Sukses

Tafsir Mimpi dalam Islam, Kumpulan Arti Mimpi dari Shahih Bukhari

Terjemahan Shahih Bukhari, Buku 87 tentang Tafsir Mimpi

Liputan6.com, Jakarta Tafsir Mimpi dalam Islami adalah kajian yang berusaha menafsirkan mimpi umat Islam berdasarkan keyakinan dan praktik Islam. Mimpi diyakini mampu mengungkap rahasia kehidupan, memberikan bimbingan spiritual, dan nasihat penting. Sebuah hadits menceritakan pengalaman Ibnu 'Umar yang melihat sehelai kain sutra dalam mimpinya. Nabi Muhammad menyatakan bahwa Ibnu 'Umar adalah orang yang saleh. 

Kisah ini mencerminkan pandangan Islam bahwa mimpi dapat mengandung pesan ilahi. Mimpi dianggap sebagai bentuk wahyu ilahi, cara Tuhan berkomunikasi dengan individu. Mimpi baik dianggap sebagai anugerah Tuhan dan harus disyukuri, sementara mimpi buruk diabaikan karena diyakini berasal dari setan. Dalam Islam, ada beberapa langkah yang dapat diambil untuk mendapatkan mimpi yang bermanfaat. 

Tafsir mimpi Islami berfokus pada aspek spiritual dan keyakinan Islam. Berbeda dengan tafsir mimpi lainnya yang mungkin lebih menekankan makna psikologis atau simbolis, tafsir mimpi dalam Islam memberikan perspektif yang mendalam tentang makna di balik mimpi, memberikan wawasan tentang keinginan dan emosi bawah sadar, serta memberikan bimbingan dan nasihat.

Untuk lebih lengkapnya, tentang apa dan bagaimana tafsir mimpi dalam Islam, berikut ini telah Liputan6.com rangkum informasi seputar tafsir mimpi dalam Islam dan dalilnya, pada Senin (15/1/2024)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Terjemahan Shahih Bukhari, Buku 87: Tafsir Mimpi

Shahih Bukhari, sebuah karya monumental yang dihasilkan oleh Imam Muhammad bin Ismail al-Bukhari, menyajikan kumpulan hadis-hadis Rasulullah ﷺ yang dianggap paling otentik dan sahih. Berikut terjemahan buku Shahih Bukhari Buku 87, yang diberi judul "Tafsir Mimpi".

Volume 9, Buku 87, Nomor 111:

Diriwayatkan 'Aisyah:

Awal mula wahyu ilahi kepada Nabi Muhammad SAW datang dalam bentuk mimpi yang benar saat tidurnya. Beliau tidak pernah bermimpi yang tidak menjadi kenyataan, seperti terangnya siang hari. Nabi Muhammad SAW sering melakukan ibadah di gua Hira selama beberapa malam berturut-turut. Saat di sana, malaikat Jibril datang kepadanya dan memerintahkan untuk membaca. Meskipun awalnya merasa tidak mampu membaca, setelah tiga kali tekanan keras, beliau akhirnya diberitahu ayat-ayat pertama yang diturunkan (96.15).

Nabi Muhammad SAW kembali ke rumah, dilanda ketakutan dan meminta istrinya, Khadijah, untuk melindunginya. Khadijah memberikan dukungan dan mengantarnya ke Waraqa bin Naufal, sepupunya, yang memiliki pengetahuan tentang kitab-kitab suci sebelum Islam. Waraqa mengidentifikasi malaikat Jibril sebagai yang sama yang diturunkan kepada Nabi Musa. Nabi Muhammad SAW merasa khawatir, dan Waraqa memberikan dukungan, mengatakan bahwa orang-orang akan mengusirnya, namun, jika Waraqa masih hidup, dia akan mendukungnya.

Volume 9, Buku 87, Nomor 114:

Diriwayatkan oleh Abu Sa'id Al-Khudri:

Nabi Muhammad SAW mengajarkan bahwa jika seseorang melihat mimpi yang disukainya, itu berasal dari Allah, dan dia harus bersyukur. Namun, jika mimpi tersebut tidak diinginkan, itu berasal dari Setan, dan orang tersebut harus berlindung kepada Allah.

Volume 9, Buku 87, Nomor 117:

Diriwayatkan oleh Abu Hurairah:

Nabi Muhammad SAW menyatakan bahwa mimpi baik dari orang mukmin adalah satu bagian dari empat puluh enam bagian kenabian.

