya mengapa Anda harus berusaha membersihkan semua buku besar dan rekening, dan membayar kembali uang yang terutang kepada keluarga dan teman.

7 dari 7 halaman

6. Bersihkan diri Anda secara menyeluruh

Orang cenderung melakukan pembersihan menyeluruh pada rambut dan tubuh sebelum Tahun Baru Imlek. Pepatah sehari-hari berbunyi 'Hari ke-28 [adalah untuk] membersihkan kotoran’ (年廿八, 洗邋遢), jadi alokasikan waktu sekitar satu jam pada hari ke-28 bulan lunar – yang jatuh pada tanggal 7 Februari tahun ini.

Daun jeruk bali dipercaya memiliki khasiat membersihkan yang dapat menghilangkan juju buruk, sehingga orang Tiongkok akan merebusnya dalam air lalu menggunakannya untuk membilas dari ujung kepala hingga ujung kaki, atau langsung menggunakan daunnya untuk menggosok seluruh tubuh, sebagai langkah terakhir dalam rutinitas mandi pembersihan mendalam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.