Volume 9, Buku 87, Nomor 119:

Diriwayatkan oleh Abu Hurairah:

Nabi Muhammad SAW menyatakan bahwa tidak ada yang tersisa dari kenabian kecuali "Al-Mubashshirat," yang merupakan mimpi indah yang membawa kabar gembira.

Volume 9, Buku 87, Nomor 120:

Diriwayatkan oleh Ibnu 'Umar:

Beberapa orang diberitahu bahwa Malam Qadar berada di tujuh malam terakhir bulan Ramadan. Nabi Muhammad SAW menyarankan untuk mencari Malam Qadar di tujuh malam terakhir bulan Ramadan.

 
3 dari 5 halaman

Volume 9, Buku 87, Nomor 124:

Diriwayatkan oleh Abu Qatada:

Nabi Muhammad SAW menyatakan bahwa mimpi baik berasal dari Allah, dan mimpi buruk berasal dari Setan. Orang yang melihat mimpi buruk disarankan untuk meludah ke kiri dan mencari perlindungan dari Allah.

Volume 9, Buku 87, Nomor 126:

Diriwayatkan oleh Abu Sa'id Al-Khudri:

Nabi Muhammad SAW menyatakan bahwa siapa pun yang melihatnya dalam mimpi sebenarnya melihatnya dengan kebenaran, karena Setan tidak dapat muncul dengan bentuknya.

Volume 9, Buku 87, Nomor 127:

Diriwayatkan oleh Abu Hurairah:

Nabi Muhammad SAW menyatakan bahwa beliau diberikan kunci berbicara yang fasih dan diberikan kemenangan dengan rasa takut (yang dilemparkan ke dalam hati musuh). Nabi Muhammad SAW menyatakan bahwa ketika beliau sedang tidur, kunci harta bumi dibawa kepadanya.

Volume 9, Buku 87, Nomor 128:

Diriwayatkan oleh Abdullah bin Umar:

Nabi Muhammad SAW menyatakan bahwa beliau melihat dirinya dekat Ka'bah dalam mimpi terakhir beliau. Beliau juga melihat Al-Masih, putra Maryam, dan Al-Masih Ad-Dajjal.

Volume 9, Buku 87, Nomor 129:

Diriwayatkan oleh Ibnu Abbas:

Riwayat tentang seorang pria yang bermimpi dan mendatangi Nabi Muhammad SAW untuk meminta penafsiran mimpi tersebut.

Volume 9, Buku 87, Nomor 130:

Diriwayatkan oleh Anas bin Malik:

Nabi Muhammad SAW sering mengunjungi Um Haram, istri 'Ubada bin As-Samit. Suatu hari, beliau bercerita tentang mimpi indah yang melibatkannya sebagai pejuang di jalan Allah.

Volume 9, Buku 87, Nomor 131:

Diriwayatkan oleh Kharijah bin Zaid bin Tsabit:

Um Al-'Ala, seorang wanita Ansari, diberikan kesaksian oleh Nabi Muhammad SAW bahwa dia adalah penduduk surga. Beliau kemudian bercerita tentang mimpi yang melibatkannya sebagai pejuang di jalan Allah.

Volume 9, Buku 87, Nomor 132:

Diriwayatkan Az-Zuhri:

Nabi Muhammad SAW menyatakan bahwa beliau tidak tahu apa yang Allah akan lakukan terhadap Utsman bin Maz'un, seorang sahabat yang sakit fatal. Namun, Um Al-'Ala bermimpi melihat aliran air mengalir pada makam Utsman bin Maz'un, dan Nabi Muhammad SAW mengartikan itu sebagai perbuatan baiknya.

Volume 9, Buku 87, Nomor 134:

Diriwayatkan oleh Ibnu 'Umar:

Nabi Muhammad SAW menyatakan bahwa saat beliau tidur, beliau diberikan semangkuk penuh susu dan meminumnya sampai kenyang. Beliau memberikan sisanya kepada 'Umar bin Al-Khattab, dan ini diartikan sebagai pengetahuan agama.

Volume 9, Buku 87, Nomor 136:

Diriwayatkan oleh Abu Sa'id Al-Khudri:

Nabi Muhammad SAW menyatakan bahwa saat beliau tidur, beliau melihat orang-orang di hadapannya mengenakan kemeja. Mereka diartikan sebagai pengetahuan agama. 'Umar bin Al-Khattab juga ditampilkan dalam mimpi, mengenakan kemeja yang diseret di belakangnya, diartikan sebagai pengetahuan agama.

Volume 9, Buku 87, Nomor 137:

Diriwayatkan Qais bin 'Ubada:

Seseorang lewat di depan Sa'ad bin Malik dan Ibnu 'Umar, dan mereka mengatakan bahwa orang tersebut adalah penghuni surga. Sa'ad bin Malik bertanya kepada orang itu dan mendengar cerita tentang mimpi yang melibatkannya memanjat sebuah tiang di surga.

Volume 9, Buku 87, Nomor 137:

Diriwayatkan oleh Qais bin 'Ubada:

Sa'ad bin Malik dan Ibnu 'Umar melihat seseorang lewat, dan mereka menyatakan bahwa orang tersebut adalah penghuni surga. Sa'ad bin Malik bertanya kepada orang itu dan mendengar cerita tentang mimpi yang melibatkannya memanjat sebuah tiang di surga.

4 dari 5 halaman

Volume 9, Buku 87, Nomor 140:

Diriwayatkan oleh 'Aisyah:

Nabi Muhammad SAW berkata kepadaku, "Kamu diperlihatkan kepadaku dua kali (dalam mimpiku) sebelum aku menikah denganmu. Aku melihat seorang malaikat menggendongmu dalam sehelai sutra kain, dan aku berkata kepadanya, 'Bukalah (dia),' dan lihatlah, itu kamu. Saya berkata (dalam hati), 'Jika ini dari Allah, maka itu pasti terjadi.' Kemudian kamu diperlihatkan kepadaku, malaikat membawamu dalam sehelai sutra kain, dan aku berkata (kepadanya), 'Bukalah (dia), dan lihatlah, itu kamu. SAYA berkata (dalam hati), 'Jika ini dari Allah, maka itu pasti terjadi.'"

Volume 9, Buku 87, Nomor 142:

Diriwayatkan oleh Abdullah bin Salam:

(Dalam mimpi) Aku melihat diriku di sebuah taman, dan ada sebuah pilar di dalamnya tengah taman, dan ada pegangan di bagian atasnya pilar. Saya diminta untuk menaikinya. Saya berkata, "Saya tidak bisa." Lalu seorang pelayan datang dan mengangkat pakaianku dan aku memanjat (pilar), lalu turun pegangan itu, dan aku terbangun sambil masih memegangnya. saya menceritakan bahwa kepada Nabi yang bersabda, "Taman melambangkan taman Islam, dan pegangan tersebut adalah pegangan Islam yang kokoh yang menunjukkan bahwa kamu akan berpegang teguh pada Islam sampai kamu mati.”

Volume 9, Buku 87, Nomor 143:

Diriwayatkan oleh Ibnu 'Umar:

Saya melihat dalam mimpi sehelai kain sutra di tangan saya, dan di dalam apa saja arah di surga aku melambaikannya, ia terbang, membawaku ke sana. Saya menceritakan (mimpi) ini kepada (saudara perempuanku) Hafsa dan dia menceritakannya kepada Nabi SAW bersabda, (kepada Hafsa), "Sesungguhnya saudaramu itu adalah orang yang shaleh kawan," atau, "Sungguh, 'Abdullah orang yang shaleh."

Volume 9, Buku 87, Nomor 144:

Diriwayatkan oleh Abu Hurairah:

Nabi Muhammad SAW bersabda, "Ketika hari kiamat mendekat, maka impian orang mukmin hampir tidak akan gagal menjadi kenyataan, dan impian seorang mukmin adalah salah satu dari empat puluh enam bagian kenabian, dan apapun yang termasuk di dalamnya terhadap prothetisme tidak pernah salah.” Muhammad bin Sirin berkata, "Tetapi saya katakan ini.” Beliau berkata, "Dulu ada pepatah, 'Ada tiga jenis mimpi: Refleksi pemikiran dan pengalaman seseorang selama ini terjaga, apa yang disarankan setan untuk menakuti si pemimpi, atau kabar gembira dari Allah. Maka jika seseorang mendapat mimpi yang tidak disukainya, dia tidak boleh menceritakannya kepada orang lain, tetapi berdiri dan berdoa.” Dia menambahkan, "Dia (Abu Huraira) benci melihat Ghul (yaitu, kerah besi di sekeliling lehernya dalam mimpi) dan orang-orang suka melihat belenggu (berdiri di dalam mimpi). Belenggu pada kaki melambangkan keteguhan dan keteguhan seseorang kepatuhan terhadap agama." Dan Abu Abdullah berkata, "Ghuls (kerah besi) hanya digunakan untuk leher.”

 

5 dari 5 halaman

Volume 9, Buku 87, Nomor 170:

Diriwayatkan oleh Ibnu Abbas:

Seorang laki-laki mendatangi Rasul Allah dan berkata, "Aku melihat dalam mimpi, sebuah awan memiliki naungan. Mentega dan madu berjatuhan dari sana dan saya melihatnya orang-orang yang mengumpulkannya di tangan mereka, ada yang mengumpulkan banyak, dan ada pula yang a kecil. Dan lihatlah, ada seutas tali yang memanjang dari bumi sampai ke bumi langit, dan aku melihat engkau (Nabi) memegangnya lalu naik ke atas, lalu laki-laki lain memegangnya lalu naik dan (setelah itu) yang lain (ketiga) memegangnya itu dan naik, dan kemudian orang (keempat) lainnya memegangnya, tetapi itu putus lalu disambung lagi." Abu Bakar berkata, "Ya Allah Rasul! Biarkan ayahku dikorbankan untukmu! Izinkan saya untuk menafsirkannya mimpi ini.” Nabi berkata kepadanya, "Tafsirkanlah." Abu Bakar berkata, "Awan yang teduh melambangkan Islam, mentega dan madu jatuh darinya, melambangkan Al-Qur'an, manisnya menurun dan ada yang banyak belajar Al-Qur'an dan ada pula yang sedikit. Tali yang terbentang dari langit sampai ke bumi itulah Kebenaran yang kamu miliki (Nabi) mengikuti. Ikutilah itu maka Allah akan membesarkanmu tinggi dengan itu, dan kemudian orang lain akan mengikutinya dan akan bangkit dengannya maka orang lain akan mengikutinya dan kemudian orang lain akan mengikutinya ikuti tetapi itu akan putus dan kemudian akan disambung untuknya dan dia akan bangkit dengan itu. Wahai Rasul Allah! Biarkan ayahku dikorbankan untukmu! Apakah saya benar atau salah?” Nabi menjawab, "Kamu benar dalam beberapa hal dan salah dalam beberapa hal." 

Volume 9, Buku 87, Nomor 156:

Diriwayatkan oleh Ibnu 'Umar:

Saya adalah seorang pemuda yang belum menikah pada masa Nabi. saya menggunakan untuk tidur di masjid. Siapapun yang mempunyai mimpi, pasti menceritakannya Nabi. Aku berkata, "Ya Allah! Jika ada kebaikan bagiku bersamaMu, lalu tunjukkan kepadaku sebuah mimpi agar Rasul Allah dapat menafsirkannya untukku.” Lalu aku tidur dan melihat (dalam mimpi) dua malaikat mendatangiku dan membawaku bersama mereka, dan mereka bertemu dengan malaikat lain yang berkata kepadaku, "Jangan takut, kamu orang baik.” Mereka membawaku menuju Neraka, dan Lihatlah, bagian dalamnya dibangun seperti sebuah sumur, dan di dalamnya aku melihat beberapa orang yang aku kenali, lalu para malaikat membawaku ke sebelah kanan. Di pagi hari, saya menceritakan mimpi itu kepada Hafsa. Hafsa memberitahuku hal itu dia telah menyebutkannya kepada Nabi dan beliau berkata, "'Abdullah adalah a orang yang shaleh jika dia memperbanyak shalat di malam hari." (Az-Zuhri berkata, "Sesudahnya itu, 'Abdullah lebih banyak shalat di malam hari.")

Volume 9, Buku 87, Nomor 157:

Diriwayatkan oleh Abdullah bin Umar:

Saya mendengar Rasul Allah berkata, "Ketika saya sedang tidur, saya melihat bahwa a Secangkir penuh susu dibawakan kepadaku dan aku meminumnya lalu memberikannya sisanya kepada 'Umar bin Al-Khattab.' Mereka bertanya. apa yang pernah ditafsirkan (tentang mimpinya)? Wahai Rasul Allah?” Nabi bersabda. "Ilmu (Itu adalah Religius)."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.